Konvergensi media pada perkembangan radio komersial di Yogyakarta (studi kasus pada radio Geronimo FM dan radio Swaragama FM)

Authors

  • Fitriana Nur Annisa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/commicast.v2i2.3350

Abstract

Perkembangan teknologi memungkinkan media konvensional khususnya media penyiaran televisi dan radio yang bersifat satu waktu dapat berubah bersifat multi-channel yang juga merupakan bagian dari sifat konvergensi media. Konvergensi media merupakan salah satu perkembangan media massa yang banyak melibatkan faktor teknologi dalam prosesnya. Kehadiran internet membuat media konvensional menerapkan konsep konvergensi media yang memunculkan tren seperti munculnya e-paper, e-book, radio streaming, dan media sosial. Dalam penelitian ini, penulis memfokuskan pada bagaimana radio sebagai media tradisional dapat terus berkembang dengan menerapkan konvergensi media. Garis besar tulisan ini membahas radio yang mulai berkolaborasi dengan media baru dan pengaruhnya terhadap perkembangan Radio Geronimo FM dan Radio Swaragama FM di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi dengan pihak internal Radio Geronimo FM dan Radio Swaragama FM. Hasil dari penelitian ini adalah kedua radio sudah sangat memaksimalkan konvergensi media dengan baik yang dibuktikan dengan perluasan jangkauan pendengar, memperbesar kesempatan pengiklan dengan media sosial, dan perluasan ekonomi mengacu konglomerasi ekonomi.

References

Baade, C. (2015). Radio. In The Routledge Reader on the Sociology of Music. https://doi.org/10.4324/9780203736319-34
C. Sprapti Dwi Takariani, S. (2009). Jurnal penelitian komunikasi. Ilmu Komunikasi.
Cordeiro, G. Í. (2013). Etnografía. Arxiu d’Etnografia de Catalunya. https://doi.org/10.17345/aec13.300-304
Fadillah, D. (2019). DINAMIKA KOMUNIKASI ORGANISASI MUHAMMADIYAH DIY DAN PENCALONAN SENATOR DPD RI DALAM TINJAUAN TEORI KEPRIBADIAN KELOMPOK RAYMOND CATTELL. MEDIAKOM : Jurnal Ilmu Komunikasi, 03(01), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32528/mdk.v3i1
Fadillah, D., Zhenglin, L., & Hao, D. (2019). Social Media and General Elections in Malaysia 2018 and Indonesia 2019. Jurnal Komunikasi ISKI, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.25008/jkiski.v4i1.255
Gunawan, I. (2016). Metode Penelitian Kualitattif. Pendidikan.
Hamna, D. (2017). EKSISTENSI JURNALISME DI ERA MEDIA SOSIAL. Jurnal Jurnalisa. https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v3i1.3090
Herdiansyah, H. (2010). Metodologi penelitian kualitatif untuk ilmu-ilmu sosial. In Jakarta: Salemba Humanika.
Jandevi, U. (2019a). Communication strategy to improve women’s political participation in Indonesia. International Journal of Communication and Society, 1(2), 68–81. https://doi.org/10.31763/ijcs.v1i2.46
Jandevi, U. (2019b). New media for increasing political participation in Indonesia. International Journal of Communication and Society, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.31763/ijcs.v1i1.19
Jaya, K. (2019). Venezuela’s communication dynamics in rejection of humanitarian assistance from United States of America. International Journal of Communication and Society, 1(1), 26–33. https://doi.org/10.31763/ijcs.v1i1.5
King, G. R. D. (1991). Cresswell Research Design. Muqarnas.
Meersohn, C. (2005). Introducción a Teun Van Dijk: Análisis de Discurso. Cinta de Moebio.
Moleong, L. (2006). Metodologi penelitian. Kualitalif Sasial.
Nursam, N. (2017). Manajemen Kinerja. Kelola: Journal of Islamic Education Management. https://doi.org/10.24256/kelola.v2i2.438
Pujileksono, S. (2009). Masalah-Masalah Di Penjara Dalam Studi Sosial. Jurnal Salam.
Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif. In Вестник Росздравнадзора.
Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. Journal Equilibrium.
Schramm, G. (1994). A Practical Approach to Rheology and Rheometry. Rheology.
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Ulfah, M., & Barry, A. (2019). Indonesia Leader Forum, post-truth and political interests in social media and television. International Journal of Communication and Society, 1(1), 17–25. https://doi.org/10.31763/ijcs.v1i1.18
Winarno, B. (2012). Kebijakan Publik (Teori, Proses, dan Studi Kasus). Caps.

Downloads

Published

2021-02-05

How to Cite

Annisa, F. N. (2021). Konvergensi media pada perkembangan radio komersial di Yogyakarta (studi kasus pada radio Geronimo FM dan radio Swaragama FM). COMMICAST, 2(2), 90–97. https://doi.org/10.12928/commicast.v2i2.3350

Issue

Section

Articles