IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ADAPTIF BAGI SISWA SMALB TUNAGRAHITA RINGAN KELAS X DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKART

Authors

  • Widada Widada SLB Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26555/almisbah.v2i1.96

Keywords:

Pembelajaran PAI Adaptif, Anak Tunagrahita Ringan, Terapi Psikologis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan agama islam adaptif bagi siswa SMALB Tunagrahita Ringan kelas X di SLB Negeri pembina Yogyakarta. Hal ini dilatarbelakangi bahwa siswa tunagrahita  memiliki keterbatasan kecerdasan karena mereka rata-rata hanya memiliki IQ antara 55 sampai 70 sehingga mereka tidak dapat disamakan dengan siswa pada umumnya.
Metode Penelitian ini menggunakan kualitatif yaitu mendiskripsikan tentang Implementasi Pendidikan Agama Islam Adaptif bagi siswa SMALB Tunagrahita Ringan Kelas X di SLB Negeri pembina Yogyakarta.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa  pembelajaran PAI untuk anak tunagrahita disesuaikan dengan kemampuan peserta didik atau disebut PAI Adaptif dengan cara: a) Menyederhanakan materi (downgrade) bila  materi PAI yang terlalu sulit. b) Menghindari penyampaian materi PAI secara abtrak, teoristis, dan verbal. c) Penyampaian materi PAI secara kontektual, praktis, mudah, visual, bertahap, berkesinambungan dan berulang-ulang. d) Mengoptimalkan potensi afektif dan psikomotorik dari pada kognitif. e) Pendekatan pembelajaran individual. f) Menggunakan media dan metode yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. g) PAI Adaptif dapat dijadikan terapi psikologis bagi siswa tunagrahita.

References

Abdul Madjid, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: 2012, PT. Remaja Rosdakarya Ofset.
Abdul Madjid dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: 2006, PT. Remaja Rosdakarya Ofset.
Amin, Moh.. Ortopedagogik Anak tunagrahita, Jakarta: 1955, Departemen Pendidikan dan kebudayaan.
Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Astati, Pendidikan dan Pembinaan Karier Penyandang Tunagrahita Dewasa, Jakarta: 1996, Direktorat JendralPendidikan Tinggi Depertemen Pendidikan Dan Kebudayaan
Azzarnuzi, Ta’limulmutallim Tahariqat Ta;allum, Indonesia. http:// ncapponline.info/v/08/ akses hari Selasa, 16 April 2013 pukul 19.00)
Ilyas, Yunahar, Kuliah Akhlaq. Cet. XI, Yogyakarta: LPPI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2007.
Kementerian Agama Republik Indonesia, Al Qur’an Terjemah Per Kata, Jakarta, 2010, PT. Sygma Exaamedia Atkanleema.
Mohammad Efendi,. Pengantar Psikologik Anak Berkelainan, Jakarta: Bumi Aksara 2005.
Mulyono Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta, 1998, PT. Rineka .
Mumpuniarti, Pendekatan Pembelejaran Bagi Anak Hambatan Mental, Yogyakarta, 2007, Kanwa Plubiser. Nana Syaodih Sukmadinatang, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung, 2007. PT. Remaja Rosda Karya.
Nunung Apriyanto, Seluk-Beluk Tunagrahita & Strategi Pembelajarannya, Yogyakarta, 2012, Javalitera.
Naquib Al-Attas,syed Muhammad, Filsafat dan Praktik Peendidikan Islam, Bandung, 2003. Penerbit Mizan.
Smart, Aqila, Anak Cacat Bukan Kiamat Motode Pembelajaran & Trapi untuk Anak Berkebutuhan Khusus, Penerbit Kata Hati, Yogyakarta, 2010.

Downloads

Published

2014-07-07

How to Cite

Widada, W. (2014). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ADAPTIF BAGI SISWA SMALB TUNAGRAHITA RINGAN KELAS X DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKART. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 2(1), 84–105. https://doi.org/10.26555/almisbah.v2i1.96

Issue

Section

Articles