OPTIMALISASI SISTEM INFORMASI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK

Authors

  • Sakir Sakir Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Azam Syukur Rahmatullah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Riska Sarofah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v3i3.914

Keywords:

Profil desa, Sistem Informasi Desa, Pemberdayaan Sosial

Abstract

Kegiatan pemberdayaan sosial dilakukan dengan dua kegiatan utama yaitu pembuatan profil desa dan Penguatan Sistem Informasi Desa (SID) di Klaster Temanggung, Jetis Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul. Potensi yang dimiliki oleh dusun harus bisa menjadi identitas perkembangan kemajuan desa. Metode yang digunakan adalah membantu dan melibatkan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk langsung terjun ke lapangan dan menyusun profil dusun dan pembuatan situs web serta pelatihan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang handal. Output yang dihasilkan dari layanan masyarakat meliputi Pertama, Temanggung memiliki buku profil dengan edisi terbaru dan dengan penambahan informasi yang diperlukan. Kedua, Temanggung memiliki situs web yang berisi informasi dusun dan desa. Pengembangan yang perlu dilakukan setelah program termasuk memperbarui profil desa dan menggunakan media sosial dalam penyediaan layanan selain situs web yang telah dibuat oleh komunitas pemberdayaan.

References

Hidayatullah, S., & Mulyadi, C. (2015). Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan Desa Candigatak Berbasis Web. IT CIDA, 1(1), 42–55.
Rencana Strategis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Nomor 2015-2025.
Rumaisa, F. (2010). Perancangan Sistem Informasi Aplikasi untuk Pemerintahan Tingkat Desa di Desa Boku Rencana Pembangunan Desa Lenggang. Industrial Engineering Conference on Telecomunication Proceeding, (June), 185–187.
Undang-Undang Nomor 6 Tahun 14 Tentang Desa.

Downloads

Published

2019-12-06

Issue

Section

Articles