IMPLEMENTASI PENGUATAN KARAKTER NILAI INTEGRITAS MELALUI BUKU KEGIATAN HARIAN SISWA SD MUHAMMADIYAH KADISOKA YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i2.2763Keywords:
Karakter, Integritas, Buku Kegiatan, Sekolah DasarAbstract
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakter kejujuran dan tanggung jawab dari siswa melalui buku kegiatan harian dan upaya pihak sekolah dan orang tua dalam meningkatkan penguatan karakter jujur dan tanggung jawab melalui buku kegiatan harian. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Kadisoka Yogyakarta dengan subjek penelitian kepala sekolah, wakil kurikulum, guru kelas, orang tua siswa, serta siswa kelas rendah yakni siswa kelas III dan siswa kelas tinggi yaitu siswa kelas V SD Muhammadiyah Kadisoka. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah implementasi penguatan karakter nilai integritas jujur dan tanggung jawab dilakukan dengan cara pengumpulan buku kegiatan harian di pagi hari kemudian guru kelas mengecek buku tersebut. Guru mengecek isi nya dan jumlah buku kegiatan harian yang dikumpulkan siswa. Guru memberi peraturan serta sanksi mengenai buku kegiatan harian yang disepakati bersama oleh siswa. Orang tua memantau aktivitas anak selama di rumah ketika menuliskan buku kegiatan harian. Untuk membuat siswa jujur dan bertanggung jawab akan buku kegiatan harian maka guru dan orang tua memiliki berbagai upaya/strategi untuk meningkatkan karakter tersebut dari yang memberi hadiah hingga sanksi tegas.
References
Amirullah dan Arbain. 2014. Pendidikan Anti Korupsi Konsep Strategi dan Impelementasi Pendidikan Anti Korupsi di Sekolah/Madrasah. Bandung: Alfabeta.
Damayanti, D. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Yogyakarta: Aras.
Daryanto. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Dharma, K., Cepi, T., dan Johar, P. 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Gunawan, H. 2012. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Moleong, J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mustarri, M. 2014. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: PT: Raja Grafindo Persada.
Mutiah, D. 2015. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.
Shochib, M. 2014. Pola Asuh Orang Tua. Jakarta: Rineka Cipta.
Sriwilujeng, D. 2017. Panduan Implementasi Pendidikan Karakter. Jakarta: Esensi Erlangga Group.
Yusuf, S. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.