STRATEGI PEMASARAN USAHA KECIL MENENGAH PADA IBU-IBU AISYIAH MUHAMMADIYAH BALI

Authors

  • Tri Budiyanto Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/spekta.v1i1.2649

Keywords:

Pemasaran, pengabdian masyarakat, UMKM

Abstract

Most of the Aisyiah womens in the Muhammadiyah Bali region have side jobs as housewives. Various businesses include Small Medium Enterprises (in Bahasa Indonesia, Usaha Kecil dan Menengah) engaged in grocery stalls, selling cloth, food stalls, furniture businesses, Muslim fashion stores and others. Some of the obstacles faced in developing their businesses include capitalization, management and location determination, as well as the quality of production as well as marketing.The purpose of this service activity is to equip Aisyiah Muhammadiyah Bali women in implementing marketing strategies that are in line with their business and competing in marketing. The benefits of this dedication for Aisyiah's mothers are getting knowledge and understanding related to the marketing field.





References

Anggraeni, F. D., Hardjanto, I., dan Hayat, A. (2013). Pengembangan usaha mikro, kecil, dan menegah (UMKM) melalui fasilitas pihak eksternal dan potensi internal. Jurnal Administrasi Publik, 1(6), 1286–1295.

Bismala, L. (2016). Model Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Efektivitas Usaha Kecil Menengah. Jurnal Enterpreuner Dan Enterpreneurship, 5(1), 19–25.

Diniaty, D., dan Agusrinal. (2014). Perancangan Strategi Pemasaran Pada Produk Perancangan strategi pemasaran pada produk anyaman Pandan. Jurnal Sains, Teknoligi Dan Industri, Vol. 11, N(2), 2.

Hamid, E. S., dan Susilo, Y. S. (2015). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta*. Jurnal Ekonomi Pembangunan: Kajian Masalah Ekonomi Dan Pembangunan, 12(1), 45. https://doi.org/10.23917/jep.v12i1.204

Harsalim, R. R., Sugiharto, D. S., Pemasaran, P. M., Petra, U. K., dan Siwalankerto, J. (2015). Analisis Pengaruh Product quality , proce dan Promotion terhadap purchase intention mobil toyota alphard di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 3(1), 1–11.

Syaifudin, M. (2016). Analisa pengaruh privasi, keamanan dan kepercayaan terhadap niat untuk bertansaksi secara online di OLX.co.id. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1–16.

Yoka Roida, H., Sunarjanto, N. A., dan Jayaprana, W. (2010). Internasionalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) ditinjau dari tipe kepemilikan: studi empiris di jawa timur. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, (2), 158–170.

Downloads

Published

2020-08-24

How to Cite

Budiyanto, T. (2020). STRATEGI PEMASARAN USAHA KECIL MENENGAH PADA IBU-IBU AISYIAH MUHAMMADIYAH BALI. SPEKTA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Teknologi Dan Aplikasi), 1(1), 17–20. https://doi.org/10.12928/spekta.v1i1.2649

Issue

Section

Technology Applications