Strategi pembelajaran daring berbasis multimedia saat pandemi covid-19 di SD Muhammadiyah Noyokerten
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i2.5975Keywords:
Strategi, Pembelajaran Daring, Multimedia, Pendemi Covid-19Abstract
Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi lapangan dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan langkah-langkah strategi pembelajaran daring berbasis multimedia, mengetahui tantangan apa saja yang dihadapi oleh guru dalam menyusun strategi pembelajaran daring berbasis multimedia, dan mengetahui hambatan apa saja yang dihadapi oleh guru dalam menyusun strategi pembelajaran daring berbasis multimedia di SD Muhammadiyah Noyokerten. Hasil yang diperoleh yaitu penyusunan strategi pembelajaran daring berbasis multimedia di SD Muhammadiyah Noyokerten saat pandemi covid-19, guru menggunakan platform berbasis online seperti whatsapp, google classroom, google form, quizizz, google meet dan zoom. Dengan strategi pembelajaran daring melalui pendekatan blended learning, flip learning dan hybrid learning. Tantangan guru diantaranya guru dituntut untuk mahir dalam bidang teknologi serta dituntut untuk menjalin kerjasama dengan orangtua peserta didik. Hambatan guru yaitu kesulitan penyamaan konsep pemahaman antara guru dan peserta didik, keterbatasan akses internet, dan harga kuota internet yang mahal.
References
Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pasca Sarjana.
Awalia, L. M., Pratiwi, I. A., & Kironoratri, L. (2021). Analisis Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa di Desa Karangmalang. Jurnal Basicedu, 5(5).
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF (Jurnal Ilmu Pendidikan), 2(1), 49–54. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Febrianto, A. R. (2021). Mengenal Ragam Pembelajaran Daring. Unkartur.
Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Education (IJES), 02(02).
Indiani, B. (2020). Mengoptimalkan Proses Pembelajaran Daring dengan Media Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sipatokong BPSDM Sulses, 1(3), 227–232.
Jamila, Ahdar, & Natsir, E. (2021). Problematika Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di UPTD SMP Negeri 1 Parepare. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3(2).
Lisman, F., Primawati, Waskito, & Sari, D. Y. (2021). Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Pembelajaran Daring dari Perspektif Guru dan Siswa Di SMK 2 Payakumbuh. Jurnal Vokasi Mekanika, 3(1).
Magdalena, I., Azhari, N., & Sulistia, H. (2020). Strategi Pembelajaran Daring Aktif, Kreatif, Menyenangkan di SD Negeri 1 Pegangan Lor. Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(2), 306–317.
Munir. (2010). Pembelajaran Jarak Jauh. Alfabeta.
Nurhadi, N. (2020). Blended Learning dan Aplikasinya di Era New Normal Pandemi Covid-19. Jurnal Agriekstensia, 19(2).
Oktifa, N. (2021). Strategi Pembelajaran Daring yang Efektif. Aku Pintar.
Qamariyah. (2021). Pembelajaran Online (Daring) di Tengah Pandemi Covid-19 Tantangan yang Mendewasakan Anak. Jurnal Pendidikan Guru, 3(1).
Sahara, R., & Sofya, R. (2020). Pengaruh Penerapan Model Flipped Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. EcoGen, 3(3).
Sailah, I. (2014). Panduan Penjaminan Mutu Proses Pembelajaran Daring. Direktorat Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1).
Simarmata, J., & Mujiarto. (2019). Multimedia Pembelajaran. Alfabeta.
Sitorus, A., & Kholipah, S. (2018). Supervisi Pendidikan: Teori dan Pengaplikasian. Swalova.
Syarifudin. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34.
Yakobus. (2020). Strategi Pembelajaran Daring Berbasis Multimedia di SMA Negeri 1 Menjalin Kabupaten Landak Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal Pendidikan Dan Sosial, 1(1).
Yuliani, M. (2020). Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 princessa dinda oktaviana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.