Efektivitas Pemanfaatan Media Miniatur untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Muhammadiyah Bantul Kota

Authors

  • Sri Octa Viyani Universitas Ahmad Dahlan
  • Lovandri Dwanda Putra Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i2.4058

Keywords:

Pembelajaran IPA, Media Miniatur, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Pada kegiatan belajar siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep materi sehingga berimbas pada penurunan motivasi dan hasil belajar siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, guru dapat memanfaatkan media belajar. Dilakukannya penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Experimental Design, untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan media miniatur terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Subjek penelitian ini siswa kelas V SD, didapatkan 2 kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan teknik Simple Random Sampling. Penelitian ini menggunakan media miniatur dan dilaksanakan selama tiga siklus. Pengumpulan data dari hasil Pre-Test dan Post-Test, lembar observasi serta lembar angket motivasi belajar. Pada penelitian ini, melakukan uji Normalized gain atau N-gain score untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan media miniatur untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Didapatkan nilai rata-rata N-gain Score kelas eksperimen yakni 65,58% termasuk dalam kategori efektif. Dengan nilai N-gain Score minimal yakni 25% dan maksimal 100%. Sedangkan kelas kontrol nilai rata-rata N-gain Score yakni 21,38% termasuk dalam kategori tidak efektif. Dengan nilai minimal -25% dan maksimal 55%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media miniatur efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SD Muhammadiyah Bantul Kota.

References

Azhar Arsyad. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. Cet 19
Fathurrohman, Pupuh. (2010) Pengembangan Karakter Anak. Bandung : PT. Refika Aditama
Fauziah,Amni., Rosnaningsih,Asih., dan Azhar,Samsul.(2017) Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. JURNAL JPSD,vol4(1).https://www.researchgate.net/profile/Asih-Rosnaningsih-2/publication/324820933_HUBUNGAN_ANTARA_MOTIVASI_BELAJAR_DENGAN_MINAT_BELAJAR_SISWA_KELAS_IV_SDN_PORIS_GAGA_05_KOTA_TANGERANG/links/5ef220014585154d390e75bd/HUBUNGAN-ANTARA-MOTIVASI-BELAJAR-DENGAN-MINAT-BELAJAR-SISWA-KELAS-IV-SDN-PORIS-GAGA-05-KOTA-TANGERANG.pdf
Jamil, Mekka Madaina.(2019).Optimalisasi Model ARCS Dalam Pembelajaran Saintifik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Peminatan Mata Pelajaran Geografi Di Kelas Matematika Ilmu Alam. IJIS Edu : Indonesian Journal Of Integrated Science Education,vol1(1).https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijisedu/article/view/1401/1183
Jihad, Asep dan Haris Abdul. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressido.
Maryani, Ika.(2016). “Pengembangan Pembelajaran IPA Sekolah Dasar”. Yogyakarta: K-Media.Cet 1 Desember
Purwanto.(2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor- faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Uno, B. H. (2012). Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Soraya, T. A. (2018). Keefektifan Media Miniatur Rumah Pada Pembelajaran Number Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Jurnal Handayani), 9. Https://Doi.Org/10.24114/Jh.V9i1.10579

Downloads

Published

2021-09-16

How to Cite

Viyani, S. O., & Putra, L. D. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Media Miniatur untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Muhammadiyah Bantul Kota. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(2), 172–186. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i2.4058

Issue

Section

Articles