STRATEGI PENILAIAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Yantoro Yantoro Universitas Jambi
  • Suci Hayati Universitas Jambi
  • Rahmad Rahmad Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i1.3657

Keywords:

Strategi guru, penilaian, matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam melaksanakan penilaian pembelajaran matematika pada masa pandemi Covid-19 di kelas tinggi sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 34/I Teratai pada bulan Januari sampai dengan Februari 2021. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan, data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian pembelajaran matematika pada masa pandemi Covid-19 ini hanya berfokus kepada penilaian kognitif peserta didik, maka dari itu guru memiliki strategi dalam melaksanakan penilaian pembelajaran matematika supaya bisa memberikan gambaran nyata dari kemampuan peserta didik. Strategi yang guru gunakan dalam penilaian pembelajaran matematika yaitu (1) Melakukan penilaian pembelajaran secara tatap muka langsung. (2) Penilaian berdasarkan tugas harian peserta didik. (3) Penilaian berdasarkan kehadiran peserta didik. (4) Merujuk pada nilai rapor semester sebelumnya. Pembelajaran matematika pada masa pandemi Covid-19 ini membuat guru menjadi berjarak dengan peserta didiknya, sehingga guru perlu memiliki strategi penilaian pembelajaran matematika yang dapat membantu guru   memberikan penilaian secara utuh yang merupakan gambaran kemampuan peserta didik yang sebenarnya.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi guru dalam melaksanakan penilaian pembelajaran matematika pada masa pandemi saat ini berlangsung efektif dalam mengetahui kemampuan peserta didik yang sebenarnya, mengingat bahwa tugas-tugas yang diberikan guru melalui pembelajaran jarak jauh tidak serta merta dikerjakan oleh peserta didik itu sendiri, namun juga dapat dikerjakan oleh orang lain.

Author Biography

Yantoro Yantoro, Universitas Jambi

Dosen dan mahasiswa 

 

References

Amir, A. (2014) ‘Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif’, Forum Paedagogik, VI(01), pp. 72–89.
Arikunto,S dan Cepi, Abdul Jabar. (2010). Evaluasi Program Pendidikan; Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahapeserta didik dan Praktisi Pendidikan Jakarta : Bumi Aksara.
Dewi, W. A. F. (2020) ‘Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), pp. 55–61. doi: 10.31004/edukatif.v2i1.89.
Syahrial, dkk. (2019). Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Nilai Kebersamaan pada Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. Vol 4 (2) 232-244.
Yamin dan Martinis. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group)
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan, Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Additional Files

Published

2021-03-03

How to Cite

Yantoro, Y., Hayati, S., & Rahmad, R. (2021). STRATEGI PENILAIAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(1), 21–31. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i1.3657

Issue

Section

Articles