IMPLEMENTASI PENGUATAN KARAKTER NILAI INTEGRITAS MELALUI BUKU KEGIATAN HARIAN SISWA SD MUHAMMADIYAH KADISOKA YOGYAKARTA

Authors

  • Ardisa Pangestu Nur Waskito Universitas Ahmad Dahlan
  • Suyitno Suyitno Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i2.2763

Keywords:

Karakter, Integritas, Buku Kegiatan, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakter kejujuran dan tanggung jawab dari siswa melalui buku kegiatan harian dan upaya pihak sekolah dan orang tua dalam meningkatkan penguatan karakter jujur dan tanggung jawab melalui buku kegiatan harian. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Kadisoka Yogyakarta dengan subjek penelitian kepala sekolah, wakil kurikulum, guru kelas, orang tua siswa, serta siswa kelas rendah yakni siswa kelas III dan siswa kelas tinggi yaitu siswa kelas V SD Muhammadiyah Kadisoka. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah implementasi penguatan karakter nilai integritas jujur dan tanggung jawab dilakukan dengan cara pengumpulan buku kegiatan harian di pagi hari kemudian guru kelas mengecek buku tersebut. Guru mengecek isi nya dan jumlah buku kegiatan harian yang dikumpulkan siswa. Guru memberi peraturan serta sanksi mengenai buku kegiatan harian yang disepakati bersama oleh siswa. Orang tua memantau aktivitas anak selama di rumah ketika menuliskan buku kegiatan harian. Untuk membuat siswa jujur dan bertanggung jawab akan buku kegiatan harian maka guru dan orang tua memiliki berbagai upaya/strategi untuk meningkatkan karakter tersebut dari yang memberi hadiah hingga sanksi tegas.

References

Widodo, H . 2019. “Penguatan Pendidikan Karakter di SD Muhammadiyah Macanan Sleman Yogyakarta”. Jurnal Lentera Pendidikan, Volume 22 No. 1 Hal 48.
Amirullah dan Arbain. 2014. Pendidikan Anti Korupsi Konsep Strategi dan Impelementasi Pendidikan Anti Korupsi di Sekolah/Madrasah. Bandung: Alfabeta.
Damayanti, D. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Yogyakarta: Aras.
Daryanto. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Dharma, K., Cepi, T., dan Johar, P. 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Gunawan, H. 2012. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Moleong, J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mustarri, M. 2014. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: PT: Raja Grafindo Persada.
Mutiah, D. 2015. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.
Shochib, M. 2014. Pola Asuh Orang Tua. Jakarta: Rineka Cipta.
Sriwilujeng, D. 2017. Panduan Implementasi Pendidikan Karakter. Jakarta: Esensi Erlangga Group.
Yusuf, S. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2020-07-27

How to Cite

Nur Waskito, A. P., & Suyitno, S. (2020). IMPLEMENTASI PENGUATAN KARAKTER NILAI INTEGRITAS MELALUI BUKU KEGIATAN HARIAN SISWA SD MUHAMMADIYAH KADISOKA YOGYAKARTA. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 3(2), 127–138. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i2.2763

Issue

Section

Articles