FAN-N-PICK: MODEL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENGURANGI KECEMASAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i2.4056Keywords:
anxiety, cooperative learning, Fan-N-PickAbstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit dan menakutkan bagi sebagian siswa sekolah dasar. Salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah kecemasan matematika yang berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi kecemasan matematika dan meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Fan-N-Pick. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 3 kali pertemuan dalam satu siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 163/X Catur Rahayu berjumlah 12 siswa. Instrumen pengambilan data yang digunakan yaitu angket kecemasan, dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh di analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penurunan kecemasan matematika siswa dari siklus I sebesar 55,2 menjadi 11,4 pada siklus II, sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 83,3% menjadi 100% pada siklus II dengan nilai ≥ 65. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Fan-N-Pick dapat mengurangi kecemasan matematika dan meningkatkan hasil belajar siswa.References
Carey, E., Hill, F., Devine, A., & Szücs, D. (2016). The chicken or the egg? The direction of the relationship between mathematics anxiety and mathematics performance. Frontiers in Psychology, Vol. 6. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2015.01987
Depdiknas. (2006). Permendiknas No.22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Jakarta: Depdiknas. Global Shadows: Africa in the Neoliberal World Order, 44(2), 8–10.
Ekawati, A. (2015). Pengaruh Kecemasan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 164–169. https://doi.org/10.33654/math.v1i3.16
Frianto, Soetjipto, B. E., & Amirudin, A. (2016). The Implementation of Cooperative Learning Model Team Game Tournament and Fan N Pick to Enhance Motivation and Social Studies Learning Outcomes. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 21(5), 74–81. Retrieved from http://www.iosrjournals.org/iosr-jhss/papers/Vol. 21 Issue5/Version-7/I02105077481.pdf
Hakim, T. 2005. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.
Ikhsan, M. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.28
Izan, M., Keramati, M. R., & Gholamali Lavasani, M. (2016). The Effect of Classroom Management Based on Cooperative Learning Approach on Science Educational Achievement Students of Elementary Sixth in the City Piranshahr. Interdisciplinary Journal of Virtual Learning in Medical Sciences, 7(2). https://doi.org/10.5812/ijvlms.12163
Kagan, S., & Kagan, M. (2009). Kagan Cooperative Learning. Co-Operative Learning, 528.
Lanani, K. (2014). Menurunkan Kecemasan Dan Prilaku Menolak Bantuan Pada Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Suatu Pendekatan Cooperatif Learning. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal …, 37–42. Retrieved from http://www.journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/2496
Millis, B. J. (2014). Using Cooperative Structures to Promote Deep Learning. Journal of Excellence in College Teaching, 25(3/4), 139–148. Retrieved from http://celt.miamioh.edu/ject/issue.php?v=25&n=3+and+4
Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Arora, A. (2015). The TIMSS 2015 International Results in Mathematics. In The TIMSS 2015 International Results in Mathematics. https://doi.org/10.1002/yd.20038
Nik Azis Nik Pa. (2008). Kedinamikan pengertian nilai dalam penyelidikan dan pendidikan Matematik. Masalah Pendidikan, 31, 59–76.
Setyowati, A. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dan Fan-N-Pick Pada Prestasi belajar Matematika Ditinjau Dari Kecemasan Pada Matematika Siswa SMP Negeri di Kabupaten Magelang. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(6), 606–618. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/3532
Whyte, J., & Anthony, G. (2012). Maths Anxiety: The Fear Factor in the Mathematics Classroom. New Zealand Journal of Teachers’ …, 9(1), 6–15. Retrieved from http://www.teacherswork.ac.nz/journal/volume9_issue1/whyte.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.