PEMBENTUKAN KARAKTER KREATIF MELALUI EKSTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN DI SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN II YOGYAKARTA

Authors

  • Monika Feby Wulandari Universitas Ahmad Dahlan
  • Nur Hidayah Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i2.2830

Keywords:

Karakter, Kreatif, Hizbul Wathan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan karakter kreatif melalui ekstrakurikuler Hizbul Wathan di SD Muhammadiyah Karangkajen II Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dalam bentuk deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pembina, kepala sekolah, dan peserta didik kelas IV dan V. Objek penelitian ini adalah pembentukan karakter kreatif peserta didik melalui ekstrakurikuler Hizbul Wathan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data berdasarkan teori Miles dan Huberman yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter kreatif peserta didik melalui ekstrakurikuler Hizbul Wathan di SD Muhammadiyah Karangkajen II Yogyakarta dilakukan berdasarkan metode kepanduan Hizbul Wathan yaitu: (1) Pemberdayaan anak didik lewat sistem beregu; (2) Kegiatan yang dilakukan di alam terbuka; (3) Pendidikan dengan metode yang menarik, menyenangkan, dan menantang; (4) Penggunaan sistem kenaikan tingkat dan tanda kecakapan; (5) Sistem satuan dan kegiatan terpisah antara pandu putera dan pandu puteri. Karakter kreatif peserta didik yang terbentuk melalui ekstrakurikuler Hizbul Wathan di SD Muhmmadiyah Karangkajen II yaitu hasrat keingintahuan yang cukup besar, bersikap terbuka terhadap pengalaman baru, panjang akal, keingintahuan untuk menemukan, cenderung lebih menyukai  tugas yang berat dan sulit, cenderung mencari jawaban yang luas dan memuaskan, memiliki dedikasi bergairah serta aktif dalam melaksanakan tugas, berfikir fleksibel, kemampuan membuat analisis dan sintesis, memiliki semangat bertanya serta meneliti, dan memiliki daya abstraksi yang cukup baik.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmani, Jamal Ma’aruf. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press; 2011.

Ayu, Nanda. 2017. Pendidikan Karakter sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa. Universitas Negeri Medan: Prosiding Seminar Nasional Vo. 1 No.1

Bidang Diklat Kwartir Pusat Hizbul Wathan. 2013. Bahan Pelatihan Jaya Melati I. Yogyakarta: Pusat Pengadaan Perlengkapan HW.

Bidang Diklat Kwartir Pusat Hizbul Wathan. 2011. Bahan Pelatihan Jaya Melati II Kepanduan HW. Yogyakarta: Pusat Pengadaan Perlengkapan HW.

Dahliyana, Asep. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Ekstrakurikuler Di Sekolah. Jurnal Kajian Pendidikan Umum. Vol. 16 No. 1 (Diakses pada tanggal 30 Oktober 2019, Sumber: http://ejournal.upi.edu/index.php/%20SosioReligi/article/viewFile/5638/3821)

Danny Soesilo, Tritjahjo. 2014. Pengembangan Kreativitas melalui Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak

Departemen Diklat Kwartir Pusat Hizbul Wathan. 2013. Kurikulum Gerakan Kepanduan HW. Yogyakarta: Kwartir Pusat Hizbul Wathan

Departemen Pendidikan Nasional. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia Cetakan ke delapan Belas Edisi IV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Dzikron, Muhammad. 2001. Keterampilan Kepanduan Hizbul Wathan. Klaten: Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan

Edison. 2019. Pendidikan Karakter dan Implementasinya. JOEAI (Journal of Education and Instruction). Vol 2, No 2 (Diakses pada tanggal 25 Agustus 2020, Sumber: http://journal.ipm2kpe.or.id)

Efendi, Musni. 2018. Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Program Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Pada Sekolah Dasar Muhammadiyah VI Palembang. Jurnal Conciencia. Vol. XVII No. 1 (Diakses pada tanggal 27 Januari 2020, Sumber: http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/conciencia/article/view/1581)

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Harahap, Ainun Mardia. 2016. Konsep dan Strategi Pendidikan Karakter di Sekolah Dalam Pengembangan Kurikulum 2013. Jurnal Darul ‘Ilmi. Vol. 04 No. 01 (Diakses pada tanggal 23 Agustus 2020, Sumber: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id)

HW Jogja. 2010. Tingkatan Pandu dan Seragam dalam Hizbul Wathan. Blogspot. (Diakses pada tanggal 25 Agustus 2020, Sumber: http://hwjogja.blogspot.co.id/2010/02/tingkatan-pandu-seragamnya.html)

