Pemanfaatan bahan alam dan barang bekas pada pembelajaran SBdP daring kelas V di SD Negeri Sambirejo
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i2.5280Keywords:
Bahan Alam, Barang Bekas, SBdP, Pembelajaran Daring, Sekolah DasarAbstract
Pelaksanaan pemanfaatan bahan alam dan bekas pada SBdP Daring di sekolah melatih dan mengembangkan daya berpikir kreatif peserta didik, serta memberikan kegiatan yang produktif selama kegiatan pembelajaran dilakukan secara jarak jauh (daring). Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pemanfaatan bahan alam dan barang bekas dalam SBdP daring serta faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan pemanfaatan bahan alam dan barang bekas.Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu 1 kepala sekolah, 1 guru dan 5 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yaitu observasi (melakukan pengamatan, mengikuti kegiatan pembelajaran melalui google meet), wawancara (informan), dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa : Kegiatan pemanfaatan bahan alam dan barang bekas dilakukan melalui aplikasi Whatsapp, Google Classroom dan Google Meet. Salah satu kegiatan pemanfaatan yaitu membuat kolase. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih berpikir kreatif, meningkatkan kreativitas, melatih daya imajinasi, lebih peduli dengan lingkungan, mengembangkan keterampilan, melatih telaten, teliti, kesabaran, serta menyelesaikan dan memecahkan masalah. Jenis bahan alam yang digunakan berupa daun-daun kering, biji-bijian, ranting, dan bambu. Sedangkan koran, sedotan, stik eskrim, gelas plastik, kardus, botol jenis barang bekas. Langkah-langkah kegiatan pemanfaatan di antaranya: 1) Guru menyiapkan rencana pembelajaran, 2) Pelaksanaan kegiatan,3) Guru mengapreasi hasil karya peserta didik. Kesadaran peserta didik terhadap lingkungan sudah bagus walaupun belum sepenuhnya dan perlu beberapa peserta didik yang diingatkan. Faktor pendukung dibedakan menjadi internal dan eksternal. Faktor internal berupa kemauan peserta didik, sedangkan eksternal dari lingkungan sekitar, orang tua, dan pemberian motivasi dari guru, serta guru memiliki kreativitas. Faktor penghambatnya adalah pembelajaran secara daring menyebabkan kegiatan kurang optimal, keterbatasan bahan atau alat, kesadaran peserta didik serta kurang teliti.
References
Amir, M. (2019). Peningkatan Aktifitas Dan Hasil Belajar Sbdp Melalui Media Bekas Bungkus Kopi Di Kelas Vi Tunagrahita Slb Budi Karya Talago. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus. Https://Doi.Org/10.24036/Jpkk.V3i2.538
Arini, I., & Fajarwati, A. (2020). Media Bahan Alam Untuk Mengembangkan Kemampuan Klasifikasi Pada Anak Usia Dini. Jiv-Jurnal Ilmiah Visi. Https://Doi.Org/10.21009/Jiv.1502.3
Crismono, P. C. (2017). Penggunaan Media Dan Sumber Belajar Dari Alam Sekitar Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Gammath.
Fatmawati, Sakung, J. M., & Paudi, R. I. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Ii Sd Muhammadiyah Taopa Melalui Pemanfaatan Media Alam Sekitar Dalam Pembelajaran Tematik Tema Lingkungan. Jurnal Kreatif Tadulako Online.
Handayani, M., & Purwanto, A. (2019). Pemanfaatan Barang Bekas Untuk Menumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan Di Sd Budi Mulia Dua Bintaro. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An. Https://Doi.Org/10.17509/Md.V15i1.21651
Hidayat, E. N. (2020). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Ppkn Melalui Pendekatan Apresiasi Siswa Kelas Viii. Jira: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik. Https://Doi.Org/10.47387/Jira.V1i2.29
Ikhsan, A., Sulaiman, & Ruslan. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Di Sd Negeri 2 Teunom Aceh Jaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Jufri, D. (2016). Sudut Pandang Perencanaan Dalam Pengembangan Pendidikan. Jurnal Inspirasi Pendidikan.
Kurnia, R. M., Elan, & Giyartini, R. (2019). Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Pembentukan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Sbdp. Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Pembentukan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Sbdp.
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran Di Rumah Pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i1.630
Munawar, S., Heryanti, E., & Miarsyah, M. (2019). Hubungan Pengetahuan Lingkungan Hidup Dengan Kesadaran Lingkungan Pada Siswa Sekolah Adiwiyata. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan Ipa. Https://Doi.Org/10.24929/Lensa.V1i1.58
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru Dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik Ifni. Kreativitas Guru Dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik Ifni.
Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Cv Sarnu Untung.
Rohani, S., Ag, M., & Pd. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Media Bahan Bekas. Jurnal Raudhah.
Riya, A., & Sunarso, A. (2018). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Peningkatan Kreativitas Pada Mata Pelajaran Sbk. Joyful Learning Journal.
Rizandia, Muhammad.,dkk (2021). Evaluasi pembelajaran daring melalui media WhatsApp di SD N 16 Toboali. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 64-65.
Sari, E. I., Wiarsih, C., & Bramasta, D. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Peserta Didik Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio.
Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan. Https://Doi.Org/10.37478/Jpm.V2i1.732
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Alfabeta.
Umrati, H. W. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Yustiana, T., & Suprayitno, S. (2018). Pemanfaatan Bahan Alam Biji-Bijian Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Mozaik Dalam Tema Kegiatanku Di Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Zahro, W. M., & Giyoto. (2021). Pemanfaatan Bahan Alam Sebagai Bentuk Kepedulian Anak Terhadap Lingkungan. Jurnal Care.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Fery Setyaningrum, Indah Arum Sari Indah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.