IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA DI SD UNGGULAN AISYIYAH BANTUL YOGYAKARTA

Kongidatun Tri Fauziah, Nur Hidayah

Abstract


Penelitian ini bertujuan 1) Mendeskripsikan implementasi penanaman nilai karakter peduli lingkungan pada siswa. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi penanaman nilai karakter peduli lingkungan pada siswa di SD Unggulan Aisyiyah Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru penanggung jawab program GeMeS, guru kelas dan siswa kelas IV yang berjumlah 10 siswa. Objek penelitian ini adalah implementasi penanaman nilai karakter peduli lingkungan pada siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan Model Miles dan Huberman yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsan data dilakukan dengan triangulasi sumber, dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi penanaman nilai karakter peduli lingkungan pada siswa di SD Unggulan Aisyiyah Bantul sudah dapat berjalan dengan baik karena sudah mampu menerapkan indikator yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional yaitu pembiasaan memelihara kebersihan dan  kelestarian lingkungan, tersedia tempat pembuangan sampah, tempat cuci tangan, kamar mandi, pembiasaan hemat energi, melakukan pembiasaan memisahkan jenis sampah organik anorganik, menyediakan peralatan kebersihan, membuat tandon penyimpanan air, dan memogramkan cinta bersih lingkungan. Sedangkan faktor penghambat terdapat pada biaya sedangkan faktor pendukung terdapat pada semangat semua warga sekolah dan fasilitas yang ada disekolah.

 

 


Keywords


Implementasi, Karakter Peduli Lingkungan, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Azzet, A. M. (2016). Urgensi Pendidikan Karakter Di Indonesia. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Kurniawan, S. (2017). Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Pusat Kurikulum.

Almanshur, D. G. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

J.Moleong, L. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i1.1498

Copyright (c) 2020 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


JURNAL FUNDADIKDAS
ISSN: 2614-1620 (Online)


Published by Universitas Ahmad Dahlan and Indexed by

  

View My Fundadikdas