PENGEMBANGAN MEDIA FUN THINKERS DALAM MELATIH KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i2.4189Keywords:
Media Fun Thinkers, Menulis Karangan Narasi, Kelas V Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk dapat membuat keterampilan menulis karangan narasi peserta didik menjadi lebih baik. Media Fun Thinkers harus diuji kelayakannya dengan melakukan uji coba validasi oleh tiga dosen ahli, yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan Analys, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Teknik dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif untuk mengolah data berdasarkan komentar atau saran dari para ahli serta analisis data kuantitatif untuk mengetahui kualitas produk. Hasil yang didapatkan pada penelitian dari hasil uji coba validasi yaitu ahli media 100 dengan kriteria “Baik Sekaliâ€, ahli materi 80 dengan kriteria “Baik Sekali, dan ahli pembelajaran 80 dengan kriteria “Baik Sekaliâ€. Hasil uji coba validasi ahli tersebut menunjukkan bahwa media Fun Thinkers layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pada keterampilan menulis karangan narasi peserta didik kelas V Sekolah Dasar.  Â
References
Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Farhurohman, O. (2017). “Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MIâ€. Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 9(1), 23-24. Retrieved from http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/412
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1).
Kompri. (2017). Belajar; Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi.
Mawarni, R. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Menggunkan Media Film Kelas III SD N Pencar 2 Sleman. Yogyakarta.
Nurpratiwiningsih, L., & Setiyoko, D. T. (2018). Development of Education Games Map Material as a Learning Media for Elementary School Students. Journal of Primary Education, 7(3), 249–257.
Riani, R.P. (2019). “Pengembangan Media Pembelajaran Tematik (Fun Thinkers Book) pada Tema Berbagai Pekerjaan Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasarâ€. Semarang.
Sukmadinata, & Nana, S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.
Umar, U. (2017). MEDIA PENDIDIKAN: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), 131-144.
Jatnika, S. A. (2019). Budaya Literasi untuk Menumbuhkan Minat Membaca dan Menulis. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 1–6.
Sukardi, M.Ed.,M.Sc., P. . (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (R. Damayanti (ed.)). PT Bumi Aksara.
Widiasti, Erlinda Restu & Hanum Hanifa Sukma. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI METODE MIND MAPPING KELAS IV SEKOLAH DASAR. Fundamental Pendidikan Dasar, 01(01), 33–38. https://doi.org/https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i1.1762
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.