FAN-N-PICK: MODEL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENGURANGI KECEMASAN MATEMATIKA

Authors

  • Silvya Nugrahwati Universitas Ahmad Dahlan
  • Mukti Sintawati Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i2.4056

Keywords:

anxiety, cooperative learning, Fan-N-Pick

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit dan menakutkan bagi sebagian siswa sekolah dasar. Salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah kecemasan matematika yang berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi kecemasan matematika dan meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Fan-N-Pick. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 3 kali pertemuan dalam satu siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 163/X Catur Rahayu berjumlah 12 siswa. Instrumen pengambilan data yang digunakan yaitu angket kecemasan, dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh di analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penurunan kecemasan matematika siswa dari siklus I sebesar 55,2 menjadi 11,4 pada siklus II, sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 83,3% menjadi 100% pada siklus II dengan nilai ≥ 65. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Fan-N-Pick dapat mengurangi kecemasan matematika dan meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. 2017, 67.
Carey, E., Hill, F., Devine, A., & Szücs, D. (2016). The chicken or the egg? The direction of the relationship between mathematics anxiety and mathematics performance. Frontiers in Psychology, Vol. 6. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2015.01987
Depdiknas. (2006). Permendiknas No.22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Jakarta: Depdiknas. Global Shadows: Africa in the Neoliberal World Order, 44(2), 8–10.
Ekawati, A. (2015). Pengaruh Kecemasan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 164–169. https://doi.org/10.33654/math.v1i3.16
Frianto, Soetjipto, B. E., & Amirudin, A. (2016). The Implementation of Cooperative Learning Model Team Game Tournament and Fan N Pick to Enhance Motivation and Social Studies Learning Outcomes. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 21(5), 74–81. Retrieved from http://www.iosrjournals.org/iosr-jhss/papers/Vol. 21 Issue5/Version-7/I02105077481.pdf
Hakim, T. 2005. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.
Ikhsan, M. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.28
Izan, M., Keramati, M. R., & Gholamali Lavasani, M. (2016). The Effect of Classroom Management Based on Cooperative Learning Approach on Science Educational Achievement Students of Elementary Sixth in the City Piranshahr. Interdisciplinary Journal of Virtual Learning in Medical Sciences, 7(2). https://doi.org/10.5812/ijvlms.12163
Kagan, S., & Kagan, M. (2009). Kagan Cooperative Learning. Co-Operative Learning, 528.
Lanani, K. (2014). Menurunkan Kecemasan Dan Prilaku Menolak Bantuan Pada Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Suatu Pendekatan Cooperatif Learning. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal …, 37–42. Retrieved from http://www.journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/2496
Millis, B. J. (2014). Using Cooperative Structures to Promote Deep Learning. Journal of Excellence in College Teaching, 25(3/4), 139–148. Retrieved from http://celt.miamioh.edu/ject/issue.php?v=25&n=3+and+4
Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Arora, A. (2015). The TIMSS 2015 International Results in Mathematics. In The TIMSS 2015 International Results in Mathematics. https://doi.org/10.1002/yd.20038
Nik Azis Nik Pa. (2008). Kedinamikan pengertian nilai dalam penyelidikan dan pendidikan Matematik. Masalah Pendidikan, 31, 59–76.
Setyowati, A. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dan Fan-N-Pick Pada Prestasi belajar Matematika Ditinjau Dari Kecemasan Pada Matematika Siswa SMP Negeri di Kabupaten Magelang. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(6), 606–618. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/3532
Whyte, J., & Anthony, G. (2012). Maths Anxiety: The Fear Factor in the Mathematics Classroom. New Zealand Journal of Teachers’ …, 9(1), 6–15. Retrieved from http://www.teacherswork.ac.nz/journal/volume9_issue1/whyte.pdf

Downloads

Published

2021-07-06

How to Cite

Nugrahwati, S., & Sintawati, M. (2021). FAN-N-PICK: MODEL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENGURANGI KECEMASAN MATEMATIKA. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(2), 187–196. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i2.4056

Issue

Section

Articles