Pengembangan media edutoys berbasis terintegrasi karakter tema panas dan perpindahannya pada kelas V SD

Authors

  • Deni Wibowo Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Galih Yansaputra Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i2.4199

Keywords:

HOTS, Media Edutoys, Pendidikan Karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengembangan media edutoys berbasis HOTS terintegrasi karakter, (2) kelayakan media edutoys berbasis HOTS terintegrasi karakter yang dikembangkan, (3) respon peserta didik setelah menggunakan media edutoys berbasis HOTS terintegrasi karakter yang telah dikembangkan (4) keterlaksanaan pembelajaran. Metode penelitian pengembangan atau R&D dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Piji Purworejo dengan subjek penelitian 10 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : analisis hasil telaah validasi, analisis keterlaksanaan pembelajaran dan analisis respon   Berdasarkan hasil penelitian (1) dihasilkan produk berupa media edutoys berbasis HOTS terintegrasi karakter tema panas dan perpindahannya pada kelas V SD yaitu media pembelajaran atau alat peraga pengukur suhu ruangan. (2) Hasil validasi yang dilakukan oleh dua dosen ahli dan guru kelas V mendapatkan nilai secara keseluruhan sebesar 3,50 sehingga termasuk kategori layak digunakan sebagai media pembelajaran. Uji reliabilitas diperoleh sebesar 93,50%, sehingga data sangat reliabel. (3) Hasil respon peserta didik diperoleh jumlah skor 372 dengan presentase 92% sehingga termasuk kategori “sangat baikâ€. (4) Hasil keterlaksanaan pembelajaran selama tiga kali pertemuan diperoleh persentase rata-rata 98,49% dengan kategori sangat baik.

References

Abdullah, M. Y. 2015. LEGO (Puzzle Bingo): Media Edukatif Berbasis Pendidikan Karakter pada Anak Usia Sekolah Dasar dalam Mewujudkan Generasi Indonesia Emas. Jurnal PENA. 2(1). 298 (online) https://www.neliti.com/publications/248529/lego-puzzle-bingo-games-media-edukatif-berbasis-pendidikan-karakter-pada-anak-us diakses pada tanggal 4 oktober 2019.

Arif, A. Z. & Arin, S. 2017. Piagam Debest : Integrasi Komitmen Tripusat Pendidikan untuk Penguatan Pendidikan Karakter di SD Muhammadiyah 24 Surabaya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. 1(2b). 163 (online) https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1154 diakses pada tanggal 8 Oktober 2019.

Haryono. 2019. Pembelajaran IPA Abad 21. Yogyakarta: Kepel Press.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. [Online] Tersedia di: https://kbbi.web.id/sains.html Diakses pada tanggal 2 Oktober 2019

Katuuk, A.D. 2014. Pengembangan Instrumen Pendidikan Karakter pada Siswa SD di Sulawesi Utara. Jurnal Pendidikan Karakter. 4(1). 13-14 (online) https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/2173 diakses pada tanggal 15 Oktober 2019.

Kurniawan, M. I. 2015. Tri Pusat Pendidikan sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Journal Pedagogia. 4(1). 46 (online) http://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/71 diakses pada tanggal 15 Oktober 2019.

Mumpuni, A. & Muhsinatun, S. M. Muatan Nilai-Nilai Karakter pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru dan Pegangan Siswa Kelas II. Jurnal Pendidikan Karakter. 6(1). 18 (online) https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/10728 Diakses pada tanggal 10 September 2019.

Pongoh, F. M., Sinsuw, A. A., & Tulenan, V. (2016). Alat Peraga Digital Pengenalan Pahlawan Sulawesi Utara. Jurnal Teknik Informatika. 8(1). (online) https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika/article/viewFile/12198/11778 Diakses pada tanggal 14 Agustus 2020.

Puspaningtyas, N. A. 2019. Peningkatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Melalui Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi. 8(2). 135 (online)http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/ekonomi/article/view/13049 Diakses pada tanggal 6 Oktober 2019.

Rinjani, E. D. 2017. Pendidikan Karakter Berbasis Multikultural dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai Upaya Menghadapi Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Proceedings Educatoin and Language International Conference. 1 (1) 309 (online) http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1244 Diakses pada tanggal 10 September 2019.

Sajidan, & Afandi. 2017. Pengembangan Model Pembelajaran IPA untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Seminar Nasional Pendidikan Sains. 16-19 (online) https://scholar.google.co.id/scholar?cluster=7520245533929733157&hl=id&as_sdt=2005&sciodt=0,5 Diakses pada tanggal 4 oktober 2019

Sutrisno, D. & Heri, R. 2018. Korelasi Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Prestasi Belajar Siswa MAN 3 Yogyakarta. Edumatica. 08(01). 19 (online) https://www.online-journal.unja.ac.id/edumatica/article/view/4655 Diakses pada tanggal 4 Oktober 2019.

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Triyuni, N. N. E., et.al. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Aktivitas Higher Order Thinking (HOT) pada Tema 8 Subtema 1 Kelas V SD. Journal of Education Technology. 3(1): 23 (online) https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/viewFile/17960/10724Diakses pada tanggal 6 Oktober 2019.

Widiana, I. W. 2016. Pengembangan Asesmen Proyek dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia. 5(2). 149 (online) https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/8154 diakses pada tanggal 6 Oktober 2019

Downloads

Published

2021-08-26

How to Cite

Wibowo, D., Ngazizah, N., & Yansaputra, G. (2021). Pengembangan media edutoys berbasis terintegrasi karakter tema panas dan perpindahannya pada kelas V SD. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(2), 123–135. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i2.4199

Issue

Section

Articles