DESKRIPSI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KECEPATAN DAN DEBIT

Authors

  • Theresia Avila Pontus Universitas Negeri Semarang
  • Wiwi Isnaedi UNNES
  • Ellianawati Ellianawati Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i1.1445

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal kecepatan dan debit. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan bentuk penelitian survey. Subjek penelitian ini adalah 34 siswa kelas V SDN Petompon 02. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk essay. Hasil analisis data menunjukan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa rendah.

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. USA: The National Council of Teacher Mathematics inc
Nuriana rachmani dewi, Masrukan. 2018. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Program Magister” Prisma: Prosiding Seminar Nasional Matematika.
Raharjo dan Astuti. 2011. Pembelajaran Soal Ceritera Operasi Hitung CAmpuran di Sekolah Dasar. www.p4tkmatematika.org, diakses 18 november 2019.
Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tingi Departemen Pendidikan Nasional.

Downloads

Additional Files

Published

2022-06-23

How to Cite

Pontus, T. A., Isnaedi, W., & Ellianawati, E. (2022). DESKRIPSI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KECEPATAN DAN DEBIT. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 3(1), 1–8. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i1.1445

Issue

Section

Articles