Efektivitas pengajaran berbasis relegius dengan metode mnemonic untuk meningkatkan pemahaman calon guru MI/SD
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i2.6044Keywords:
Metode mnemonic, Religius, Matematika MI/SDAbstract
Penilitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan ketrkaitan antara metode mnemonic dengan pengajaran berbasis religius dalam meningkatkan daya ingat peserta didik yang pada akhirnya memahami materi matematika dengan baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Menggunakan metode kuantitatif. Hasil dari analisis data diperoleh dengan menggunakan independent sample t test menunjukkan nilai rata-rata yang dihasilkan dari tes tulis kelas kontrol sebesar 63,78, sedangkan nilai rata-rata kelas experimen sebesar 75,81. hasil statistik ini menunjukkan bahwa : 1) metode mnemonic efektif digunakan ditinjau dari hasil tes tulis mahasiswa. 2) tes soal yang berbasis religius efektif digunakan ditinjau hasil tes tulis mahasiswa. (3) metode mnemonic lebih efektif digunakan dengan pengajaran berbasis religius dibandingkan dengan metode biasanya ditinjau dari tes tulis mahasiswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pengajaran matematika berbasis religius dengan menggunakan metode mnemonic dapat meningkatkan daya ingat dan pemahaman mahasiswa serta secara tidak langsung dapat membentuk karakter religius. Efektifitas Pengajaran Berbasis Relegius dengan Metode Mnemonic untuk Meningkatkan Pemahaman Calon Guru MI/SD
References
Annur Indra Putri. (2020). The Effectiveness Of Using Mnemonic Strategy To Improve The Students’ Vocabulary At Eight Grade Of SMP Negeri 33 Bulukumba.
Ardika, Y. (2016). Efektivitas Metode Mnemonik Ditinjau dari Daya Ingat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X TPA SMK N 2 Depok Sleman. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 66–73. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.5006
Arfah, M. (2019). Pembelajaran Berbasis Pendekatan Religius dalam Meningkatkan Akhlak dan Hasil Belajar Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 159–172. https://doi.org/10.24256/pijies.v2i2.960
Asiyah, Walid, A., Mustamin, A. A., & Topano, A. (2019). Ilmu Alamiah Dasar Dalam Perspektif Islam. http://repository.iainbengkulu.ac.id/3316/1/ILMU ALAMIAH DASAR DALAM PERSPEKTIF ISLAM..pdf
Cioca, L. I., & Nerişanu, R. A. (2020). Enhancing creativity: Using visual mnemonic devices in the teaching process in order to develop creativity in students. Sustainability (Switzerland), 12(5). https://doi.org/10.3390/su12051985
Darusman, Prof. Dr. H. Yus, M. S., & Herwina, Wiwin, S. Pd., M. P. (2018). Pembelajaran Mnemonik.
Fasha, E. F., & Silvia. (2018). Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Berbasis Soal Cerita. Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Berbasis Soal Cerita, 8(1), 1–7.
Fathurrohman, F. (2020). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Siswa. Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 278–288.
Kenti Yuliana. (2016). 済Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Perkuliahan Dasar-Dasar Pemrograman Untuk Meningkatkan Soft Skill Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Projek. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1, 47–56.
Khuzaima Nur Aidha. (2019). Pengaruh Strategi Mnemonic Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas Xi Di Man 1 Trenggalek Fiqh Kelas Xi Di Man 1 Trenggalek.
National, G., & Pillars, H. (2020). Psikologi Pendidikan Implikasi dalam Pembelajaran.
Othman, W., Mohammed, O., & Kazeem Kayode, B. (2019). Investigating the Impact of Mnemonic-based Instruction on Saudi University Students’ Attitudes Towards Vocabulary Learning. International Journal of English Language Education, 7(2), 13. https://doi.org/10.5296/ijele.v7i2.15339
Purwandari, D., & Rahmawati, S. (2017). Penerapan Metode Mnemonik Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas Iii Sd Negeri Panggang Ii Tahun 2017/2018. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Radović, T., & Manzey, D. (2019). The Impact of a Mnemonic Acronym on Learning and Performing a Procedural Task and Its Resilience Toward Interruptions. Frontiers in Psychology, 10(November), 1–17. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02522
Rahmawati, Y. (2019). Strategi Mnemonic Dengan Menggunakan Kartu Make a Match Pada Materi Trigonometri. Menara Ilmu, XIII(3), 173–180.
Samsiani. (2016). Kreativitas Guru Pai Dalam Mengembangkan Potensi Kognitif Siswa Di Sdn 28 Bangkalaloe Kec Bissappu Kabupaten Bantaeng Skripsi. In Euphytica (Vol. 18, Issue 2). http://dx.doi.org/10.1016/j.jplph.2009.07.006%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.neps.2015.06.001%0Ahttps://www.abebooks.com/Trease-Evans-Pharmacognosy-13th-Edition-William/14174467122/bd
Simamora, S., & Sidabutar, H. (2018). Efektivitas Metode Mnemonik Terhadap Daya Ingat Pada Materi Protista Di Kelas X Sma Budi Murni 3 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(2), 103–108. https://doi.org/10.24114/jpp.v6i2.10147
Verdianingsih, E. (2020). Strategi Mnemonic Dalam Pembelajaran Matematika. Eduscope, 06(01), 78–85.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ratna Nulinnaja, Siti Faridah, Kivah Aha Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.