PENGEMBANGAN MEDIA PALU BUNDAR (PAPAN LAJU BANGUN DATAR) PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Lissa Wahyuningtyas Universitas Islam Balitar http://orcid.org/0000-0001-7023-9349
  • Desy Dwi Riana Universitas Islam Balitar
  • Dwi Kameluh Agustina Universitas Islam Balitar

DOI:

https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i3.3185

Keywords:

Media Palu Bundar, Keliling dan Luas Bangun Datar, Kelas IV Sekolah Dasar.

Abstract

Adanya permasalahan dalam kesulitan belajar matematika untuk mengingat rumus khususnya keliling dan luas bangun datar serta penggunaan media pada pembelajaran yang belum optimal menyebabkan siswa kurang aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar di kelas sehingga siswa kurang tertarik dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media palu bundar (papan laju bangun datar) pada materi keliling dan luas bangun datar untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar yang layak digunakan. Desain penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau disebut dengan Research and Development menurut Sugiyono yang meliputi: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk.

Subyek uji coba keterbacaan adalah 5 siswa kelas V UPT SD Negeri Jambepawon 02 karena masih dalam masa pandemi covid-19 dan 5 guru kelas IV Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penilaian ahli materi mendapatkan persentase 87% dengan kategori layak. Hasil penilaian ahli media mendapatkan persentase 86% dengan kategori layak. Hasil penilaian ahli bahasa mendapatkan persentase 91% dengan kategori sangat layak. Pada uji coba keterbacaan siswa mendapatkan persentase 98% dengan kategori sangat layak dan respon siswa yang sangat positif terhadap media palu bundar. Pada uji coba keterbacaan guru mendapatkan persentase 97% dengan kategori sangat layak sehingga media palu bundar dapat menjadi referensi guru dalam menggunakan media pembelajaran matematika bab keliling dan luas bangun datar kelas IV Sekolah Dasar.

Author Biography

Lissa Wahyuningtyas, Universitas Islam Balitar

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Balitar Blitar

References

Amir, Almira. 2014. Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. Jurnal Forum Paedagogik. No.01. Vol.VI. Halaman 72-89.
Astuti, Rini Dwi dan Amaliyah Ulfah. 2019. Pengembangan Media Permainan Lajur Bata (Langkah Juara Bangun Datar) untuk Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal FUNDADIKDAS. No.1. Vol.1. Halaman 1-12.
Atmoko, Sigit Widhi, dkk. 2017. Pengembangan Media Utama (Ular Tangga Matematika) dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Luas Keliling Bangun Datar Kelas III SD/MI. Jurnal PendidikanGuruMI. No.1. Vol.4. Halaman 119-128.
Ferryka, Putri Zudhah. 2017. Permainan Ular Tangga dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. JurnalMagistra. No.100. Halaman 58-65.
Melsi, A. 2015. Efektivitas Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Virus di Kelas X Sekolah Menengah Atas Nusantara Indah Sintang Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.
Zona, Rifa Amri, dkk. 2019. Media Permainan Sirkuit Pintar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. No.2. Vol.3. halaman 463-468.

Downloads

Published

2020-11-07

How to Cite

Wahyuningtyas, L., Riana, D. D., & Agustina, D. K. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PALU BUNDAR (PAPAN LAJU BANGUN DATAR) PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 3(3), 242–250. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i3.3185

Issue

Section

Articles