BANGKA TOUR GUIDE TRAINING: BE A CONFIDENCE FUTURE TOURISM AMBASSADOR
DOI:
https://doi.org/10.12928/jp.v3i3.868Keywords:
Pemandu Wisata, Pelatihan, Bahasa InggrisAbstract
Kegiatan Bangka Tour Guide Training bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta pelatihan dalam memandu wisata menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan benar, serta didukung oleh eye contact, gesture, body language dan tutur bicara yang benar. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi, dan praktik lapangan di lokasi wisata dengan menerapkan model pembelajaran students centered learning yaitu small group discussion dan guided project based learning. Berdasarkan hasil dari kegiatan yang dilaksanakan, peserta mampu memandu wisata menggunakan Bahasa Indonesia dengan sangat baik namun tidak begitu fasih ketika harus menggunakan Bahasa Inggris. Memandu wisata dengan menggunakan eye contact, gesture, dan body language yang tepat masih menjadi hal yang baru bagi para peserta pelatihan. Bagaimanapun, pelatihan ini telah memberikan ilmu baru bagi peserta untuk menjadi seorang tour guide yang professional baik secara teori maupun secara praktik lapangan.References
Afifulloh, M. (2018). Pemetaan Kebutuhan Bahasa Inggris pada Masyarakat Daerah Potensi Wisata Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora), 2(1), 133-144.
Anggelis, D. (1997). Percaya Diri Sumber Sukses Kemandirian. Jakarta: Gramedia
Bahadorfar, M., & Omidvar, R. (2014). Technology in teaching seaking skill. Acme International Journal of Multidiciplinary Research, 2(4), 9-13.
Dunbar, N.E., Brooks, C.F., & Kubicka-Miller, T. (2006). Oral communication skills in higher education: using a performance-based evaluation rubric to assess communication skills. Innovation Higher Education, 31(2), 115-128.
Sirait, C.B. (2007). The Power of Public Speaking. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Anggelis, D. (1997). Percaya Diri Sumber Sukses Kemandirian. Jakarta: Gramedia
Bahadorfar, M., & Omidvar, R. (2014). Technology in teaching seaking skill. Acme International Journal of Multidiciplinary Research, 2(4), 9-13.
Dunbar, N.E., Brooks, C.F., & Kubicka-Miller, T. (2006). Oral communication skills in higher education: using a performance-based evaluation rubric to assess communication skills. Innovation Higher Education, 31(2), 115-128.
Sirait, C.B. (2007). The Power of Public Speaking. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Downloads
Published
2019-12-06
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.