ANALISIS KESULITAN GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK PADA KELAS II DI SD MUHAMMADIYAH KARANGWARU
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i3.3142Keywords:
kesulitan guru, pembelajaran tematikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai kesulitan-kesulitan yang dialami guru khususnya pada kelas II Di SD Muhammadiyah Karangwaru, dalam proses penerapan pembelajaran tematik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini ialah kepala sekolah, wakil ketua kurikulum dan guru kelas II Di SD Muhammadiyah Karangwaru. Objek yang diambil berupa kesulitan guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik dan kesulitan guru dalam penerapan pembelajaran tematik. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dari teori Miles and Huberman dengan siklus mulai pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa, dalam tahapan pelaksanaan pembelajaran tematik terdapat faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung berasal dari dorongan yang diberikan kepala sekolah dan fasilitas di dalam kelas yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan penyampaian materi pembelajaran. Sedangkan untuk faktor penghambat yang dialami guru adalah kurangnya pelatihan atau pemahaman lebih lanjut mengenai penerapan pembelajaran tematik. Pada proses kegiatan, guru masih mengalami kesulitan pada tahapan perencanaan pembelajaran terutama proses penyusunan RPP, untuk tahapan pelaksanaannya pada penentuan model dan pendekatan scientific. Untuk mengatasi kesulitan yang dialami guru melakukan forum atau sharing bersama dengan sesama guru kelas II, sedangkan upaya untuk mengaktifkan peserta didik guru menggunakan alat bantu media pembelajaran.
References
Alnashr, M. S. 2018. Analisis Faktor Penghambat Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Pembelajaran Tematik (Studi Kasus di MI Al-Hikmah Kajen, Margoyoso, Pati). Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 191-204.
Fitri, Annisa, dkk. 2017. Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 1-13.
Haji, Sun. 2015. Pembelajaran Tematik yang Ideal di SD/MI. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 2(1), 56-69.
Ine, Maria. E. 2015. Penerapan pendekatan scientific untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan pasar. In Prosiding Seminar Nasional (Vol. 9, pp. 269-285).
Kartowagiran, Badrun. 2012. Penulisan butir soal. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Krissandi, A. D. S., dan Rusmawan, R. 2015. Kendala Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Kurikulum 2013. Cakrawala Pendidikan, (3), 82440.
Mohamad, Muklis. 2012. Pembelajaran tematik. Jurnal fenomena, 4(1), 68-69.
Nasution, Mardiah. Kalsum. 2018. Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika, 11(01), 9-16.
Nduru, Maria. Purnama. 2015. Identifikasi dan Asesmen Kesulitan Belajar Anak.
Rasidi, Muhamad, dkk. 2015. Faktor-Faktor Kesulitan Guru pada Pembelajaran Tematik Integratif Di SD Kota Mataram. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 155-165.
Rini, Kristiantari. 2015. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Interatif Menyongsong Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia).
Rosdiani, Dini. 2013. Perencanaan Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Sagala, S. 2008. Silabus Sebagai Landasan Pelaksanaan dan Pengembangan Pembelajaran Bagi Guru Yang Profesional. Jurnal Tabularasa, 5(1), 11-22.
Sabandi, Ahmad. 2013. Supervisi PEndidikan untuk Pengembangan Profesionalitas Guru Berkelanjutan. JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 13(3), 23-42.
Saifudin, M. F. 2015. Optimalisasi Apersepsi Pembelajaran Melalui Folklor Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar.
Suryani, Cut. 2015. Implementasi Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran di MIN Sukadamai Kota Banda Aceh. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 16(1), 23-42.
Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/ RA dan Anak Usia Kelas Awal SD/ MI. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Triwiyanto, Teguh. 2015. Pelaksanaan monitoring, evaluasi, dan pelaporan untuk penilaian kinerja manajerial kepala sekolah. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(1).
Wahyuni Hermin. T, dkk. 2017. Implementasi pembelajaran tematik kelas 1 SD. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 129-136.
Widiyaningrum, Retno. 2012. Model Pembelajaran Tematik di MI/SD. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(1), 107-120.
Yasin, A. F. 2012. Pengembangan Kompetensi Pedagogik guru pendidikan Agama islam di madrasah (studi kasus di MIN Malang I). el-Qudwah.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.