PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM UPAYA PENGEMBANGAN LITERASI PADA ANAK-ANAK DI DUSUN JATEN TRIHARJO PANDAK BANTUL

Authors

  • Muchsin Maulana Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Eko Prasetyo Transip Rent Jogja, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v3i2.917

Keywords:

Literasi, Membaca dan Menulis

Abstract

Masih rendahnya minat membaca anak-anak juga dapat mempengaruhi minatnya dalam menulis. Tentunya hal ini juga akan mempengaruhi perkembangan dan pengetahuan seorang anak di tingkat pendidikannya. Oleh karena itu kegiatan yang berkaitan dengan literasi sangatlah penting untuk mengoptimalkan kemampuan membaca dan menulis seorag anak. Permasalahan yang didapat adalah sulitnya remaja mengakses taman baca yang ada di pedukuhan Jaten. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi pada anak seperti membaca dan menulis di dusun Jaten Triharjo Pandak Bantul Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah tanya jawab kepada anak-anak terkait pentingnya membaca dan menulis. Kemudian dilanjutkan dengan beberapa kegiatan seperti lomba membaca puisi, membaca pantun dan mendongeng. Anak-anak sangat antusias mengikuti beberapa lomba yang telah dilaksanakan. Kegemaran anak-anak dalam membaca dan menulis membuat taman bacaan yang telah didirikan di dusun Jaten sering dikunjungi.

References

Hapsari, W., Ruhaena, L. and Pratisti, W. D. (2017) ‘Peningkatan Kemampuan Literasi Awal Anak Prasekolah Melalui Program Stimulasi’, Jurnal Psikologi, 44(3), p. 177. doi: 10.22146/jpsi.16929.
Hidayat, M. ., Basuki, I. . and Akbar, S. (2018) ‘Gerakan literasi Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(6), pp. 810–817. Available at: http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11213.
Irianto, P. O. and Febrianti, L. Y. (2017) ‘Pentingnya penguasaan literasi bagi generasi muda dalam menghadapi MEA’, The 1st Education and Language International Conference Proceedings, pp. 640–647. Available at: http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1282.
Mullis, I. V. S. et al. (2012) PIRLS 2011 International Results in Reading, TIMSS & PIRLS International Study Center. doi: 10.1097/01.tp.0000399132.51747.71.
Suragangga, I. M. N. (2017) ‘Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas’, Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), pp. 154–163. Available at: http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM.

Downloads

Published

2019-09-30

Issue

Section

Articles