PENINGKATAN KREATIVITAS SENI RUPA TEKNIK MEMBENTUK MELALUI MEDIA SERBUK KAYU PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i2.4187Keywords:
kreativitas, seni rupa, teknik membentuk, media serbuk kayuAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas seni rupa teknik membentuk melalui penggunaan media serbuk kayu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Ukirsari dengan jumlah 10 peserta didik. Objek penelitian yaitu kreativitas seni rupa teknik membentuk. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2021. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas seni rupa peserta didik kelas IV SD Negeri Ukirsari mengalami peningkatan. Pada pra siklus, persentase rata-rata kreativitas peserta didik sebesar 41% dan jumlah siswa yang mendapat kategori baik tidak ada. Pada siklus I, persentase rata-rata kreativitas peserta didik meningkat sebesar 66% dan jumlah peserta didik yang mendapat kategori baik sebesar 40%. Pada siklus II, persentase rata-rata kreativitas seni rupa meningkat sebesar 81% dan jumlah peserta didik yang mendapat kategori baik sebesar 60% serta sangat baik sebesar 30% dari jumlah keseluruhan peserta didik dan telah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian.References
Friadi, P. A., & Aulia, S. M. (2019). Seni rupa anak yang meng-humanis. Seminar Nasional PGSD Unimed, 2(1), 220–239.
Hasanuddin, H. (2017). Biopsikologi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Syiah Kuala University Press. https://doi.org/10.52574/syiahkualauniversitypress.325
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research. Springer.
Mandasari, Y., & Nadjamuddin, N. (2015). Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan (SBK) Materi Seni Rupa Menggambar Kelas 4 di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Karang Binangun Belitang Oku Timur. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 1(1), 58–79.
Meesuk, P., Sramoon, B., & Wongrugsa, A. (2020). Classroom action research-based instruction: The sustainable teacher professional development strategy. Journal of Teacher Education for Sustainability, 22(1), 98–110.
Mungmachon, M. R. (2012). Knowledge and local wisdom: Community treasure. International Journal of Humanities and Social Science, 2(13), 174–181.
Muqodas, I. (2015). Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 9(2).
Rachmawati, Y. (2012). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Prenada Media.
Rofian, R. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Demostrasi Pada Pendidikan Seni Rupa Di Sekolah Dasar. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 6(2).
Sandi, N. V. (2020). Proses Belajar Siswa dalam Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 42–52.
Sari, K. P., Neviyarni, S., & Irdamurni, I. (2020). Pengembangan Kreativitas dan Konsep Diri Anak SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 44–50.
Septiani, F. I., Purnama, W., & Sumitra, A. (2019). Meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia dini melalui kreatifitas seni. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(3), 74. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i3.p74-83
Suharto, S. (2012). Problematika Pelaksanaan Pendidikan Seni Musik di Sekolah Kejuruan Non Seni. Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, 12(1).
Sularso, S. (2015). Revitalisasi Kearifan Lokal dalam Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 2(1), 73–80.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.