PENDAMPINGAN GURU SMA KABUPATEN KLATEN DALAM RANGKA PUBLIKASI ILMIAH DENGAN E-BALADA
DOI:
https://doi.org/10.12928/jp.v3i2.942Keywords:
pendampingan, guru, SMA, artikel ilmiah, E-baladaAbstract
Peningkatan kualitas kompetensi guru menjadi prioritas dalam rangka mewujudkan pendidikan yang bermutu dan profesional. Pemerintah mewajibkan guru yang hendak meningkatkan pangkat golongannya atau mendapatkan tunjangan sertifikasi dituntut untuk menulis artikel. Artikel yang dihasilkan diwajibkan untuk dipublikasikan. Untuk melaksanakan hal tersebut maka guru dituntut untuk menulis artikel, baik artikel yang berdasarkan ide/gagasan, artikel berdasarkan pengamatan/penelitian, maupun artikel berdasarkan literasi. Adanya kewajiban tersebut, kebanyakan guru yang hendak naik pangkat/golongan masih mengalami kesulitan untuk memulai menulis artikel. Hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor, antara lain adalah ide yang sukar dikembangkan, pengolahan data yang rumit, ketidaktahuan penggunaan fasilitas teknologi informasi yang sudah ada dalam rangka mempermudah penulisan, dan faktor pribadi yang tidak mau berkembang. Sekolah SMA Negeri Karangdowo Kabupaten Klaten, sebagian besar sudah tersertifikasi. Sebagian dari mereka belum terlalu mahir dalam penggunaan teknologi informasi untuk membantu proses kenaikan pangkat atau perbaikan kualitas pembelajaran. Solusi dari permasalahan tersebut salah satunya adalah melalui program E-balada (Pembelajaran Dan Pendampingan dengan menggunakan teknologi informasi). Program E-balada merupakan program pendampingan penggunaan teknologi informasi seperti optimalisasi penggunaan tampilan menu pada microsoft word yang sudah ada, penggunaan zotero, schoology. Guru dapat memanfaatkan program ini sebagai alat bantu. Program E- balada ini dapat meningkatkan kualitas kompetensi mengajar maupun kualitas dari segi profesinya.
References
Darmalaksana, W., (2017), Panduan Publikasi Ilmiah : Perangkat Aplikasi, Standar Penulisan dan Etika Kepengarangan, J. Ris. dan Inov., vol. 2, p. November.
Widoyoko, E., (2008)a, Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Profesi Guru, Semin. Nas. Peningkatan Kualitas Profesi Guru Melalui Penelit. Tindakan Kelas, Sep.
Widoyoko, E., (2008)b, Perananan Sertifikasi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, Semin. Nas. Peningkatan Kualitas Profesi Guru Melalui Penelit. Tindakan Kelas, Jul.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.