Strategi pembelajaran daring berbasis multimedia saat pandemi covid-19 di SD Muhammadiyah Noyokerten

Authors

  • Princessa Dinda Oktaviana Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Kirana Prama Dewi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i2.5975

Keywords:

Strategi, Pembelajaran Daring, Multimedia, Pendemi Covid-19

Abstract

Jenis Penelitian ini  adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu  wawancara, observasi lapangan dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan langkah-langkah strategi pembelajaran daring berbasis multimedia, mengetahui tantangan apa saja yang dihadapi oleh guru dalam menyusun strategi pembelajaran daring berbasis multimedia, dan mengetahui hambatan apa saja yang dihadapi oleh guru dalam menyusun strategi pembelajaran daring berbasis multimedia di SD Muhammadiyah Noyokerten. Hasil yang diperoleh yaitu penyusunan strategi pembelajaran daring berbasis multimedia di SD Muhammadiyah Noyokerten saat pandemi covid-19, guru menggunakan platform berbasis online seperti whatsapp, google classroom, google form, quizizz, google meet dan zoom. Dengan strategi pembelajaran daring melalui pendekatan blended learning, flip learning dan hybrid learning. Tantangan guru diantaranya guru dituntut untuk mahir dalam bidang teknologi serta dituntut untuk menjalin kerjasama dengan orangtua peserta didik. Hambatan guru yaitu kesulitan penyamaan konsep pemahaman antara guru dan peserta didik, keterbatasan akses internet, dan harga kuota internet yang mahal.

References

Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pasca Sarjana.

Awalia, L. M., Pratiwi, I. A., & Kironoratri, L. (2021). Analisis Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa di Desa Karangmalang. Jurnal Basicedu, 5(5).

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF (Jurnal Ilmu Pendidikan), 2(1), 49–54. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Febrianto, A. R. (2021). Mengenal Ragam Pembelajaran Daring. Unkartur.

Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Education (IJES), 02(02).

Indiani, B. (2020). Mengoptimalkan Proses Pembelajaran Daring dengan Media Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sipatokong BPSDM Sulses, 1(3), 227–232.

Jamila, Ahdar, & Natsir, E. (2021). Problematika Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di UPTD SMP Negeri 1 Parepare. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3(2).

Lisman, F., Primawati, Waskito, & Sari, D. Y. (2021). Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Pembelajaran Daring dari Perspektif Guru dan Siswa Di SMK 2 Payakumbuh. Jurnal Vokasi Mekanika, 3(1).

Magdalena, I., Azhari, N., & Sulistia, H. (2020). Strategi Pembelajaran Daring Aktif, Kreatif, Menyenangkan di SD Negeri 1 Pegangan Lor. Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(2), 306–317.

Munir. (2010). Pembelajaran Jarak Jauh. Alfabeta.

Nurhadi, N. (2020). Blended Learning dan Aplikasinya di Era New Normal Pandemi Covid-19. Jurnal Agriekstensia, 19(2).

Oktifa, N. (2021). Strategi Pembelajaran Daring yang Efektif. Aku Pintar.

Qamariyah. (2021). Pembelajaran Online (Daring) di Tengah Pandemi Covid-19 Tantangan yang Mendewasakan Anak. Jurnal Pendidikan Guru, 3(1).

Sahara, R., & Sofya, R. (2020). Pengaruh Penerapan Model Flipped Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. EcoGen, 3(3).

Sailah, I. (2014). Panduan Penjaminan Mutu Proses Pembelajaran Daring. Direktorat Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1).

Simarmata, J., & Mujiarto. (2019). Multimedia Pembelajaran. Alfabeta.

Sitorus, A., & Kholipah, S. (2018). Supervisi Pendidikan: Teori dan Pengaplikasian. Swalova.

Syarifudin. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34.

Yakobus. (2020). Strategi Pembelajaran Daring Berbasis Multimedia di SMA Negeri 1 Menjalin Kabupaten Landak Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal Pendidikan Dan Sosial, 1(1).

Yuliani, M. (2020). Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Downloads

Published

2022-10-04

How to Cite

Princessa Dinda Oktaviana, & Kirana Prama Dewi. (2022). Strategi pembelajaran daring berbasis multimedia saat pandemi covid-19 di SD Muhammadiyah Noyokerten. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(2), 109–123. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i2.5975

Issue

Section

Articles