DESKRIPSI PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI DESA SUREN KECAMATAN KUTOARJO

Authors

  • Rokhimatul Khotimah Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Mujiyem Sapti Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Rintis Rizkia Pangestika Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i2.4185

Keywords:

pembelajaran daring, matematika, covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran daring selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika kelas IV sekolah dasar di Desa Suren Kecamatan Kutoarjo. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Pandean dan SD Negeri Suren dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas IV SD Negeri Pandean dan SD Negeri Suren. Teknik pengumpulan data berupa observasi tak terstruktur, wawancara tak terstruktur, dan dokumentasi dengan analisis data menggunakan model Miles and Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan di SD Negeri Pandean dan SD Negeri Suren dengan adanya pandemi covid-19 menyesuaikan keputusan dari dinas yang sudah memperbolehkan sekolah melakukan kegiatan konsultasi terprogram dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa new normal. Perencanaan pembelajaran masa pandemi covid-19 berpedoman pada kurikulum darurat yaitu kurikulum esensial yang ditetapkan oleh dinas. Termasuk di dalamnya memuat materi pokok yang telah dipangkas. Pelaksanaan pembelajaran di SD Negeri Pandean dilaksanakan dengan mengkolaborasikan pelaksanaan pembelajaran daring dan pelaksanaan pembelajaran konsultasi terprogram. Sedangkan pembelajaran di SD Negeri Suren hanya menerapkan pembelajaran dengan konsultasi terprogram. Evaluasi atau penilaian pembelajaran di SD Negeri Pandean dan SD Negeri Suren tetap dilaksanakan seperti biasanya hanya saja guru kesulitan melakukan penilaian pada aspek afektif siswa. Kegiatan pembelajaran dirasa kurang efektif, karena pembelajaran hanya dibatasi waktu satu hingga satu setengah jam saja maka guru juga kurang merasa maksimal dalam menyampaikan materi.

References

Afandi, Muhammad dan Badarudin. 2011. Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar.
Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 2 Nomor 1 Halm 55-61. p-ISSN 2656-8063 e-ISSN 2656-8071. (https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/download/89/pdf
Jaya, Farida. 2019. Buku Perencanaan Pembelajaran. Medan: UIN Sumatra Utara.
Kisno, dkk. 2020. Penilaian Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Selama Masa Pandemi Covid-19. Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak. Vol. 4 No. 1 Juli 2020. ISSN (p): 2581-2076; ISSN (e): 2581-0472. (http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/martabat/article/view/3205)
Moleong, Lexy J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Republik Indonesia. 2010. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Sekretariat Negara: Jakarta.
Rothana, Hussin A. and Siddappa N. Byrareddy. 2020. The Epidemiology and Pathogenesis of Coronavirus Disease (COVID-19) Outbreak. Journal of Autoimmunity. Volume 109 (2020) 102433. (https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0896841120300469)
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Paramedia Group.

Downloads

Published

2021-08-26

How to Cite

Khotimah, R., Sapti, M., & Pangestika, R. R. (2021). DESKRIPSI PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI DESA SUREN KECAMATAN KUTOARJO. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(2), 197–206. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i2.4185

Issue

Section

Articles