PENGARUH PERSEPSI ETIKA BISNIS ISLAM, PERSEPSI KUALITAS PRODUK DAN PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT PENJUALAN UMKM KOTA YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.12928/j.reksa.v8i1.3871Keywords:
Islamic Business Ethics, Service Quality, Product Quality, SalesAbstract
Masih banyaknya pelaku UMKM yang tidak mencerminkan penerapan etika bisnis Islam menunjukkan pentingnya penelitian terkait etika bisnis Islam.Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penjualan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di KotaYogyakarta. Determinan tingkat penjualan yang diuji dalam penelitian ini yaitu persepsi etika bisnis islam, kualitas pelayanan dan kualitas produk.Penelitian ini menggunakan metode survei dengan melibatkan responden yang merupakan pemilik UMKM. Metode pemilihan sampel yang digunakanadalah accidental sampling. Pengujian hasil dilakukan dengan menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa etika bisnisislam, kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh positif terhadap tingkat penjualan UMKM di Kota Yogyakarta.References
Anindya, D. (2017). Pengaruh Etika Bisnis Islam Terhadap Keuntungan Usaha Pada Wirausaha di Desa Delitua Kecamatan Delitua. At-Tawassuth, II(2), 389-412.
Apriansyah, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada Pt. Prioritas Rengat. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 37–45.
https://doi.org/10.34006/jmbi.v7i2.48
Athfal, A. M. (2016). Strategi Marketing Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus pada PT . Lestari Jaya Kebasen Banyumas).
Ayyubi, S. El, & Anggraini, S. A. (2017). Peran etika bisnis Islam terhadap kinerja usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pangan di Kota Bogor. Journal of Business and Banking, 6, 183–194. https://doi.org/10.14414/jbb.v6i2.1299.
Bahari, C., & Tissaeni, E. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Penjualan Ikan Air Tawar PD. Sarakan Domas Subang Jawa Barat. GEMA Ekonomi, 05(02), 107–113.
Ermando, A. (2019). Sidak di Pasar Jangkang BPOM DIY Kembali Temukan Makanan Mengandung Formalin dan Boraks. https://jogja.tribunnews.com/2019/05/29/sidak-di-pasar-jangkang-bpom-diykembali-temukan-makanan-mengandung-formalin-dan-boraks. Diakses tanggal 27 September 2019.
Handito, D. N. (2016). LIPSUS : 95 Persen Perekonomian DIY Disumbang oleh UMKM. https://jogja.tribunnews.com/2016/06/22/lipsus-95-persen-perekonomian-diydisumbang- oleh-umkm. Diakses 21 September 2020.
Ismiyanto, Agung. (2019). UKM DIY Tumbuh 2 persen Per Tahun.
https://jogja.tribunnews.com/2019/10/11/ukm-diy-tumbuh-2-persen-per-tahun. Diakses 21 September 2020.
Kil’it, D. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Volume Penjualan Pada Distro Popin Pangkal Pinang. 1–17.
Lestari, Y., Rusman, T., & Nurdin. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Penjualan dan Kepuasan Konsumen terhadap Volume Penjualan. (01).
Manik, C. D. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Tingkat Penjualan (Studi Kasus Pada Perumahan Serpong Garden). Jurnal Ilmiah, 3(1), 40–51.
Mokalu, F. O., & Tumbel, A. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Distribusi Terhadap Volume Penjualan Roti Jordan CV. Minahasa Mantap Perkasa. Jurnal EMBA, 3(1), 254–265.
Nasution, M. I., Prayogi, M. A., & Nasution, S. M. A. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Terhadap Penjualan pada Usaha Mikro Pengrajin Sepatu di Kecamatan Medan Denai. Prosiding, 7(1), 60–70.
Nisa, H. K. (2019). Pengaruh Etika Bisnis Islam Pedagang Pakaian Terhadap Tingkat Penjualan di Pasar Legi Citra Niaga Jombang.
Nugraha, M. A., Yulianthini, N. N., & Susila, gede putu agus jana. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi Terhadap Penjualan. E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1).
Saputra, F. Y. (2016). Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Keuntungan Usaha Pengusaha Laundry di Kecamatan Tembalang.
Sasangka, I. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan Pada Mini Market Minamart‟90 Bandung. Jurnal Ilmiah Manajamen Ekonomi Dan Akuntansi, 2(1).
Sumawardani, Minarsih, P. M., & Warso, M. M. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Desain, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Yang Berdampak Pada Peningkatan Penjualan Di Percetakan Teaching Factory Gradasi Semarang. Journal of Management, 2(2).
