Epistemologi Ilmu Asbāb al-Wurūd Hadis

Cabang Ilmu Hadis, Ilmu Asbabul Wurud, Epistemologi, Sejarah Ilmu

Authors

  • Muhammad Alfreda Daib Insan Labib UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.12928/taqaddumi.v2i1.6128

Keywords:

Asbabul Wurud Science, Epistemology, History of Science

Abstract

Hadis Nabi merupakan sumber ajaran islam kedua setelah Alquran. Dalam memahami hadis diperukan adanya Ilmu alat sebagai penunjang kajian hadis agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam menentukan hasil penelitian. Tidak sedikit dari disiplin ilmu yang memiliki penunjang khusus sebagai jembatan untuk mengkajinya. Dalam kajian hadis, ilmu asbabul wurud adalah salah satu contohnya, dimana ilmu ini berperan banyak dalam konsep memahami hadis secara tekstual maupun kontekstual. Namun tidak berhenti disitu, sebelum mengkaji sebuah ilmu alat, alangkah baiknya mengetahui sejarah kemunculan disiplin ilmu tersebut. Ada banyak metode dan pendekatan yang dapat digunakan untuk mengkaji suatu objek, salah satunya adalah pendekatan filsafat. Cabang ilmu ini merupakan salah satu yang paling krusial diantara cabang ilmu lainnya. sebabnya, karena filsafat adalah induk dari segala macam cabang ilmu pengetahuan. Dalam kajian filsafat ada tiga unsur dasar dalam proses kemunculan disiplin ilmu yaitu ontologi, epistemologi, aksiologi. Artikel ini akan mencoba menyajikan sejarah singkat, latar belakang, faktor faktor kemunculan ilmu asbabul wurud, urgensi dan pengaplikasiannya menurut perspektif epistemologi.

Kata Kunci: Ilmu Asbabul Wurud, Epistemologi, Sejarah Ilmu

References

Assuyuti, Jalaluddin. Asbubul wurud al hadis aw al-luma' fii asbab wurud al-hadis. Beirut: Daar Al kutub Al Ilmiyyah , 1984.

Bakhtiar, Amsal. Filsafat Ilmu. 2005: RajaGrafindo Persada, 2005.

Darussamin, Zikri. Kuliah Ilmu Hadis. Yogyakarta: Kalimedia, 2020.

Itr, Nuruddin. Manhaj al-Naqd fi ‘Ulum al-Hadis. Suriah: Daar El-Fikr Dimasyq, 1997.

Louis Ma’luf, Bernard Tottel. Munjid cetakan ketiga. Beirut: Daar- El Masyriq, 2008.

Mustaqim, Abdul. Ilmu Ma'anil Hadits, Paradigma interkoneksi, Berbagai teori dan metode memahami Hadis Nabi. Yogyakarta: Idea Press, 2016.

Qardhawi, Yusuf. Bagaimana memahami hadis nabi terj. Kaifa nata'amalu ma'a As-sunnah An-nabawiyyah. Bandung: Karisma Press, 1993.

—. Sunnah Rasul: Sumber Ilmu pengetahuan dan peradaban terj: Assunnah Masdharan lil ma'rifah wa hadarah. Jakarta: Gema Insani Press, 1998.

Ravertz, Jerome R. Filsafat ilmu: Sejarah Ruang lingkup Bahasan, terj. The Philosophy of Science . Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Rofiah, Khusniati. Studi Ilmu Hadis. Ponorogo: IAIN PO Press, 2018.

Susanto, Ahmad. Filsafat Ilmu: Suatu Kajian dalam dimensi Ontologis, Epistemologis, dan Aksiologis. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011.

Thohhan, Mahmud. Alminhaj Al hadis Fii Mustolah al hadis. Riyadh: Maktabah Al Maarif, 2004.

Ya'qub, Ali Mustafa. Cara Benar Memahami Hadis. Jakarta: Pustaka Firdaus, 2016.

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles