PENGEMBANGAN MEDIA PALU BUNDAR (PAPAN LAJU BANGUN DATAR) PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i3.3185Keywords:
Media Palu Bundar, Keliling dan Luas Bangun Datar, Kelas IV Sekolah Dasar.Abstract
Adanya permasalahan dalam kesulitan belajar matematika untuk mengingat rumus khususnya keliling dan luas bangun datar serta penggunaan media pada pembelajaran yang belum optimal menyebabkan siswa kurang aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar di kelas sehingga siswa kurang tertarik dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media palu bundar (papan laju bangun datar) pada materi keliling dan luas bangun datar untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar yang layak digunakan. Desain penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau disebut dengan Research and Development menurut Sugiyono yang meliputi: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk.
Subyek uji coba keterbacaan adalah 5 siswa kelas V UPT SD Negeri Jambepawon 02 karena masih dalam masa pandemi covid-19 dan 5 guru kelas IV Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penilaian ahli materi mendapatkan persentase 87% dengan kategori layak. Hasil penilaian ahli media mendapatkan persentase 86% dengan kategori layak. Hasil penilaian ahli bahasa mendapatkan persentase 91% dengan kategori sangat layak. Pada uji coba keterbacaan siswa mendapatkan persentase 98% dengan kategori sangat layak dan respon siswa yang sangat positif terhadap media palu bundar. Pada uji coba keterbacaan guru mendapatkan persentase 97% dengan kategori sangat layak sehingga media palu bundar dapat menjadi referensi guru dalam menggunakan media pembelajaran matematika bab keliling dan luas bangun datar kelas IV Sekolah Dasar.
References
Astuti, Rini Dwi dan Amaliyah Ulfah. 2019. Pengembangan Media Permainan Lajur Bata (Langkah Juara Bangun Datar) untuk Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal FUNDADIKDAS. No.1. Vol.1. Halaman 1-12.
Atmoko, Sigit Widhi, dkk. 2017. Pengembangan Media Utama (Ular Tangga Matematika) dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Luas Keliling Bangun Datar Kelas III SD/MI. Jurnal PendidikanGuruMI. No.1. Vol.4. Halaman 119-128.
Ferryka, Putri Zudhah. 2017. Permainan Ular Tangga dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. JurnalMagistra. No.100. Halaman 58-65.
Melsi, A. 2015. Efektivitas Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Virus di Kelas X Sekolah Menengah Atas Nusantara Indah Sintang Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.
Zona, Rifa Amri, dkk. 2019. Media Permainan Sirkuit Pintar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. No.2. Vol.3. halaman 463-468.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.