PELATIHAN “KERA-PIKNIK” (KERAJINAN BUNGA PINUS UNIK) WARGA KRAGILAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN EKONOMI

Authors

  • Agustina Novita Anggraini Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Rizki Anissa Putri Suprihadi Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Ika Ayu Utami Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Arfan Ependi Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Purwanti Pratiwi Purbosari Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v3i2.877

Keywords:

Desa Kragilan, Kerajinan, Bunga Pinus, Peningkatan Ekonomi

Abstract

Desa Kragilan Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah merupakan tempat wisata alam baru berupa hutan pinus yang sekarang menjadi destinasi wisata yang cukup terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Namun masyarakat Desa Kragilan belum memanfaatkan secara maksimal potensi parawisata yang mereka miliki. Selain beberapa orang menjual makanan dan menawarkan jasa foto, tidak ada jenis usaha lain yang mereka kembangkan. Sementara itu, berdasarkan data saat observasi terdapat banyak pengangguran dan anak putus sekolah di daerah Kragilan lantaran rendahnya tingkat ekonomi keluarga. Berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan kegiatan pelatihan keterampilan dan pendampingan bagi masyarakat Desa Kragilan yang bernama Kera-Piknik (Kerajinan Bunga Pinus unik). Pelatihan untuk memberikan keterampilan dalam membuat bunga pinus menjadi produk menarik dengan potensi penjualan tinggi, memberikan pelatihan strategi pemasaran produk kerajinan, dan membantu membuka peluang usaha untuk masyarakat Kragilan. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan program ini yaitu berupa sosialisasi terhadap masyarakat, dilanjutkan dengan pelatihan keterampilan, serta pengontrolan dan pendampingan keberlanjutan kegiatan. Kegiatan sosialisasi untuk memberikan informasi kepada warga tentang program yang akan dilaksanakan. Kegiatan pelatihan berupa pelatihan pembuatan kerajinan bunga pinus dan strategi penjualan (di dalamnya mencakup pula motivasi bisnis). Sedangkan tahapan pengontrolan dan pendampingan keberlanjutan dilakukan sebanyak dua kali dan akan terus dilakukan sampai program pengabdian ini berakhir. Hasilnya yaitu diperolehnya pendapatan tambahan bagi masyarakat Desa Kragilan dari penjualan produk kerajinan, terbentuknya grup/kelompok usaha masyarakat yang bergerak untuk mengorganisasi kegiatan usaha di Desa Kragilan, serta meningkatnya keterampilan masyarakat dalam hal bisnis (cara membuat produk, serta cara bisnis offline maupun online).

References

Koeswantono, S. (2014). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Menyulam Pada IbuIbu Di Desa Pabuaran Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor. Jurnal Sarwahita. Volume 11 No. 2. Hal. 82-86.
Rahayu, F., Cahyono, H. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Peningkatan Etos Kerja Islami Karyawan Bank Syariah Bukopin Cabang Darmo Surabaya. Jurnal Ekonomi Islam. Volume 1 Nomor 2, Hal. 38-45
www.desakragilan.go.id. Diakses pada tanggal 12 Mei 2019 pukul 13.00WIB

Downloads

Published

2019-09-30

Issue

Section

Articles