PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING: PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI ERA COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i2.3946Keywords:
Creative Problem Solving, Hasil Belajar, MatematikaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait diketahui bahwa masaih banyak peserta didik yang mendapatkan nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) dalam masa PANDEMI COVID-19. Hal itu juga dibuktikan dengan rendahnya kemampuan siswa dalam melakukan pemecahan masalah matematika yang telah diuji cobakan pada awal prapenelitian. Berdasarkan hal tersebut salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengasah kreatifitas siswa dalam menyelesaikan persoalan matematika adalah Creative Problem Solving. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan Quasi Eksperimen.Teknik analisis dat menggunakan soal Tes Essay dengan materi FPB dan KPK. Analisis data menggunakan uji homogenitas dan normalitas, serta uji hipotesis menggunakan uj-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung>ttabel = 2,595 > 2,158 atau sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal iniberarti terdapat pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap hasil belajar MatematikaReferences
Arifani, L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VI di MIN 2 Bandar Lampung.
Aziz, A., & Ifrianti, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Mukti Karya Kecamatan Panca Jaya Kabupaten Mesuji. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 1–14.
Dwika Setiawan, A., & Roro Nanik Setyowati, R. (2020). P Pemenuhan hak peserta didik penyandang disabilitas di SMA Negeri 4 Sidoarjo (studi akses pendidikan program sekolah inklusi). Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 8(2).
Effendi, A., & Fatimah, A. T. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Siswa Kelas Awal Sekolah Menengah Kejuruan. TEOREMA: Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 89–98.
Faturohman, I., & Afriansyah, E. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 107–118.
Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan antara motivasi belajar dengan minat belajar siswa kelas IV SDN Poris Gaga 05 kota Tangerang. Jurnal Jpsd, 4(1), 47–53.
Hartinah, S., Suherman, S., Syazali, M., Efendi, H., Junaidi, R., Jermsittiparsert, K., & Umam, R. (2019). Probing-prompting based on ethnomathematics learning model: The effect on mathematical communication skill. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 799–814. https://doi.org/10.17478/jegys.574275
Huda, S., Rinaldi, A., Suherman, S., Sugiharta, I., Astuti, D. W., Fatimah, O., & Prasetiyo, A. E. (2019). Understanding of Mathematical Concepts in the Linear Equation with Two Variables: Impact of E-Learning and Blended Learning Using Google Classroom. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 261–270. https://doi.org/10.24042/ajpm.v10i2.5303
Malisa, S., Bakti, I., & Iriani, R. (2018). Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Vidya Karya, 33(1), 1–20.
Miftachuddin, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran mufradat melalui permainan teka-teki silang pada siswa MI Tarbiyatul Mubtadiin Sukoharum Adiluwih Pringsewu.
Mujib, M., Mardiyah, M., & Suherman, S. (2020). STEM: Pengaruhnya terhadap Literasi Matematis dan Kecerdasan Multiple Intelligences. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(1), 66–73. https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i1.5448
Nagara, B. O., Qodariah, L., & Jumardi, J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X di SMK Grafika Yayasan Lektur. PATTINGALLOANG, 7(1), 58–67.
Naimaturohmah, S. (2019). Integrasi–interkoneksi mata pelajaran pai dan ekstrakurikuler pramuka dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di sd it baitul jannah.
Novianti, A. S. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Penelitian Tindakan Kelas Siswa Kelas IV SDN Ciheulang 03 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Semester I Tahun Pelajaran 2016-2017).
Oktaviani, A. N., & Nugroho, S. E. (2015). Penerapan model creative problem solving pada pembelajaran kalor untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan komunikasi. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 4(1).
Petan, I. S. (2017). Pengaruh Model Numbered Heads Together (NHT) Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Tema Merawat Hewan dan Tumbuhan, Subtema Merawat Hewan Di Kelas II SDN Kedungkandang 02 Kota Malang. SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah-Fakultas Ilmu Pendidikan UM.
Rahmadani, N. A., Vidákovich, T., Fitria, N., Putri, N. I. S., Addarojat, M. R., & Priadi, M. (2021). SQ3R method assisted by ethnomathematics-oriented student worksheet: The impact of mathematical concepts understanding. Journal of Physics: Conference Series, 1796(1), 012059.
Shobirin, M. (2018). Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar.
Sugiharti, S. P. (2018). Penggunaan Media Realia (Nyata) Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Matematika Kompetensi Mengenal Lambang Bilangan Pada Siswa Kelas I SDN 02 Kartoharjo Kota Madiun. Jurnal Edukasi Gemilang (JEG), 3(2), 7–14.
Suherman, S. (2015). Kreativitas siswa dalam memecahkan masalah matematika materi pola bilangan dengan pendekatan matematika realistik (PMR). Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (1), 81–90.
Suherman, S., Prananda, M. R., Proboningrum, D. I., Pratama, E. R., & Laksono, P. (2020). Improving higher order thinking skills (hots) with project based learning (pjbl) model assisted by geogebra. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1), 012027.
Suherman, S., Prananda, M. R., Proboningrum, D. I., Pratama, E. R., Laksono, P., & Amiruddin, A. (2020). Improving Higher Order Thinking Skills (HOTS) with Project Based Learning (PjBL) Model Assisted by Geogebra. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012027
Suherman, S., Zaman, A. M., & Farida, F. (2021). Fostering of Mathematical Critical Thinking Ability Using ARCS Model and Students’ Motivation. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 5(1), 134–143.
Supardi, K. I., & Putri, I. R. (2010). Pengaruh penggunaan artikel kimia dari internet pada model pembelajaran creative problem solving terhadap hasil belajar kimia siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1).
Suryani, A. (2012). Keefektifan Creative Problem Solving (CPS) dengan Pemanfaatan CD Pembelajaran dan Alat Peraga terhadap Sikap Kreatif dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII MTS Miftakhul Khoirot Tahun Pelajaran 2011/2012 pada Materi Pokok Persegi dan Belah Ketupat.
Syazali, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Media Maple 11 Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 91–98.
Syukur, A. (2012). Penerapan model pembelajaran creative problem solving untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada konsep saling ketergantungan dalam ekosistem (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Kandanghaur).
Uno Hamzah, B., & Muhammad, N. (2012). Belajar dengan Pendekatan Pailkem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Utami, F., Ainy, C., & Mursyidah, H. (2019). Efektivitas penerapan model pembelajaran creative problem solving (cps) terhadap hasil belajar siswa pada materi luas permukaan bangun ruang sisi datar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 01–13.
Widodo, S., & Kartikasari, K. (2017). Pembelajaran pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar dengan model creative problem solving (CPS). Prisma, 6(1), 57–65.
Widyastuti, R., Anggoro, B. S., Negara, H. S., Yuliani, M. D., & Utami, T. N. (2020). Understanding mathematical concept: The effect of savi learning model with probing-prompting techniques viewed from self-concept. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1), 012060.
Widyastuti, R., Retnosari, T. D., & Mudrikah, I. (2021). Construct 2 learning media developments to improve understanding skills. Journal of Physics: Conference Series, 1796(1), 012051.
Xu, C. (2011). The fundamental institutions of China’s reforms and development. Journal of Economic Literature, 49(4), 1076–1151.
Yunianto, T., Suyadi, S., & Suherman, S. (2020). Pembelajaran abad 21: Pengaruhnya terhadap pembentukan karakter akhlak melalui pembelajaran STAD dan PBL dalam kurikulum 2013. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 203–214.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.