PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK TEMA 1 DIRIKU SUBTEMA 2 TUBUHKU UNTUK PESERTA DIDIK KELAS 1 SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i2.2706Keywords:
Media Busy Book, Elementary SchoolAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan dan kualitas media busy book pada materi tema 1 diriku subtema 2 tubuhku. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D) dan menggunakan model pengembangan Borg and Gall dengan langkah-langkah 7 tahap, yaitu 1) Research and Information collecting, 2) Planning, 3) Develop Premilinary Form Product, 4) Preliminary Field Testing, 5) Main Product Revision, 6) Main Field Testing, 7) Operational Product Revision. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 6 peserta didik kelas I Sekolah Dasar dari sekolah yang berbeda-beda dan guru SD N Kejambon 2. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media busy book layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan hasil penilaian dari validasi ahli media mendapatkan skor 4,3 kategori sangat baik, validasi ahli materi mendapatkan skor 4 kategori baik, validasi ahli pembelajaran mendapatkan skor 4 kategori baik. Hasil respon peserta didik pada uji coba produk kelompok kecil mendapatkan skor 95% kategori sangat baik dan hasil respon guru mendapat skor 4,7 kategori sangat baik. Peserta didik dan guru memberikan respon bahwa media busy book menarik perhatian sehingga belajar menggunakan media busy book menyenangkan serta media busy book membantu guru dalam menyampaikan materi karena media tersebut sesuai dengan perkembangan anak.References
Arsyad, A. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
__________. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Fitrianawati, M. dan Kurniawan, M. R. 2020. Peningkatan Kompetensi dan Produktivitas Guru Sekolah Dasar melalui Pelatihan Karya Ilmiah. Jurnal Abdimas Dewantara. Volume 3 No. 1. Hal 45 – 46.
Gall Meredith, dkk. 1983. Educational Research An Introduction. America: United States Of America.
Hidayah N. 2015. Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. Jurnal Terampil Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Volume 2 No. 1. Hal 34 - 49.
Indriana, D. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: DIVA Pers.
Indriani, F. 2015. Kompetensi Pedagogik Mahasiswa dalam Mengelola Pembelajaran Tematik Integratif Kurikulum 2013 pada Pembelajaan Micro di PGSD UAD Yogyakarta. Profesi Pendidikan Dasar. Volume 2 No. Hal. 8797.
Karinapasa, A. dan Sumarno, A. 2018. Pengembangan Media 3 Dimensi Pada Tema Alat Transportasi Sub Tema Macam – Macam Transportasi Di TK Kelompok A Kartika IV-92 Surabaya. Jurnal Teknologi Pendidikan. Volume 9 No. 2. Hal 3.
Majid, A. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mei Fita Asri Untari, at al. 2018. Pengembangan Media Quite Book Untuk Pembelajaran Tematik Keluargaku Sekolah Dasar Kelas 1. Jurnal Riset dan Konseptual. Volume 2 No.4. Hal 377.
Mufliharsi, R. 2017. Pemanfaatan Busy Book Pada Kosakata Anak Usia Dini Di Paud Swadaya PKK. Jurnal Pendidikan. Volume 5 No. 2. Hal 150.
Sanaky, H. 2013. Media Pembelajaran Interaktif – Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Ulfah A & Elva R. 2017. Pembuatan dan Pemanfaatan Busy Book Dalam Mempercepat Kemampuan Membaca Untuk Anak Usia Dini Di PAUD Budi Luhur Padang. Jurnal Informasi Perpustakaan dan Kearsipan. Volume 6 No. 1. Hal 30-35.
Utami I. 2018. Pengembangan Media Busy Book Materi Aturan Dalam Keluarga. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 7 No. 32. Hal 187 – 191.
Wangid, Muhammad N, dkk. 2014. Kesiapan Guru SD dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Integratif pada Kurikulum 2013 di DIY. Jurnal Prima Edukasia. Volume 2 No. 2. Hal 175-182.
Widoyoko, S. 2017. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.