Analisis kemampuan menulis teks narasi kelas III SD Negeri Ngarum 3 Kecamatan Ngrampal Kabupaten Sragen
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v6i1.7287Keywords:
Analisis Teks, Kemampuan Menulis, Teks NarasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks narasi, faktor penghambat kemampuan menulis teks narasi, dan upaya pendidik dalam mengatasi kesulitan peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD Negeri Ngarum 3 Ngrampal. Sumber data diperoleh dari informan yaitu pendidik kelas III dan peserta didik kelas III SD Ngarum 3 Ngrampal. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi data. Analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks narasi masih kurang baik, kendala peserta didik belum terampil menulis dan masih minimnya kemampuan peserta didik dalam mengungkapkan persepsi yang ada di pikiran ke dalam bentuk tulisan, dan upaya yang dilakukan pendidik memberikan bimbingan yang khusus ke peserta didik yang belum membuat teks narasi dengan baik dengan cara memberikan pendampingan dalam pembelajaran.
References
Eriyani, N. D. (2020). Pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap keterampilan menulis teks deskripsi.
Fatonah, K., & Wiradharma, G. (2018). Pemetaan Genre Teks Bahasa Indonesia pada Kurikulum 2013 (Revisi) Jenjang SMA.
Indihadi, D. (2018). Teknik “ Brain Strorming ” Kata Kunci : Teknik “ Brain Strorming ”, “ Mind Mapping ”, Proses Menulis Keywords : The technique of " Brain Strorming ", " Mind Mapping ". Urnal Siliwangi : Seri Pendidikan P- ISSN 2476-9312 E- ISSN 2614- 5790 , Writing Process ., 4(1), 17–22.
Jeklin, A. (2016). 済無No Title No Title No Title (July).
Kholifaturrahmah, K., & Ulfah, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Metode Field Trip pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iv Sd Negeri Dadapsari. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(3), 223–228. https://doi.org/https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i3.672
Malladewi, merrina andy, & Sukartiningsih, W. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris Melalui Jurnal Pribadi Siswa Kelas Iv Di Sd Negeri Balasklumprik I/434 Surabaya. Jpgsd, 1(2), 0–216.
Nurgiyantoro, B. (2011). Penilaian Pembelajaran Bahasa. BPFE.
Putri, R. R., Kanzunnudin, M., & Fajrie, N. (2021). Analisis Keterampilan Menulis Ditinjau Dari Kemampuan Kognitif Siswa Kelas 1 SD 3 Piji Kudus. 7(4), 1394–1402. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1398
Restiani, O. N., Arafik, M., & Rini, T. A. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Pemahaman Teks Narasi pada Peserta Didik Kelas V SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(11), 1053–1067. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/um065v2i112022p1053-1067
Roselin, M. R., Arafik, M., & Rini, T. A. (2022). Analisis Kemampuan Siswa dalam Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca pada Teks Narasi Bahasa Indonesia Kelas V SD Gugus 7 Kecamatan Sukun Kota Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(2), 89–95.
Rusmilawati. (2020). Narasi Literasi,: Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus–Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah–Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Seno, A. J. R. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemampuan Menyimak terhadap Keterampilan Menulis Teks Pidato (Survei pada SMA Negeri di Kota Cilegon ) Universitas Indraprasta PGRI. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(1), 10.
Seran, G. G. (2018). Metode VAKT Bermedia Marbel Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–15.
Sodik, A. J. F., & Eliya, I. (2022). Pemberdayaan Santri Melalui Kegiatan Menulis Teks Sastra. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 13(1), 62–71.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2013). Berbicara sebagai Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Tarigan, H. G. (2014). Pengajaran Gaya Bahasa. Angkasa.
Triaji, C. L., Yayuk, E., & Fithriyanasari, E. (2019). Contextual Teaching And Learning Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2), 134–140.
Widyaningsih, N. (2019). Keefektifan Penggunaan Media Vlog (Video Blogging) Dalam Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Gamping Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Skripta, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31316/skripta.v5i1.123
Wulandari, R. Y. (2016). Implementasi supervisi manajerial pengawas sekolah dalam meningkatkan kompetensi pengelola perpustakaan. Manajer Pendidikan, 10(2), 132–137.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rika Yuni Ambarsari, Aan Budi Santoso, Ninda beny asfuri, Iqbal Nurjihat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.