Irawan, Perdana. 2017. Penanaman Karakter Toleransi melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Hizbul Wathan di SD Muhammadiyah Karangkajen. Yogyakarta: PGSD UAD (Diakses pada tanggal 05 November 2019, Sumber: http://digilib.uad.ac.id/penelitian/Penelitian/detail/96532/penanaman-karakter-toleransi-melalui-kegiatan-ekstrakurikuler-hizbul-wathan-di-sd-muhammadiyah-karangkajen)

Kurniawan, Syamsul. 2014. Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Khumairoh, Vina. 2018. Upaya Penanaman Karakter Disiplin dan Kemandirian Peserta didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Hisbul Wathon (HW) di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Ponorogo: PAI IAIN Ponorogo (Diakses pada tanggal 05 November 2019, Sumber: http://etheses.iainponorogo.ac.id/4076/1/VINAA.pdf)

Majelis Diktilitbang dan LPI PP Muhammadiyah. 2010. 1 Abad Muhammadiyah. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mustari, Mohamad. 2014. Nilai Refleksi: Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: Rajawali

Muslich, Mansur. 2014. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nurjanah, Fitri. 2018. Penanaman Karakter Disiplin Melalui Ekstrakurikuler Hizbul Wathan di SD Muhammadiyah Sleman. Yogyakarta: PGSD UAD (Diakses pada tanggal 05 November 2019, Sumber: http://digilib.uad.ac.id/penelitian/Penelitian/detail/103630/penanaman-karakter-disiplin-melalui-ekstrakurikuler-hizbul-wathan-di-sd-muhammadiyah-sleman)

Nurrohman, Alif. 2018. Karakter Kreatif dan Kerja keras dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Surakarta: PGSD UMS (Diakses pada tanggal 05 November 2019, Sumber: http://eprints.ums.ac.id/68939/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf)

Purwanti, Siwi. 2017. Analisis Pelatihan Strategi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Untuk Mewujudkan Sekolah Adiwiyata Bagi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Piyungan. Publikasi Ilmiah. ISBN 978-602-70471-2-9 (Diakses pada tanggal 25 Agustus 2020, Sumber: https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/bitstream/handle/11617/9138/38.pdf?sequence=1&isAllowed=y )

Rahardja B, dan Arifin Z. 2017. Implementasi Pendidikan Karakter Islami pada Kegiatan Ekstrakurikuler “Hizbul Wathan” (Studi Empirik di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017). SUHUF, Vol. 29, No. 2 (Diakses pada tanggal 25 Agustus 2020, Sumber: http://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/5639 )

Samani M, dan Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya

Salim, Ahmad. 2015. Manajemen Pendidikan Karakter di Madrasah (Sebuah Konsep dan Penerapannya). TARBAWI, Vol. 1 No. 02 (Diakses pada tanggal 25 Agustus 2020, Sumber: https://www.neliti.com/publications/256501/manajemen-pendidikan-karakter-di-madrasah)
Subini, Nini. 2012. Awas, Jangan Jadi Guru Karbitan: kesalahan-kesalahan guru dalam pendidikan dan pembelajaran. Yogyakarta: Javalitera

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Supriyadi. 2018. Penguatan Karakter Bangsa pada Masyarakat Multikultural dalam Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol. 1 No. 1 (Diakses pada tanggal 26 Agustus 2020, Sumber: http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article)

Wahyuni dan Mustadi. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Collaborative Learning Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Karakter Kreatif Dan Bersahabat. Jurnal Pendidikan Karakter. Vol. VI No. 2 (Diakses pada tanggal 30 Oktober 2019, Sumber: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/12056/8601)

Wibowo, Agus. 2013. Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Wiyani, Novan Ardy. 2013. Membumikan Pendidikan Karakter di SD; Konsep, Praktik, dan Strategi. Jakarta: Ar-Ruzz Media

Wiyani, Novan Ardy. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa. Yogyakarta: Teras

Yuliana, Devi. 2018. Penanaman Karakter Kedisiplinan Dan Kemandirian Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Hizbul Wathan Peserta didik Kelas IV di SD Muhammadiyah 3 Nusukan Surakarta. Surakarta: PGSD UMS. (Diakses pada tanggal 05 November 2019, Sumber: http://eprints.ums.ac.id/68487/11/Naskah%20Publikasi.pdf )

Zubaedi. 2012. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Dunia Pendidikan. Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2020-07-25

How to Cite

Wulandari, M. F., & Hidayah, N. (2020). PEMBENTUKAN KARAKTER KREATIF MELALUI EKSTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN DI SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN II YOGYAKARTA. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 3(2), 195–209. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i2.2830

Issue

Section

Articles