Analisis manajemen event Reyog Jazz sebagai salah satu strategi komunikasi pemasaran budaya dan wisata Kabupaten Ponorogo

Authors

  • Fatika Bella Ayunda Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Krisna Megantari Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.12928/commicast.v2i2.3347

Abstract

Pemerintah Kabupaten Ponorogo sedang melakukan upaya untuk memasarkan atau mengembangkan potensi yang ada di Ponorogo agar dikenal oleh masyarakat dari lokal, nasional maupun internasional. Salah satunya dengan menggunakan acara, seperti acara Reyog Jazz yang dibuat sebagai strategi komunikasi pemasaran budaya dan wisata Kabupaten Ponorogo. Maka dari itu untuk melaksanakan acara Reyog Jazz dibutuhkan pengorganisasian dari awal sampai akhir yang disebut dengan manajemen acara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana permasalahan yang sistematis dan berdasarkan data yang diperoleh melalui observasi langsung atau wawancara kepada pihak-pihak yang dirasa kompeten untuk menjawab permasalahan yang ada, seperti Bapak Agus Setiawan Basuni selaku Founder WartaJazz, Ibu Farida Nuraini, S .Sos., MM dan Bapak Franky Andrias.M selaku Dinas Pariwisata Kabupaten Ponorogo, Relawan, serta beberapa pengunjung yang mentonton acara Reyog Jazz. Untuk menjawab permasalahan yang ada maka teori yang digunakan manajemen acara milik Goldblatt yang terdiri dari Penelitian, Desain, Perencanaan, Koordinasi, Evaluasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bagaimana tim Reyog Jazz merencanakan acara sampai dengan penerapannya. Dan jika dilihat, tim Reyog Jazz sudah menerapkan acara manajemen dengan cukup baik meskipun pada implementasinya masih terdapat beberapa evaluasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bagaimana tim Reyog Jazz merencanakan acara sampai dengan penerapannya. Dan jika dilihat, tim Reyog Jazz sudah menerapkan acara manajemen dengan cukup baik meskipun pada implementasinya masih terdapat beberapa evaluasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bagaimana tim Reyog Jazz merencanakan acara sampai dengan penerapannya. Dan jika dilihat, tim Reyog Jazz sudah menerapkan acara manajemen dengan cukup baik meskipun pada implementasinya masih terdapat beberapa evaluasi.

References

Any, N. (2009). Manajemen Event. Bandung: Alfabeta.
Effendy, O. U. (2007). Ilmu,Teori, dailsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Hedynata, M. L., & Radianto, W. E. (2016). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Luscious Chocolate Potato Snack. Jurnal Manajemen dan Star Up Bisnis, 87-96.
Kriyantono, R. (2012). Teknik Praktis Riset Komunikasi : Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Ndraha, T. (2005). Teori Budaya Organisasi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Prayogi, R., & Danial, E. (2016). Pergeseran Nilai-Nilai Budaya Pada Suku Bonai Sebagai Civic Culture Di Kecamatan Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Jurnal Humanika, 61-79.
Prisgunanto, I. (2006). Komunikasi Pemasaran: Strategi dan Taktik. Bogor: GhaliaIndonesia.
Pudjiastuti, W. (2010). Special Event. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Jandevi, U. (2019a). Communication strategy to improve women’s political participation in Indonesia. International Journal of Communication and Society, 1(2), 68–81. https://doi.org/10.31763/ijcs.v1i2.46
Jandevi, U. (2019b). New media for increasing political participation in Indonesia. International Journal of Communication and Society, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.31763/ijcs.v1i1.19
Lotan, F. F. (2019). Making a positive internet through Socmed Agawe Guyub. International Journal of Communication and Society, 1(1), 9–16. https://doi.org/10.31763/ijcs.v1i1.22
Nurislamia, F., & Asriya, E. S. (2019). International communication dynamics of American intervention efforts to democratize in the arab spring through forward strategy for freedom in the middle east. International Journal of Communication and Society, 1(2), 82–88. https://doi.org/10.31763/ijcs.v1i2.37
Putra, F. D., & Smolek, S. (2020). Peace language and conflict resolution in harmony communication. International Journal of Communication and Society, 2(2), 86–93. https://doi.org/10.31763/ijcs.v2i2.134
Sintawati, W. (2019). Computer mediated communication for construction-supported constructivism in communication and cultural learning. International Journal of Communication and Society, 1(1), 34–42. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31763/ijcs.v1i1.29
Soedarso, Nurif, M., & Windiani. (2014). Potensi dan Kendala Pengembangan Pariwisata Berbasis Kekayaan Alam dengan Pendekatan Marketing Places (Studi Pengembangan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro). Jurnal Sosial Humaniora, 136-149.
Tjiptono, F. (2001). Strategi Pemasaran Edisi Ketiga Cetakan Pertama. Yogyakarta: Andi Offset.

Downloads

Published

2021-02-05

Issue

Section

Articles