PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING YERHADAP PEMECAHAN SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI KOTAGEDE III

Authors

  • Eryand Ryan Lamas Universitas Ahmad Dahlan
  • Asih Mardati Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i2.2528

Keywords:

Soal Cerita, Matematika, Discovery Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penerapan model discovery learning pada pemecahan soal cerita Matematika; 2) mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap soal cerita Matematika.

Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitian ini adalah quasi experimental. Menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Rancangan penelitian menggunakan non-equivalent control group design. Instrument yang digunakan adalah soal pretest dan posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelompok kelompok eksperimen dan kelas VB sebagai kelompok kontrol SD Negeri Kotagede III. Teknik analisis data menggunakan uji independent t-test

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, menunjukan bahwa model discovery learning dengan menggunakan uji independent t-test kelas eksperimen memperoleh hasil signifikansi 0,000Ë‚0,05 maka Ha diterima dan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berpengaruh terhadap pemecahan soal cerita Matematika.

References

Anggo, M. (2011). Pelibatan Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematika. Edumatica, Vol 1 No 1 Hal 25-32.
Cintia, N. I; Kristin, F; Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Mingkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. PERSEPEKTIF Ilmu Pendidikan, Vol 32 No 1 Hal 69-77.
Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Maematika yang Bermakna. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 2 No 3 Hal 181-190.
Heruman. (2013). Model pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ixganda, O; Suwahyo. (2015). Analisis Deskriptif Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran Chassis dan Pemindah Daya Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, Vol 15 No 2 Hal 103-108.
Mubarok, C. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TAV Pada Standar kompetensi Melakukan Instalasi Sound System di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol 3 No 1 Hal 215-221.
Putra, F. G. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dengan Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Keislaman terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 7 No 2 Hal 203-210.
Sundari, H. (2015). Model-Model Pembelajaran dan Memperoleh Bahasa Kedua/Asing. Jurnal Pujangga, Vol 1 No 2 Hal 106-117.

Downloads

Published

2020-10-28

How to Cite

Lamas, E. R., & Mardati, A. (2020). PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING YERHADAP PEMECAHAN SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI KOTAGEDE III. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 3(2), 188–194. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i2.2528

Issue

Section

Articles