PENGGUNAAN WEBSITE QUIZIZZ UNTUK MENGEVALUASI HASIL BELAJAR CALON GURU SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i2.2672Keywords:
Website, Evaluasi Perkuliahan, KuisAbstract
Pandemi Covid-19 memiliki dampak yang cukup berarti di dunia pendidikan Indonesia saat ini. Siswa baik dari tingkat usia dini hingga tinggi (universitas) harus mengalami perubahan dalam sistem dan model pembelajaran. Tuntutan perubahan tidak hanya dirasakan oleh siswa namun juga oleh guru. Guru harus memenuhi tuntutan pembelajaran jarak jauh. Hal in juga berimbas pada penggunaan sarana yang tepat dalam mengevaluasi hasil belajar siswa. Website Quizizz menjadi salah satu sarana guru dalam melakukan evaluasi. Meskipun begitu, belum diketahui apakah Quizizz merupakan sarana yang tepat untuk melakukan evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan Quizizz sebagai sarana evaluasi. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Terdapat kelas kontrol dan eksperimen yang masing-masing memiliki sampel sebanyak 37 mahasiswa PGSD. Data didapatkan dalam bentuk skor hasil tes yang akan dianalisis menggunakan independent t-test untuk mengetahui apakah kedua kelompok data memiliki perbedaan rata-rata yang signifikan atau tidak. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan website Quizizz kurang efektif sebagai sarana evaluasi hasil belajar.References
Berizzi, G., Di Barbora, E., & Vulcani, M. (2017). Metacognition in the e-Learning environment: A successful proposition for inclusive education. Journal of E-Learning and Knowledge Society, 13(3), 47–57. https://doi.org/10.20368/1971-8829/1381
Bradley, S. L., Tieman, J. J., Woodman, R. J., & Phillips, P. A. (2017). Which online format is most effective for assisting Baby Boomers to complete advance directives ? A randomised controlled trial of email prompting versus online education module. BMC Palliative Care, 16(43), 1–9. https://doi.org/10.1186/s12904-017-0225-9
Darmaningrat, E. W. T., Ali, A. H. N., Wibowo, R. P., & Astuti, H. M. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Digital Learning untuk Pembelajaran Pengayaan di Sekolah Menengah Kota Surabaya. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, November, 86–96.
Feberova, J., Dostalova, T., Polaskova, A., & Sedlova, M. (2013). Web-Based Interactive Learning Programs for Dentistry Concept and Its Evaluation. Journal of Mafanet, 1(1), 5–10.
Gunawan, Suranti, N. M. Y., & Fathoroni. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61–70. https://doi.org/http://orcid.org/0000-0001-8546-0150
Hidayati, V. R., Wulandari, N. P., Maulyda, M. A., Erfan, M., & Rosyidah, A. N. K. (2020). Literasi Matematika Calon Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah PISA Konten Shape & Space. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(3), 1–10.
Jabusch, H. C. (2016). Setting the stage for self-regulated learning instruction and metacognition instruction in musical practice. Frontiers in Psychology, 7(8), 1–4. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.01319
Kefalis, C., & Drigas, A. (2019). Web Based and Online Applications in STEM Education. International Journal of Engineering Pedagogy, 9(4), 76–85.
Kustandi, C., Fadhillah, D. N., & Situmorang, R. (2020). VR Use in Online Learning for Higher Education in Indonesia. International Journal of Instruction, 14(14), 31–47.
Maulyda, M A, Annizar, A. M., Hidayati, V. R., & Mukhlis, M. (2020). Analysis of students’ verbal and written mathematical communication error in solving word problem. Journal of Physics: Conference Series, 1538, 012083. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1538/1/012083
Maulyda, Mohammad Archi, Radiusman, R., Erfan, M., Darmiany, D., & Asrin, A. (2020). The effectiveness of the use lecture journal books in improving learning outcome of PGSD student’s. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 1. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.5183
Nesbit, J. C., & Leacock, T. L. (2019). Web-Based Tools for Collaborative Evaluation of Learning Resources. SYSTEMICS, CYBERNETICS AND INFORMATICS VOLUME, 3(5), 102–112.
Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran quizizz pada mata kuliah kimia fisika i. JDP, 12(1), 29–39.
Radha, R., Mahalakshmi, K., Kumar, V. S., & Saravanakumar, A. R. (2020). E-Learning during Lockdown of Covid-19 Pandemic: A Global Perspective. International Journal of Control and Automation, 13(4), 1088–1099.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.