Storytelling method using big book to improve children's listening skill

Authors

  • Sri Wahyuni Pendidikan Guru PAUD FKIP Universitas Lancang Kuning Pekanbaru
  • Suharni Suharni PG PAUD FKIP Universitas Lancang Kuning
  • Retanida Retanida PG PAUD FKIP Universitas Lancang Kuning

DOI:

https://doi.org/10.26555/jecce.v3i1.1692

Keywords:

big book, listening skills, storytelling method

Abstract

The low of listen ability in children aged 5-6 years is the background of this action research, so this research aims to improve these abilities. One method that has proven to be effective solve that problem is the method of storytelling with a big book. Data on classroom action research was collected using observation techniques and analyzed in quantitative descriptive. This study involved ten students as participants. The result of the study showed that storytelling with a big book can improve the listening skill of 5-6 years old children in PAUD Bintang Mutiara, Pekanbaru. Before applying storytelling method with big book, the participants’ listening skill was categorized as ‘has not been developedâ€. After applying the storytelling method with big book, their listening skill was categorized as “Developed as expected†with a score of 71.67%. The improvement of participants’ listening skill from ‘pre-cycle’ to ‘cycle 1’ was 21%. From cycle I to cycle II, their listening skill was improved by 64%. From pre-cycle to cycle II, the improvement was 89%. Overall, the improvement of listening skills was 75.56%.

References

Anggraeni, D., Hartati, S., & Nurani, Y. (2019). Implementasi metode bercerita dan harga diri dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.224
Aprianti, W., Gunatama, G., & Indriani, M. S. (2016). Analisis fakta dan sarana cerita dalam teks nilai moral fabel siswa Kelas VIII A1 di SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1).
Aprinawati, I. (2017). Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.68
Azizah, E. N. (2018). Pengaruh video cerita ipin dan upin terhadap kemampuan menyimak dan berbicara pada anak Taman Kanak-Kanak Kelompok A Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. https://doi.org/10.19109/ra.v2i2.2845
Falah, F. (2018). Pengembangan media big book berbahasa Jawa babasan Banten bagi anak usia 5-6 tahun (Pengembangan Model di PAUD Taman Yunior, Kota Cilegon, Banten). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v5i2.4698
Guido, D., Morandi, G., Palluzzi, F., & Borroni, B. (2015). Telling the story of frontotemporal dementia by bibliometric analysis. In Journal of Alzheimer’s Disease. https://doi.org/10.3233/JAD-150275
Gusal, L. O. (2017). Nilai-nilai pendidikan dalam cerita rakyat Sulawesi Tenggara karya La Ode Sidu. Jurnal Humanika, 3(15).
Habsari, Z. (2017). Dongeng sebagai pembentuk karakter anak. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi. https://doi.org/10.17977/um008v1i12017p021
Imroatun, I. (2017). Media belajar bigbook bagi pengembangan baca nyaring anak usia dini. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Baca, Tulis, Dan Hitung Tingkat Permulaan Bagi Anak Usia Dini.
Khotijah. (2016). Strategi pengembangan bahasa pada anak usia dini. Elementary.
Kiromi, I. H., & Fauziah, P. Y. (2016). Pengembangan media pembelajaran big book untuk pembentukan karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.5594
Mulyasa, E. (2013). Standar kompetensi dan sertifikasi guru. In Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru.
Ningsih, S. (2013). Peningkatan keterampilan berbicara melalui metode bercerita siswa kelas III SD Negeri 1 Beringin Jaya Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako Online.
Nurhayani, I. (2010). Pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia (Deskriptif analisis di SDN Cimurah I Kecamatan Karangpawitan). Jurnal Fakultas Pendidikan Islam Dan Keguruan Universitas Garut.
Nurlaili, N. (2018). Sumber belajar dan alat permainan untuk pendidikan anak usia dini. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1518
Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman nilai-nilai karakter melalui kegiatan storytelling dengan menggunakan cerita rakyat Sasak pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153–160.
Ridyawati, R. J. (2015). Peningkatan keterampilan menyimak cerita melalui media VCD film kartun. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1).
Septiyani, S., & Kurniah, N. (2017). Pengaruh media big book terhadap kemampuan berbicara pada anak usia dini. Jurnal Potensia.
Setiantono, T. (2012). Penggunaan metode bercerita bagi anak usia dini di PAUD Smart Little Cilame Indah Bandung. Jurnal EMPOWERMENT.
Siska, Y. (2011). Penerapan metode bermain peran (role playing) dalam meningkatkan keterampilan sosial dan keterampilan berbicara anak usia dini. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.31289/jppuma.v1i1.548
Widayati, S., & Simatupang, N. D. (2019). Kegiatan bercerita dengan menggunakan buku cerita sederhana untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak. Preschool (Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini), 1(1).
Yarger, H. R. (2006). Strategic theory for the 21st century : the little book on big strategy. In Strategy.
Yuniati, S., & Rohmadheny, P. S. (2020). Bermain peran: Sebuah metode untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 60-69–69. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.509
Zaman, B., Pd, M., & Eliyawati, H. C. (2010). Media pembelajaran anak usia dini. In Media Pembelajaran Anak Usia Dini.

Downloads

Published

2020-06-05

Issue

Section

Articles