PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING YERHADAP PEMECAHAN SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI KOTAGEDE III
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i2.2528Keywords:
Soal Cerita, Matematika, Discovery LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penerapan model discovery learning pada pemecahan soal cerita Matematika; 2) mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap soal cerita Matematika.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitian ini adalah quasi experimental. Menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Rancangan penelitian menggunakan non-equivalent control group design. Instrument yang digunakan adalah soal pretest dan posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelompok kelompok eksperimen dan kelas VB sebagai kelompok kontrol SD Negeri Kotagede III. Teknik analisis data menggunakan uji independent t-test
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, menunjukan bahwa model discovery learning dengan menggunakan uji independent t-test kelas eksperimen memperoleh hasil signifikansi 0,000Ë‚0,05 maka Ha diterima dan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berpengaruh terhadap pemecahan soal cerita Matematika.
References
Cintia, N. I; Kristin, F; Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Mingkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. PERSEPEKTIF Ilmu Pendidikan, Vol 32 No 1 Hal 69-77.
Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Maematika yang Bermakna. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 2 No 3 Hal 181-190.
Heruman. (2013). Model pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ixganda, O; Suwahyo. (2015). Analisis Deskriptif Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran Chassis dan Pemindah Daya Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, Vol 15 No 2 Hal 103-108.
Mubarok, C. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TAV Pada Standar kompetensi Melakukan Instalasi Sound System di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol 3 No 1 Hal 215-221.
Putra, F. G. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dengan Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Keislaman terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 7 No 2 Hal 203-210.
Sundari, H. (2015). Model-Model Pembelajaran dan Memperoleh Bahasa Kedua/Asing. Jurnal Pujangga, Vol 1 No 2 Hal 106-117.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.