Efektivitas Pemanfaatan Media Miniatur untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Muhammadiyah Bantul Kota
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i2.4058Keywords:
Pembelajaran IPA, Media Miniatur, Motivasi Belajar, Hasil BelajarAbstract
Pada kegiatan belajar siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep materi sehingga berimbas pada penurunan motivasi dan hasil belajar siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, guru dapat memanfaatkan media belajar. Dilakukannya penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Experimental Design, untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan media miniatur terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Subjek penelitian ini siswa kelas V SD, didapatkan 2 kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan teknik Simple Random Sampling. Penelitian ini menggunakan media miniatur dan dilaksanakan selama tiga siklus. Pengumpulan data dari hasil Pre-Test dan Post-Test, lembar observasi serta lembar angket motivasi belajar. Pada penelitian ini, melakukan uji Normalized gain atau N-gain score untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan media miniatur untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Didapatkan nilai rata-rata N-gain Score kelas eksperimen yakni 65,58% termasuk dalam kategori efektif. Dengan nilai N-gain Score minimal yakni 25% dan maksimal 100%. Sedangkan kelas kontrol nilai rata-rata N-gain Score yakni 21,38% termasuk dalam kategori tidak efektif. Dengan nilai minimal -25% dan maksimal 55%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media miniatur efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SD Muhammadiyah Bantul Kota.
References
Fathurrohman, Pupuh. (2010) Pengembangan Karakter Anak. Bandung : PT. Refika Aditama
Fauziah,Amni., Rosnaningsih,Asih., dan Azhar,Samsul.(2017) Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. JURNAL JPSD,vol4(1).https://www.researchgate.net/profile/Asih-Rosnaningsih-2/publication/324820933_HUBUNGAN_ANTARA_MOTIVASI_BELAJAR_DENGAN_MINAT_BELAJAR_SISWA_KELAS_IV_SDN_PORIS_GAGA_05_KOTA_TANGERANG/links/5ef220014585154d390e75bd/HUBUNGAN-ANTARA-MOTIVASI-BELAJAR-DENGAN-MINAT-BELAJAR-SISWA-KELAS-IV-SDN-PORIS-GAGA-05-KOTA-TANGERANG.pdf
Jamil, Mekka Madaina.(2019).Optimalisasi Model ARCS Dalam Pembelajaran Saintifik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Peminatan Mata Pelajaran Geografi Di Kelas Matematika Ilmu Alam. IJIS Edu : Indonesian Journal Of Integrated Science Education,vol1(1).https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijisedu/article/view/1401/1183
Jihad, Asep dan Haris Abdul. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressido.
Maryani, Ika.(2016). “Pengembangan Pembelajaran IPA Sekolah Dasarâ€. Yogyakarta: K-Media.Cet 1 Desember
Purwanto.(2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor- faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Uno, B. H. (2012). Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Soraya, T. A. (2018). Keefektifan Media Miniatur Rumah Pada Pembelajaran Number Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Jurnal Handayani), 9. Https://Doi.Org/10.24114/Jh.V9i1.10579
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.