PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM UPAYA PENGEMBANGAN LITERASI PADA ANAK-ANAK DI DUSUN JATEN TRIHARJO PANDAK BANTUL
DOI:
https://doi.org/10.12928/jp.v3i2.917Keywords:
Literasi, Membaca dan MenulisAbstract
Masih rendahnya minat membaca anak-anak juga dapat mempengaruhi minatnya dalam menulis. Tentunya hal ini juga akan mempengaruhi perkembangan dan pengetahuan seorang anak di tingkat pendidikannya. Oleh karena itu kegiatan yang berkaitan dengan literasi sangatlah penting untuk mengoptimalkan kemampuan membaca dan menulis seorag anak. Permasalahan yang didapat adalah sulitnya remaja mengakses taman baca yang ada di pedukuhan Jaten. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi pada anak seperti membaca dan menulis di dusun Jaten Triharjo Pandak Bantul Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah tanya jawab kepada anak-anak terkait pentingnya membaca dan menulis. Kemudian dilanjutkan dengan beberapa kegiatan seperti lomba membaca puisi, membaca pantun dan mendongeng. Anak-anak sangat antusias mengikuti beberapa lomba yang telah dilaksanakan. Kegemaran anak-anak dalam membaca dan menulis membuat taman bacaan yang telah didirikan di dusun Jaten sering dikunjungi.References
Hapsari, W., Ruhaena, L. and Pratisti, W. D. (2017) ‘Peningkatan Kemampuan Literasi Awal Anak Prasekolah Melalui Program Stimulasi’, Jurnal Psikologi, 44(3), p. 177. doi: 10.22146/jpsi.16929.
Hidayat, M. ., Basuki, I. . and Akbar, S. (2018) ‘Gerakan literasi Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(6), pp. 810–817. Available at: http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11213.
Irianto, P. O. and Febrianti, L. Y. (2017) ‘Pentingnya penguasaan literasi bagi generasi muda dalam menghadapi MEA’, The 1st Education and Language International Conference Proceedings, pp. 640–647. Available at: http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1282.
Mullis, I. V. S. et al. (2012) PIRLS 2011 International Results in Reading, TIMSS & PIRLS International Study Center. doi: 10.1097/01.tp.0000399132.51747.71.
Suragangga, I. M. N. (2017) ‘Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas’, Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), pp. 154–163. Available at: http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM.
Hidayat, M. ., Basuki, I. . and Akbar, S. (2018) ‘Gerakan literasi Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(6), pp. 810–817. Available at: http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11213.
Irianto, P. O. and Febrianti, L. Y. (2017) ‘Pentingnya penguasaan literasi bagi generasi muda dalam menghadapi MEA’, The 1st Education and Language International Conference Proceedings, pp. 640–647. Available at: http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1282.
Mullis, I. V. S. et al. (2012) PIRLS 2011 International Results in Reading, TIMSS & PIRLS International Study Center. doi: 10.1097/01.tp.0000399132.51747.71.
Suragangga, I. M. N. (2017) ‘Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas’, Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), pp. 154–163. Available at: http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM.
Downloads
Published
2019-09-30
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.