PEMBENTUKAN KARAKTER KREATIF MELALUI EKSTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN DI SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN II YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i2.2830Keywords:
Karakter, Kreatif, Hizbul WathanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan karakter kreatif melalui ekstrakurikuler Hizbul Wathan di SD Muhammadiyah Karangkajen II Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dalam bentuk deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pembina, kepala sekolah, dan peserta didik kelas IV dan V. Objek penelitian ini adalah pembentukan karakter kreatif peserta didik melalui ekstrakurikuler Hizbul Wathan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data berdasarkan teori Miles dan Huberman yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter kreatif peserta didik melalui ekstrakurikuler Hizbul Wathan di SD Muhammadiyah Karangkajen II Yogyakarta dilakukan berdasarkan metode kepanduan Hizbul Wathan yaitu: (1) Pemberdayaan anak didik lewat sistem beregu; (2) Kegiatan yang dilakukan di alam terbuka; (3) Pendidikan dengan metode yang menarik, menyenangkan, dan menantang; (4) Penggunaan sistem kenaikan tingkat dan tanda kecakapan; (5) Sistem satuan dan kegiatan terpisah antara pandu putera dan pandu puteri. Karakter kreatif peserta didik yang terbentuk melalui ekstrakurikuler Hizbul Wathan di SD Muhmmadiyah Karangkajen II yaitu hasrat keingintahuan yang cukup besar, bersikap terbuka terhadap pengalaman baru, panjang akal, keingintahuan untuk menemukan, cenderung lebih menyukai tugas yang berat dan sulit, cenderung mencari jawaban yang luas dan memuaskan, memiliki dedikasi bergairah serta aktif dalam melaksanakan tugas, berfikir fleksibel, kemampuan membuat analisis dan sintesis, memiliki semangat bertanya serta meneliti, dan memiliki daya abstraksi yang cukup baik.
References
Asmani, Jamal Ma’aruf. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press; 2011.
Ayu, Nanda. 2017. Pendidikan Karakter sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa. Universitas Negeri Medan: Prosiding Seminar Nasional Vo. 1 No.1
Bidang Diklat Kwartir Pusat Hizbul Wathan. 2013. Bahan Pelatihan Jaya Melati I. Yogyakarta: Pusat Pengadaan Perlengkapan HW.
Bidang Diklat Kwartir Pusat Hizbul Wathan. 2011. Bahan Pelatihan Jaya Melati II Kepanduan HW. Yogyakarta: Pusat Pengadaan Perlengkapan HW.
Dahliyana, Asep. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Ekstrakurikuler Di Sekolah. Jurnal Kajian Pendidikan Umum. Vol. 16 No. 1 (Diakses pada tanggal 30 Oktober 2019, Sumber: http://ejournal.upi.edu/index.php/%20SosioReligi/article/viewFile/5638/3821)
Danny Soesilo, Tritjahjo. 2014. Pengembangan Kreativitas melalui Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak
Departemen Diklat Kwartir Pusat Hizbul Wathan. 2013. Kurikulum Gerakan Kepanduan HW. Yogyakarta: Kwartir Pusat Hizbul Wathan
Departemen Pendidikan Nasional. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia Cetakan ke delapan Belas Edisi IV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Dzikron, Muhammad. 2001. Keterampilan Kepanduan Hizbul Wathan. Klaten: Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan
Edison. 2019. Pendidikan Karakter dan Implementasinya. JOEAI (Journal of Education and Instruction). Vol 2, No 2 (Diakses pada tanggal 25 Agustus 2020, Sumber: http://journal.ipm2kpe.or.id)
Efendi, Musni. 2018. Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Program Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Pada Sekolah Dasar Muhammadiyah VI Palembang. Jurnal Conciencia. Vol. XVII No. 1 (Diakses pada tanggal 27 Januari 2020, Sumber: http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/conciencia/article/view/1581)
Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Harahap, Ainun Mardia. 2016. Konsep dan Strategi Pendidikan Karakter di Sekolah Dalam Pengembangan Kurikulum 2013. Jurnal Darul ‘Ilmi. Vol. 04 No. 01 (Diakses pada tanggal 23 Agustus 2020, Sumber: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id)
HW Jogja. 2010. Tingkatan Pandu dan Seragam dalam Hizbul Wathan. Blogspot. (Diakses pada tanggal 25 Agustus 2020, Sumber: http://hwjogja.blogspot.co.id/2010/02/tingkatan-pandu-seragamnya.html)
