PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODA FULL COSTING PADA UKM BERKAH MEBEL DI KOTA JEPARA

Authors

  • Tri Haryanto Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/j.reksa.v5i2.2550

Keywords:

harga pokok produksi, full costing

Abstract

Penentuan harga pokok produksi sangat penting, karena semakin meningkatnya persaingan yang terjadi antara perusahaan dalam menghasilkan produk-produk yang berkualitas dengan harga yang cukup bersaing. Penelitian ini dilakukan pada UKM Berkah yaitu UKM yang memproduksi barang-barang furniture. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pengalokasian dan perhitungan harga pokok produksi di UKM Berkah dengan menggunakan metoda perusahaan dan metoda full costing. jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif yaitu berupa analisis dan data biaya produksi, sumber data yaitu data primer hasil wawancara yang dilakukan kepada pemilik UKM dan observasi, serta data sekunder bersumber dari studi pustaka beserta literatur lainnya yang mendukung penulisan penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitan dapat disimpulkan perhitungan harga pokok produksi sebagai penetapan harga jual menurut metoda full costing lebih baik dalam menganalisis biaya produksi, hal ini disebabkan perhitungan harga pokok produksi yang dilakukan perusahaan belum memasukkan seluruh unsur biaya seperti biaya penyusutan mesin, biaya pemeliharaan mesin, penyusutan bangunan dan pemeliharaan bangunan.

References

Batubara Helmina 2013. Penentuan Harga Pokok Produksi Berdasarkan Metode Full Costing pada Pembuatan Etalase Kaca dan Alumunium di UD. Istana alumunium Manado. Universitas sam Ratulangi Manado [Online]. Didapatkan: <http:/ejournal.unsrat.ac.id>[5>April2017].
Berdasarkan penelitian yang dilakukan AKATIGA tahun 2000, [Online] Didapatkan : < https://infoukm.wordpress.com/2008/08/11/kinerja-ukm-di-indonesia/ [11>April 2017].
Dunia Firdaus Ahmad dan Abdullah Wasila 2009. Akuntansi Biaya, Edisi 2, Penerbit Salamba Empat, Hal 22.

Eprilianta Silvania 2011. Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Tahu dengan Metode Full Costing pada Industri Kecil (Studi Kasus CV. Laksana Mandiri). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian, Bogor [Online]. Didapatkan: <http:/ejournal.ipb.ac.id>[3>April2017].

Fitri Romadhoni, Nur. 2016. Analisis Penerapan Akuntansi Zakat Berdasarkan PSAK Nomor 109 Pada Lembaga Amil Zakat, Infak/Sedekah Muhammadiyah (LAZISMU)PDM Kota Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan [Online]. Didapatkan: <http:digilib.uad.ac.id/Baca/online/149374_TI_12012095_BAB_1II[04>April 2016].

Horngren charles, Datar Srikant M, dan Foster George 2006. Akuntansi Biaya, Edisi12 Penerbit Erlangga Hal 31.

Mulyadi 2007. Akuntansi Biaya, Edisi 5. Yogyakarta: UPP STMIK YKPN Yogyakarta.

Raiborn Cecily A, Kinney Michael 2009.Akuntansi biaya, Edisi 7. Penerbit Salemba Empat, Hal 34.

Slat Andre Hendri 2013. Analisis Harga Pokok Produksi Dengan Metode Full Costing dan penentuan Harga Jual. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Sam Ratulangi Manado.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi, Penerbit Alfabeta, Hal 308.

Supriono,R,A 1999. Akuntansi Biaya, Edisi 1. Penerbit BPFE-Yogyakarta Hal 16. 45

Najah Nasikhatun 2016. Penerapan Metode Activity Based Costing Syestem dalam menentukan tarif jasa rawat inap (Study kasus pada rumah sakit umum RA. Kartini Kabupaten Jepara). Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas padjadjaran.

Downloads

Published

2018-08-30

Issue

Section

Articles