Analisis kemampuan menulis teks narasi kelas III SD Negeri Ngarum 3 Kecamatan Ngrampal Kabupaten Sragen

Authors

  • Rika Yuni Ambarsari Universitas Tunas Pembangunan
  • Aan Budi Santoso Universitas Tunas Pembangunan
  • Ninda Beny Asfuri Universitas Tunas Pembangunan
  • Iqbal Nurjihat Universitas Tunas Pembangunan

DOI:

https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v6i1.7287

Keywords:

Analisis Teks, Kemampuan Menulis, Teks Narasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks narasi, faktor penghambat kemampuan menulis teks narasi, dan upaya pendidik dalam mengatasi kesulitan peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD Negeri Ngarum 3 Ngrampal. Sumber data diperoleh dari informan yaitu pendidik kelas III dan peserta didik kelas III SD Ngarum 3 Ngrampal. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi data. Analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks narasi masih kurang baik, kendala peserta didik belum terampil menulis dan masih minimnya kemampuan peserta didik dalam mengungkapkan persepsi yang ada di pikiran ke dalam bentuk tulisan, dan upaya yang dilakukan pendidik memberikan bimbingan yang khusus ke peserta didik yang belum membuat teks narasi dengan baik dengan cara memberikan pendampingan dalam pembelajaran.

References

Eriyani, N. D. (2020). Pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap keterampilan menulis teks deskripsi.

Fatonah, K., & Wiradharma, G. (2018). Pemetaan Genre Teks Bahasa Indonesia pada Kurikulum 2013 (Revisi) Jenjang SMA.

Indihadi, D. (2018). Teknik “ Brain Strorming ” Kata Kunci : Teknik “ Brain Strorming ”, “ Mind Mapping ”, Proses Menulis Keywords : The technique of " Brain Strorming ", " Mind Mapping ". Urnal Siliwangi : Seri Pendidikan P- ISSN 2476-9312 E- ISSN 2614- 5790 , Writing Process ., 4(1), 17–22.

Jeklin, A. (2016). 済無No Title No Title No Title (July).

Kholifaturrahmah, K., & Ulfah, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Metode Field Trip pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iv Sd Negeri Dadapsari. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(3), 223–228. https://doi.org/https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i3.672

Malladewi, merrina andy, & Sukartiningsih, W. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris Melalui Jurnal Pribadi Siswa Kelas Iv Di Sd Negeri Balasklumprik I/434 Surabaya. Jpgsd, 1(2), 0–216.

Nurgiyantoro, B. (2011). Penilaian Pembelajaran Bahasa. BPFE.

Putri, R. R., Kanzunnudin, M., & Fajrie, N. (2021). Analisis Keterampilan Menulis Ditinjau Dari Kemampuan Kognitif Siswa Kelas 1 SD 3 Piji Kudus. 7(4), 1394–1402. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1398

Restiani, O. N., Arafik, M., & Rini, T. A. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Pemahaman Teks Narasi pada Peserta Didik Kelas V SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(11), 1053–1067. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/um065v2i112022p1053-1067

Roselin, M. R., Arafik, M., & Rini, T. A. (2022). Analisis Kemampuan Siswa dalam Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca pada Teks Narasi Bahasa Indonesia Kelas V SD Gugus 7 Kecamatan Sukun Kota Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(2), 89–95.

Rusmilawati. (2020). Narasi Literasi,: Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus–Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah–Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Seno, A. J. R. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemampuan Menyimak terhadap Keterampilan Menulis Teks Pidato (Survei pada SMA Negeri di Kota Cilegon ) Universitas Indraprasta PGRI. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(1), 10.

Seran, G. G. (2018). Metode VAKT Bermedia Marbel Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–15.

Sodik, A. J. F., & Eliya, I. (2022). Pemberdayaan Santri Melalui Kegiatan Menulis Teks Sastra. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 13(1), 62–71.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tarigan, H. G. (2013). Berbicara sebagai Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Tarigan, H. G. (2014). Pengajaran Gaya Bahasa. Angkasa.

Triaji, C. L., Yayuk, E., & Fithriyanasari, E. (2019). Contextual Teaching And Learning Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2), 134–140.

Widyaningsih, N. (2019). Keefektifan Penggunaan Media Vlog (Video Blogging) Dalam Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Gamping Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Skripta, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31316/skripta.v5i1.123

Wulandari, R. Y. (2016). Implementasi supervisi manajerial pengawas sekolah dalam meningkatkan kompetensi pengelola perpustakaan. Manajer Pendidikan, 10(2), 132–137.

Downloads

Published

2023-05-09

How to Cite

Ambarsari, R. Y., Santoso, A. B. ., Asfuri, N. B. ., & Nurjihat, I. . (2023). Analisis kemampuan menulis teks narasi kelas III SD Negeri Ngarum 3 Kecamatan Ngrampal Kabupaten Sragen. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 6(1), 50–59. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v6i1.7287

Issue

Section

Articles