Irawan, Perdana. 2017. Penanaman Karakter Toleransi melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Hizbul Wathan di SD Muhammadiyah Karangkajen. Yogyakarta: PGSD UAD (Diakses pada tanggal 05 November 2019, Sumber: http://digilib.uad.ac.id/penelitian/Penelitian/detail/96532/penanaman-karakter-toleransi-melalui-kegiatan-ekstrakurikuler-hizbul-wathan-di-sd-muhammadiyah-karangkajen)
Kurniawan, Syamsul. 2014. Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Khumairoh, Vina. 2018. Upaya Penanaman Karakter Disiplin dan Kemandirian Peserta didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Hisbul Wathon (HW) di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Ponorogo: PAI IAIN Ponorogo (Diakses pada tanggal 05 November 2019, Sumber: http://etheses.iainponorogo.ac.id/4076/1/VINAA.pdf)
Majelis Diktilitbang dan LPI PP Muhammadiyah. 2010. 1 Abad Muhammadiyah. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara
Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mustari, Mohamad. 2014. Nilai Refleksi: Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: Rajawali
Muslich, Mansur. 2014. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nurjanah, Fitri. 2018. Penanaman Karakter Disiplin Melalui Ekstrakurikuler Hizbul Wathan di SD Muhammadiyah Sleman. Yogyakarta: PGSD UAD (Diakses pada tanggal 05 November 2019, Sumber: http://digilib.uad.ac.id/penelitian/Penelitian/detail/103630/penanaman-karakter-disiplin-melalui-ekstrakurikuler-hizbul-wathan-di-sd-muhammadiyah-sleman)
Nurrohman, Alif. 2018. Karakter Kreatif dan Kerja keras dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Surakarta: PGSD UMS (Diakses pada tanggal 05 November 2019, Sumber: http://eprints.ums.ac.id/68939/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf)
Purwanti, Siwi. 2017. Analisis Pelatihan Strategi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Untuk Mewujudkan Sekolah Adiwiyata Bagi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Piyungan. Publikasi Ilmiah. ISBN 978-602-70471-2-9 (Diakses pada tanggal 25 Agustus 2020, Sumber: https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/bitstream/handle/11617/9138/38.pdf?sequence=1&isAllowed=y )
Rahardja B, dan Arifin Z. 2017. Implementasi Pendidikan Karakter Islami pada Kegiatan Ekstrakurikuler “Hizbul Wathan†(Studi Empirik di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017). SUHUF, Vol. 29, No. 2 (Diakses pada tanggal 25 Agustus 2020, Sumber: http://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/5639 )
Samani M, dan Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya
Salim, Ahmad. 2015. Manajemen Pendidikan Karakter di Madrasah (Sebuah Konsep dan Penerapannya). TARBAWI, Vol. 1 No. 02 (Diakses pada tanggal 25 Agustus 2020, Sumber: https://www.neliti.com/publications/256501/manajemen-pendidikan-karakter-di-madrasah)
Subini, Nini. 2012. Awas, Jangan Jadi Guru Karbitan: kesalahan-kesalahan guru dalam pendidikan dan pembelajaran. Yogyakarta: Javalitera
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Supriyadi. 2018. Penguatan Karakter Bangsa pada Masyarakat Multikultural dalam Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol. 1 No. 1 (Diakses pada tanggal 26 Agustus 2020, Sumber: http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article)
Wahyuni dan Mustadi. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Collaborative Learning Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Karakter Kreatif Dan Bersahabat. Jurnal Pendidikan Karakter. Vol. VI No. 2 (Diakses pada tanggal 30 Oktober 2019, Sumber: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/12056/8601)
Wibowo, Agus. 2013. Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Wiyani, Novan Ardy. 2013. Membumikan Pendidikan Karakter di SD; Konsep, Praktik, dan Strategi. Jakarta: Ar-Ruzz Media
Wiyani, Novan Ardy. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa. Yogyakarta: Teras
Yuliana, Devi. 2018. Penanaman Karakter Kedisiplinan Dan Kemandirian Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Hizbul Wathan Peserta didik Kelas IV di SD Muhammadiyah 3 Nusukan Surakarta. Surakarta: PGSD UMS. (Diakses pada tanggal 05 November 2019, Sumber: http://eprints.ums.ac.id/68487/11/Naskah%20Publikasi.pdf )
Zubaedi. 2012. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Dunia Pendidikan. Jakarta: Kencana
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.