PENDAMPINGAN KAMPANYE DIGITAL MELALUI WEBSITE DAN SOSIAL MEDIA KEPADA KAWAN KASIH TUMBUH
DOI:
https://doi.org/10.12928/jp.v3i3.841Keywords:
pendidikan, Papua, kampanye digital, Kawan Kasih TumbuhAbstract
Papua merupakan salah satu daerah di Indonesia yang termasuk dalam Indonesia bagian Timur. Ada berbagai sektor di Papua yang menjadi perhatian pemerintah, salah satunya adalah sektor pendidikan. Pemerintah Indonesia mengalokasikan dana APBN sebesar 20% untuk pendidikan di Papua. Terdapat 62 juta siswa di Indonesia, sayangnya angka sebesar itu tidak menjamin penyebaran dan kualitas pendidikan yang merata ke seluruh wilayah Nusantara. Fakta yang diungkap oleh United Nations Children's Fund (UNICEF) menunjukkan bahwa 30% siswa Papua tidak menyelesaikan SD dan SMP. Hal ini yang melatarbelakangi komunitas Kawan Kasih Tumbuh untuk terjun langsung ke bumi Papua, dengan semangat memajukan pendidikan khususnya di Kabupaten Yahukimo. Penulis memberikan solusi untuk mengkampanyekan Program Kawan Kasih Tumbuh secara digital. Kampanye adalah upaya yang ditujukan untuk menciptakan perubahan dan dampak tertentu dalam kehidupan bermasyarakat. Kampanye ini bertujuan untuk memberikan dampak berupa bantuan, baik berupa donasi maupun hal lainnya untuk kemajuan pendidikan anak-anak di Papua. Kampanye digital untuk donasi ini nantinya akan ditujukan untuk pendidikan di daerah Papua melalui para relawan dari Komunitas Kawan Kasih Tumbuh.References
Badan Pusat Statistik Provinsi PAPUA. (2014). PROVINSI PAPUA DALAM ANGKA. Papua, Badan Pusat Statistik Provinsi Papua.
UNICEF (2017). Laporan Tahunan Indonesia 2017. Indonesia, UNICEF.
Petrovici, M. A. (2014). E-Public Relations: Impact and Efficiency. A Case Study. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 79–84. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.015
Venus Antar, Drs. M.A., 2012. Manajemen Kampanye Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Kaur, H., & Gera, J. (2017). Effect of Social Media Connectivity on Success of Crowdfunding Campaigns. In Procedia Computer Science (Vol. 122, pp. 767–774). Elsevier B.V. https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.11.435
Koch, O. F., & Benlian, A. (2015). Promotional Tactics for Online Viral Marketing Campaigns: How Scarcity and Personalization Affect Seed Stage Referrals. Journal of Interactive Marketing, 32, 37–52. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2015.09.005
Rawat, S., & Divekar, R. (2014). Developing a Social Media Presence Strategy for an E-commerce Business. Procedia Economics and Finance, 11, 626–634. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(14)00228-7
I. Sommerville, SOFTWARE ENGINEERING Ninth Edition, Massachusetts: Addison-Wesley, 2011.
UNICEF (2017). Laporan Tahunan Indonesia 2017. Indonesia, UNICEF.
Petrovici, M. A. (2014). E-Public Relations: Impact and Efficiency. A Case Study. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 79–84. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.015
Venus Antar, Drs. M.A., 2012. Manajemen Kampanye Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Kaur, H., & Gera, J. (2017). Effect of Social Media Connectivity on Success of Crowdfunding Campaigns. In Procedia Computer Science (Vol. 122, pp. 767–774). Elsevier B.V. https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.11.435
Koch, O. F., & Benlian, A. (2015). Promotional Tactics for Online Viral Marketing Campaigns: How Scarcity and Personalization Affect Seed Stage Referrals. Journal of Interactive Marketing, 32, 37–52. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2015.09.005
Rawat, S., & Divekar, R. (2014). Developing a Social Media Presence Strategy for an E-commerce Business. Procedia Economics and Finance, 11, 626–634. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(14)00228-7
I. Sommerville, SOFTWARE ENGINEERING Ninth Edition, Massachusetts: Addison-Wesley, 2011.
Downloads
Published
2019-12-07
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.