Analisis media relations dinas Kominfo kabupaten Ponorogo (studi tentang kesesuaian isi press release pemberitaan Covid-19 di Ponorogo pada media massa )

Authors

  • Rama Agusti Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Ayub Dwi Anggoro Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.12928/commicast.v2i2.3405

Abstract

Dinas Kominfo Ponorogo merupakan bagian dari pemerintahan yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada publik. Dengan adanya krisis pandemi covid-19 ini maka media relations perlu digunkanan oleh Diskominfo Ponorogo sebagai salah satu upaya dalam memberikan informasi serta ketenangan pada masyarakat penelitian ini bertujuan unutuk membandingakan kesesuaian isi antara press release yang digunkana Diskominfo Ponorogo terkait media relations dengan pemberitaan media massa ( Jatimnow dan Solopos ) terkait kasus Covid – 19 fokus pemberitaan kasus Pondok pesantren Gontor Dua. Maka metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan dua teori yaitu media relations dan analisis akurasi dan nilai berita. Temuan menyatakan jika isi penulisan press release dan isi dalam berita memiliki persamaan dalam konteks isi informasi akan tetapi terdpat perbedaan dalam aktualisasi press release dan berita.

References

Akhyani, I. (2020). Integrated marketing communication “Gadis modis” sebagai usaha mikro kecil dan menengah dalam meningkatkan loyalitas konsumen. COMMICAST, 1(1), 10. https://doi.org/10.12928/commicast.v1i1.2411
Cohen, P., & Benvenga, L. (2019). Subcultural conflict and working-class community. Studi Culturali. https://doi.org/10.1405/94686
Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penenlitian Ilmu Komunikasi dan ilmu-ilmu sosial lainnya. In Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penenlitian Ilmu Komunikasi dan ilmu-ilmu sosial lainnya.
Fajri, C. (2020). Teacher’s emphatic communication to improve learning motivation of special needs students. International Journal of Communication and Society, 2(1), 41–46. https://doi.org/10.31763/ijcs.v2i1.77
Faradies, H. I. (2020). Strategi komunikasi city branding pemerintah kota Pekalongan dalam mempromosikan world’s city of Batik. COMMICAST, 1(1), 20. https://doi.org/10.12928/commicast.v1i1.2413
Groh, F. (2012). Research Trends in Media Informatics. Research Trends in Media Informatics.
Handiyani, P., & Hermawan, A. (2017). Kredibilitas Portal Berita Online Dalam Pemberitaan Peristiwa Bom Sarinah Tahun 2016 (Analisis Isi Portal Berita Detik.com dan Kompas.com Periode 14 Januari- 14 Februari 2016). Jurnal Komunikasi. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol12.iss1.art4
Hawali, B. G. M., & Cyrielle, D. (2020). Review of mass media effect in inter-cultural communication. International Journal of Communication and Society, 2(2), 94–101. https://doi.org/10.31763/ijcs.v2i2.153
Luhuringbudi, T., Syamsuddin, M. D., & Hakim, S. A. (2019). Activists communication dynamics for mobilization of minority politics in europe. International Journal of Communication and Society, 1(2), 43–57. https://doi.org/10.31763/ijcs.v1i2.50
Maha Rani, N. L. R. (2013). Persepsi Jurnalis dan Praktisi Humas terhadap Nilai Berita. Jurnal ILMU KOMUNIKASI. https://doi.org/10.24002/jik.v10i1.155
Moleong, L. (2006). Metodologi penelitian. Kualitalif Sasial.
Paramitha, A. (2020). Komunikasi efektif komunitas rumah baca dalam meningkatkan minat baca pada anak-anak di dusun Kanoman. COMMICAST, 1(1), 1. https://doi.org/10.12928/commicast.v1i1.2408
Putra, F. D., & Smolek, S. (2020). Peace language and conflict resolution in harmony communication. International Journal of Communication and Society, 2(2), 86–93. https://doi.org/10.31763/ijcs.v2i2.134
Zhao, J., Chen, C., & Zhao, L. (2020). The spread characteristics of music videos relating to COVID-19 in China online video platforms. International Journal of Communication and Society, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.31763/ijcs.v2i1.94
Zinaida, R. S., Sunarto, S., & Sunuantari, M. (2020). City branding of Palembang: understanding cultural identification through logo and tagline. International Journal of Communication and Society, 2(1), 30–40. https://doi.org/10.31763/ijcs.v2i1.106

Downloads

Published

2021-02-05

How to Cite

Agusti, R., & Anggoro, A. D. (2021). Analisis media relations dinas Kominfo kabupaten Ponorogo (studi tentang kesesuaian isi press release pemberitaan Covid-19 di Ponorogo pada media massa ). COMMICAST, 2(2), 133–138. https://doi.org/10.12928/commicast.v2i2.3405

Issue

Section

Articles