PENGEMBANGAN MEDIA FUN THINKERS DALAM MELATIH KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

DOI:

https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i2.4189

Keywords:

Media Fun Thinkers, Menulis Karangan Narasi, Kelas V Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat membuat keterampilan menulis karangan narasi peserta didik menjadi lebih baik. Media Fun Thinkers harus diuji kelayakannya dengan melakukan uji coba validasi oleh tiga dosen ahli, yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan Analys, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Teknik dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif untuk mengolah data berdasarkan komentar atau saran dari para ahli serta analisis data kuantitatif untuk mengetahui kualitas produk. Hasil yang didapatkan pada penelitian dari hasil uji coba validasi yaitu ahli media 100 dengan kriteria “Baik Sekaliâ€, ahli materi 80 dengan kriteria “Baik Sekali, dan ahli pembelajaran 80 dengan kriteria “Baik Sekaliâ€. Hasil uji coba validasi ahli tersebut menunjukkan bahwa media Fun Thinkers layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pada keterampilan menulis karangan narasi peserta didik kelas V Sekolah Dasar.   

Author Biography

Hanum Hanifa Sukma, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Sinta ID: 5997854

References

Arikunto, S., & Cepi. (2014). Evaluasi program pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Farhurohman, O. (2017). “Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI”. Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 9(1), 23-24. Retrieved from http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/412
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1).
Kompri. (2017). Belajar; Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi.
Mawarni, R. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Menggunkan Media Film Kelas III SD N Pencar 2 Sleman. Yogyakarta.
Nurpratiwiningsih, L., & Setiyoko, D. T. (2018). Development of Education Games Map Material as a Learning Media for Elementary School Students. Journal of Primary Education, 7(3), 249–257.
Riani, R.P. (2019). “Pengembangan Media Pembelajaran Tematik (Fun Thinkers Book) pada Tema Berbagai Pekerjaan Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. Semarang.
Sukmadinata, & Nana, S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.
Umar, U. (2017). MEDIA PENDIDIKAN: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), 131-144.
Jatnika, S. A. (2019). Budaya Literasi untuk Menumbuhkan Minat Membaca dan Menulis. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 1–6.
Sukardi, M.Ed.,M.Sc., P. . (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (R. Damayanti (ed.)). PT Bumi Aksara.
Widiasti, Erlinda Restu & Hanum Hanifa Sukma. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI METODE MIND MAPPING KELAS IV SEKOLAH DASAR. Fundamental Pendidikan Dasar, 01(01), 33–38. https://doi.org/https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i1.1762

Downloads

Published

2021-07-12

How to Cite

Sukma, H. H., & Amalia, N. R. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA FUN THINKERS DALAM MELATIH KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(2), 112–122. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i2.4189

Issue

Section

Articles