Susetiyo, B. A., Afifuddin, S., & Ayu, S. F. (2016). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap penjualan karet di pt. perkebunan nusantara iii (persero). Agrica (Jurnal Agribisnis Sumatera Utara), 4(1), 20–28.
Widyaningrum, I. Y. R. (2009). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Volume Penjualan Pada Home Industri Kripik Tempe “Abadi†Singgahan Kecamatan Kartoharjo. 1–10.
Apriansyah, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada Pt. Prioritas Rengat. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 37–45.
https://doi.org/10.34006/jmbi.v7i2.48
Athfal, A. M. (2016). Strategi Marketing Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus pada PT . Lestari Jaya Kebasen Banyumas).
Ayyubi, S. El, & Anggraini, S. A. (2017). Peran etika bisnis Islam terhadap kinerja usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pangan di Kota Bogor. Journal of Business and Banking, 6, 183–194. https://doi.org/10.14414/jbb.v6i2.1299.
Bahari, C., & Tissaeni, E. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Penjualan Ikan Air Tawar PD. Sarakan Domas Subang Jawa Barat. GEMA Ekonomi, 05(02), 107–113.
Ermando, A. (2019). Sidak di Pasar Jangkang BPOM DIY Kembali Temukan Makanan Mengandung Formalin dan Boraks. https://jogja.tribunnews.com/2019/05/29/sidak-di-pasar-jangkang-bpom-diykembali-temukan-makanan-mengandung-formalin-dan-boraks. Diakses tanggal 27 September 2019.
Handito, D. N. (2016). LIPSUS : 95 Persen Perekonomian DIY Disumbang oleh UMKM. https://jogja.tribunnews.com/2016/06/22/lipsus-95-persen-perekonomian-diydisumbang- oleh-umkm. Diakses 21 September 2020.
Ismiyanto, Agung. (2019). UKM DIY Tumbuh 2 persen Per Tahun.
https://jogja.tribunnews.com/2019/10/11/ukm-diy-tumbuh-2-persen-per-tahun. Diakses 21 September 2020.
Kil’it, D. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Volume Penjualan Pada Distro Popin Pangkal Pinang. 1–17.
Lestari, Y., Rusman, T., & Nurdin. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Penjualan dan Kepuasan Konsumen terhadap Volume Penjualan. (01).
Manik, C. D. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Tingkat Penjualan (Studi Kasus Pada Perumahan Serpong Garden). Jurnal Ilmiah, 3(1), 40–51.
Mokalu, F. O., & Tumbel, A. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Distribusi Terhadap Volume Penjualan Roti Jordan CV. Minahasa Mantap Perkasa. Jurnal EMBA, 3(1), 254–265.
Nasution, M. I., Prayogi, M. A., & Nasution, S. M. A. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Terhadap Penjualan pada Usaha Mikro Pengrajin Sepatu di Kecamatan Medan Denai. Prosiding, 7(1), 60–70.
Nisa, H. K. (2019). Pengaruh Etika Bisnis Islam Pedagang Pakaian Terhadap Tingkat Penjualan di Pasar Legi Citra Niaga Jombang.
Nugraha, M. A., Yulianthini, N. N., & Susila, gede putu agus jana. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi Terhadap Penjualan. E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1).
Saputra, F. Y. (2016). Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Keuntungan Usaha Pengusaha Laundry di Kecamatan Tembalang.
Sasangka, I. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan Pada Mini Market Minamart‟90 Bandung. Jurnal Ilmiah Manajamen Ekonomi Dan Akuntansi, 2(1).
Sumawardani, Minarsih, P. M., & Warso, M. M. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Desain, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Yang Berdampak Pada Peningkatan Penjualan Di Percetakan Teaching Factory Gradasi Semarang. Journal of Management, 2(2).
Susetiyo, B. A., Afifuddin, S., & Ayu, S. F. (2016). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap penjualan karet di pt. perkebunan nusantara iii (persero). Agrica (Jurnal Agribisnis Sumatera Utara), 4(1), 20–28.
Widyaningrum, I. Y. R. (2009). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Volume Penjualan Pada Home Industri Kripik Tempe “Abadi†Singgahan Kecamatan Kartoharjo. 1–10.
Downloads
Published
2021-02-25
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with JURNAL REKSA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL REKSA right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in JURNAL REKSA.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in JURNAL REKSA.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).