Pengembangan media edutoys berbasis terintegrasi karakter tema panas dan perpindahannya pada kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i2.4199Keywords:
HOTS, Media Edutoys, Pendidikan KarakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengembangan media edutoys berbasis HOTS terintegrasi karakter, (2) kelayakan media edutoys berbasis HOTS terintegrasi karakter yang dikembangkan, (3) respon peserta didik setelah menggunakan media edutoys berbasis HOTS terintegrasi karakter yang telah dikembangkan (4) keterlaksanaan pembelajaran. Metode penelitian pengembangan atau R&D dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Piji Purworejo dengan subjek penelitian 10 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : analisis hasil telaah validasi, analisis keterlaksanaan pembelajaran dan analisis respon   Berdasarkan hasil penelitian (1) dihasilkan produk berupa media edutoys berbasis HOTS terintegrasi karakter tema panas dan perpindahannya pada kelas V SD yaitu media pembelajaran atau alat peraga pengukur suhu ruangan. (2) Hasil validasi yang dilakukan oleh dua dosen ahli dan guru kelas V mendapatkan nilai secara keseluruhan sebesar 3,50 sehingga termasuk kategori layak digunakan sebagai media pembelajaran. Uji reliabilitas diperoleh sebesar 93,50%, sehingga data sangat reliabel. (3) Hasil respon peserta didik diperoleh jumlah skor 372 dengan presentase 92% sehingga termasuk kategori “sangat baikâ€. (4) Hasil keterlaksanaan pembelajaran selama tiga kali pertemuan diperoleh persentase rata-rata 98,49% dengan kategori sangat baik.
References
Abdullah, M. Y. 2015. LEGO (Puzzle Bingo): Media Edukatif Berbasis Pendidikan Karakter pada Anak Usia Sekolah Dasar dalam Mewujudkan Generasi Indonesia Emas. Jurnal PENA. 2(1). 298 (online) https://www.neliti.com/publications/248529/lego-puzzle-bingo-games-media-edukatif-berbasis-pendidikan-karakter-pada-anak-us diakses pada tanggal 4 oktober 2019.
Arif, A. Z. & Arin, S. 2017. Piagam Debest : Integrasi Komitmen Tripusat Pendidikan untuk Penguatan Pendidikan Karakter di SD Muhammadiyah 24 Surabaya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. 1(2b). 163 (online) https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1154 diakses pada tanggal 8 Oktober 2019.
Haryono. 2019. Pembelajaran IPA Abad 21. Yogyakarta: Kepel Press.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. [Online] Tersedia di: https://kbbi.web.id/sains.html Diakses pada tanggal 2 Oktober 2019
Katuuk, A.D. 2014. Pengembangan Instrumen Pendidikan Karakter pada Siswa SD di Sulawesi Utara. Jurnal Pendidikan Karakter. 4(1). 13-14 (online) https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/2173 diakses pada tanggal 15 Oktober 2019.
Kurniawan, M. I. 2015. Tri Pusat Pendidikan sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Journal Pedagogia. 4(1). 46 (online) http://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/71 diakses pada tanggal 15 Oktober 2019.
Mumpuni, A. & Muhsinatun, S. M. Muatan Nilai-Nilai Karakter pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru dan Pegangan Siswa Kelas II. Jurnal Pendidikan Karakter. 6(1). 18 (online) https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/10728 Diakses pada tanggal 10 September 2019.
Pongoh, F. M., Sinsuw, A. A., & Tulenan, V. (2016). Alat Peraga Digital Pengenalan Pahlawan Sulawesi Utara. Jurnal Teknik Informatika. 8(1). (online) https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika/article/viewFile/12198/11778 Diakses pada tanggal 14 Agustus 2020.
Puspaningtyas, N. A. 2019. Peningkatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Melalui Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi. 8(2). 135 (online)http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/ekonomi/article/view/13049 Diakses pada tanggal 6 Oktober 2019.
Rinjani, E. D. 2017. Pendidikan Karakter Berbasis Multikultural dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai Upaya Menghadapi Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Proceedings Educatoin and Language International Conference. 1 (1) 309 (online) http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1244 Diakses pada tanggal 10 September 2019.
Sajidan, & Afandi. 2017. Pengembangan Model Pembelajaran IPA untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Seminar Nasional Pendidikan Sains. 16-19 (online) https://scholar.google.co.id/scholar?cluster=7520245533929733157&hl=id&as_sdt=2005&sciodt=0,5 Diakses pada tanggal 4 oktober 2019
Sutrisno, D. & Heri, R. 2018. Korelasi Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Prestasi Belajar Siswa MAN 3 Yogyakarta. Edumatica. 08(01). 19 (online) https://www.online-journal.unja.ac.id/edumatica/article/view/4655 Diakses pada tanggal 4 Oktober 2019.
Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Triyuni, N. N. E., et.al. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Aktivitas Higher Order Thinking (HOT) pada Tema 8 Subtema 1 Kelas V SD. Journal of Education Technology. 3(1): 23 (online) https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/viewFile/17960/10724Diakses pada tanggal 6 Oktober 2019.
Widiana, I. W. 2016. Pengembangan Asesmen Proyek dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia. 5(2). 149 (online) https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/8154 diakses pada tanggal 6 Oktober 2019
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Deni Hari Wibowo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.