PENDAMPINGAN KAMPANYE DIGITAL MELALUI WEBSITE DAN SOSIAL MEDIA KEPADA KAWAN KASIH TUMBUH

Putri Nastiti, Y Priadi Wibisono

Abstract


Papua merupakan salah satu daerah di Indonesia yang termasuk dalam Indonesia bagian Timur. Ada berbagai sektor di Papua yang menjadi perhatian pemerintah, salah satunya adalah sektor pendidikan. Pemerintah Indonesia mengalokasikan dana APBN sebesar 20% untuk pendidikan di Papua. Terdapat 62 juta siswa di Indonesia, sayangnya angka sebesar itu tidak menjamin penyebaran dan kualitas pendidikan yang merata ke seluruh wilayah Nusantara. Fakta yang diungkap oleh United Nations Children's Fund (UNICEF) menunjukkan bahwa 30% siswa Papua tidak menyelesaikan SD dan SMP. Hal ini yang melatarbelakangi komunitas Kawan Kasih Tumbuh untuk terjun langsung ke bumi Papua, dengan semangat memajukan pendidikan khususnya di Kabupaten Yahukimo. Penulis memberikan solusi untuk mengkampanyekan Program Kawan Kasih Tumbuh secara digital. Kampanye adalah upaya yang ditujukan untuk menciptakan perubahan dan dampak tertentu dalam kehidupan bermasyarakat. Kampanye ini bertujuan untuk memberikan dampak berupa bantuan, baik berupa donasi maupun hal lainnya untuk kemajuan pendidikan anak-anak di Papua. Kampanye digital untuk donasi ini nantinya akan ditujukan untuk pendidikan di daerah Papua melalui para relawan dari Komunitas Kawan Kasih Tumbuh.

Keywords


pendidikan, Papua, kampanye digital, Kawan Kasih Tumbuh

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Provinsi PAPUA. (2014). PROVINSI PAPUA DALAM ANGKA. Papua, Badan Pusat Statistik Provinsi Papua.

UNICEF (2017). Laporan Tahunan Indonesia 2017. Indonesia, UNICEF.

Petrovici, M. A. (2014). E-Public Relations: Impact and Efficiency. A Case Study. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 79–84. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.015

Venus Antar, Drs. M.A., 2012. Manajemen Kampanye Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Kaur, H., & Gera, J. (2017). Effect of Social Media Connectivity on Success of Crowdfunding Campaigns. In Procedia Computer Science (Vol. 122, pp. 767–774). Elsevier B.V. https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.11.435

Koch, O. F., & Benlian, A. (2015). Promotional Tactics for Online Viral Marketing Campaigns: How Scarcity and Personalization Affect Seed Stage Referrals. Journal of Interactive Marketing, 32, 37–52. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2015.09.005

Rawat, S., & Divekar, R. (2014). Developing a Social Media Presence Strategy for an E-commerce Business. Procedia Economics and Finance, 11, 626–634. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(14)00228-7

I. Sommerville, SOFTWARE ENGINEERING Ninth Edition, Massachusetts: Addison-Wesley, 2011.




DOI: https://doi.org/10.12928/jp.v3i3.841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Gondosuli no 1, Semaki, Yogyakarta
Telp. (0274) 563515; Fax. (0274) 564604
Email: jurnal.pemberdayaan@uad.ac.id


p-ISSN: 2580-2569 | e-ISSN: 2656-0542


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View Jurnal Pemberdayaan's Stats