DESKRIPSI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KECEPATAN DAN DEBIT

Theresia Avila Pontus, Wiwi Isnaedi, Ellianawati Ellianawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal kecepatan dan debit. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan bentuk penelitian survey. Subjek penelitian ini adalah 34 siswa kelas V SDN Petompon 02. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk essay. Hasil analisis data menunjukan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa rendah.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. USA: The National Council of Teacher Mathematics inc

Nuriana rachmani dewi, Masrukan. 2018. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Program Magister” Prisma: Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Raharjo dan Astuti. 2011. Pembelajaran Soal Ceritera Operasi Hitung CAmpuran di Sekolah Dasar. www.p4tkmatematika.org, diakses 18 november 2019.

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tingi Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i1.1445

Copyright (c) 2020 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


JURNAL FUNDADIKDAS
ISSN: 2614-1620 (Online)


Published by Universitas Ahmad Dahlan and Indexed by

  

View My Fundadikdas