Konsep merdeka belajar pada sekolah dasar ditinjau dari perspektif filsafat progresivisme

Authors

  • Ragil Dian Purnama Putri Universitas Ahmad Dahlan
  • Sri Tutur Martaningsih Universitas Ahmad Dahlan
  • Mulyo Prabowo Universitas Negeri Yogyakarta
  • Rukiyati Rukiyati Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v6i1.7169

Keywords:

Filsafat Progresivisme, Merdeka Belajar, Sekolah Dasar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menelaah konsep merdeka belajar di Sekolah Dasar jika ditinjau dari perspektif filsafat progresivisme. Metode penulisan yang digunakan yaitu kajian pustaka dengan pendekatan hermeneutik dalam mendeskripsikan dan menginterpretasi. Konsep merdeka belajar di Sekolah Dasar memiliki kesesuaian dengan filsafat progresivisme yang mengharapkan pendidikan Indonesia lebih maju, lebih baik, dan berkualitas untuk memberikan kebermanfaatan terutama peserta didik. Progresivisme selama ini telah memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan untuk lebih maju. Progresivisme menekankan pada hal-hal dasar kemerdekaan dan kebebasan peserta didik. Kemerdekaan dan kebebasan yang dimaksud yaitu peserta didik diberikan keleluasaan dalam mengembangkan minat, bakat, maupun kompetensi yang dimiliki. Konsep dari merdeka belajar di Sekolah Dasar dengan filsafat progresivisme memberikan pandangan baru dalam pendidikan di Sekolah Dasar. Di Indonesia praktiknya merdeka belajar juga mengarah pada berkembangan sesuai minat dan bakat yang membentuk individu berkarakter.

Downloads

Published

2023-05-09

How to Cite

Putri, R. D. P. ., Martaningsih, S. T., Prabowo, M., & Rukiyati, R. (2023). Konsep merdeka belajar pada sekolah dasar ditinjau dari perspektif filsafat progresivisme. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 6(1), 01–12. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v6i1.7169

Issue

Section

Articles