Model pembelajaran probalisi (Problem Based Learning with Science Islamic Integrated) materi kesehatan reproduksi dalam meningkatkan efikasi diri di era society 5.0
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v6i1.7300Keywords:
Probalisi, Reproduksi, PGSD, IPAAbstract
Tujuan penelitian ini adalah; (a) mendeskripsikan karakteristik model pembelajaran Probalisi; (b) mengetahui respon mahasiswa pada pembelajaran model Probalisi pada materi Reproduksi dalam meningkatkan efikasi diri; (c) mengetahui efektivitas buku model pembelajaran Probalisi pada materi kesehatan reproduksi, dan; (d) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran model pembelajaran probalisi pada mata kuliah IPA Dasar Materi Kesehatan Reproduksi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau RnD dengan model ADDIE dengan subjek penelitian adalah mahasiswa PGSD semester gasal Tahun Ajaran 2022/2023 pada Mata Kuliah IPA Dasar Angkatan Tahun 2022. Hasil penelitian didapatkan bahwa; (a) Didapatkan desain pembelajaran Probalisi dengan mengadaptasi Model Problem Based Learning dengan mengubah sedikit sintaks-sintaksnya; (b) Berdasarkan angket yang digunakan untuk mengukur efikasi diri mahasiswa sebanyak 40 mahasiswa diperoleh total skor hasil 520 dengan rata-rata nilai 13 (82,25 %) dan dikategorikan sangat baik dan sangat layak digunakan untuk memenuhi kebutuhan materi pengayaan Kesehatan Reproduksi; (c) Untuk buku yang digunakan dalam penelitian berdasarkan dosen A dan dosen B yang mengajar pada materi yang sama dalam satu program studi PGSD Universitas Ahmad Dahlan didapatkan skor total adalah 85 (97%) dikategorikan sangat baik); (d) Untuk pelaksanaan pembelajaran probalisi pada kesehatan reproduksi berdasarkan penilaian 2 orang peer reviewer didapatkan skor total 30 (88,24%) dengan kategori sangat baik. Pembelajaran ini begitu sangat bersinergi dengan pengetahuan agama awal mahasiswa karena semua ilmu itu bersumber dari Al Quran dan As Sunnah. Oleh karena itu perlunya dikembangkan pembelajaran probalisi agar semua selamat menganut hukum dan ketatapan yang Allah buat untuk manusia, bukan hukum positif manusia yang serba tentatif kebenarannya
References
Ahmad, D. N. (2018). Pengedukasian Kesehatan Reproduksi dan Pencegahan Kejahatan Seksual Online dalam Upaya Sekolah Membentuk Karakter Remaja Bertanggungjawab. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 3(2), 279–285. doi: 10.21067/jpm.v3i2.2795
Aldino, K. M. R., & Fitriani, D. R. (2020). Gegar Budaya dan Kecemasan: Studi Empiris pada Mahasiswa Bengkulu dan Maluku di Universitas Gunadarma dalam Beradaptasi di Lingkungan Baru. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 88–96. doi: 10.21070/kanal.v8i2.267
Edelson, D. C., Gordin, D. N., & Pea, R. D. (1999). Addressing the challenges of inquiry-based learning through technology and curriculum design. Journal of the Learning Sciences, 8(3-4), 391–450.
Gafni, R., & Geri, N. (2010). Time Management: Procrastination Tendency in Individual and Collaborative Tasks. Interdisciplinary Journal of Information, Knowledge, and Management, 5, 115–125. doi: 10.28945/1127
Gani, R. A., Purnamasari, R., & Mujahidah, F. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 5(2), 170–174.
Hasanah, U. H. U., & Hasanah, I. F. H. I. F. (2021). Internalisasi Pemahaman Moderasi Multikultural Dalam Pendidikan Islam Masa New Normal. Attanwir: Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 12(1), 32–50.
Hasyim, B. (2013). Islam dan ilmu pengetahuan (Pengaruh temuan sains terhadap perubahan Islam). Jurnal Dakwah Tabligh, 14(1), 127–139.
Klassen, R. M., Ang, R. P., Chong, W. H., Krawchuk, L. L., Huan, V. S., Wong, I. Y. F., & Yeo, L. S. (2009). A Cross-Cultural Study of Adolescent Procrastination. Journal of Research on Adolescence, 19(4), 799–811. doi: 10.1111/j.1532-7795.2009.00620.x
Lestari, D. I., & Projosantoso, A. K. (2016). Pengembangan media komik IPA model PBL untuk meningkatkan kemampuan berfikir analitis dan sikap ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 145–155. doi: 10.21831/jipi.v2i2.7280
Loyens, S. M. M., Magda, J., & Rikers, R. M. J. P. (2008). Self-Directed Learning in Problem-Based Learning and its Relationships with Self-Regulated Learning. Educational Psychology Review, 20(4), 411–427. doi: 10.1007/s10648-008-9082-7
Masithah, I., Jufri, A. W., & Ramdani, A. (2022). Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 138–144.
Maulana, M. (2020). Penerapan model project based learning berbasis STEM pada pembelajaran fisika siapkan kemandirian belajar peserta didik. Jurnal Teknodik, 24(1), 39–50. doi: 10.32550/teknodik.v0i2.678
Nerali, J., Telang, L., Telang, A., & Chakravarthy, P. K. (2016). The role of self-directed learning in problem-based learning: Health professions education. Archives of Medicine and Health Sciences, 4(1), 125–126. doi: 10.4103/2321-4848.183364
Parwati, N. P. Y., & Pramartha, I. N. B. (2021). Strategi Guru Sejarah Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Indonesia Di Era Society 5.0. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 22(1), 143–158.
Puspita, Y., Fitriani, Y., Astuti, S., & Novianti, S. (2020). Selamat tinggal revolusi industri 4.0, selamat datang revolusi industri 5.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Saleh, M. (2013). Strategi pembelajaran fiqh dengan problem-based learning. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(1), 190–220. doi: 10.22373/jid.v14i1.497
Sanders, M. R., & Woolley, M. L. (2005). The relationship between maternal self-efficacy and parenting practices: implications for parent training. Child: Care, Health and Development, 31(1), 65–73. doi: 10.1111/j.1365-2214.2005.00487.x
Siregar, A. D., & Harahap, L. K. (2020). Pengembangan e-modul berbasis project based learning terintegrasi media komputasi hyperchem pada materi bentuk molekul. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(1), 1925. doi: 10.26740/jpps.v10n1.p1925-1931
Suhendar, U., & Ekayanti, A. (2018). Problem based learning sebagai upaya peningkatan pemahaman konsep mahasiswa. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 15–19. doi: 10.24269/dpp.v6i1.815
Tri Pudji Astuti. (2019). Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64–73. doi: 10.21009/pbe.3-1.9
Utama, K. H., & Kristin, F. (2020). Meta-Analysis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 889–898. doi: 10.31004/basicedu.v4i4.482
Young, M., & Muller, J. (2010). Three Educational Scenarios for the Future: lessons from the sociology of knowledge. European Journal of Education, 45(1), 11–27. doi: 10.1111/j.1465-3435.2009.01413.x
Zeldin, A. L., & Pajares, F. (2000). Against the Odds: Self-Efficacy Beliefs of Women in Mathematical, Scientific, and Technological Careers. American Educational Research Journal, 37(1), 215–246. doi: 10.3102/00028312037001215
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Panji Hidayat, Amaliyah Ulfah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.