PEMBANGUNAN DAN PELATIHAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS WEBSITE SMART KIDS COLLEAGUE

Fransiska Hernina Puspitasari, Y Priadi Wibisono, D Yidistya Wardhana

Abstract


Manusia membutuhkan suatu pendidikan untuk mengasah keterampilan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, baik dalam dunia usaha atau pun industri. Pendidikan tersebut dapat diperoleh melalui pendidikan formal maupun non-formal. Data statistik kementerian pendidikan dan kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menunjukkan jumlah pendidikan non formal tahun 2018 sejumlah 433. Pendidikan non-formal melalui pendidikan ketrampilan telah menunjukkan kontribusi positif terhadap penurunan angka kemiskinan dalam pembangunan pedesaan. Smart Colleague hadir sebagai salah satu dari pendidikan non formal di Yogyakarta untuk memberikan pendukung pendidikan komputer sejak usia dini. Di tengah peluang yang menjanjikan ini belum banyak pelaku bisnis pendidikan non formal yang memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana promosi dan informasi. Berawal dari keterbatasan pengetahuan akan teknologi informasi inilah konsep pengabdian pada masyarakat ini disusun. Kegiatan pengabdian masyarakat ini membantu Lembaga Pendidikan Non Formal dengan sampel satu mitra, yaitu Smart Colleague yang bergerak di bidang pelatihan komputer yang fokus mengembangkan edu-games, baik untuk pra-sekolah, Siswa SD, dan juga dewasa. Kegiatan ini dilakukan dalam jangka waktu enam bulan. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan kepada relawan dan pengajar di Smart Colleague agar dapat memanfaatkan teknologi informasi untuk mempromosikan jasanya. Teknologi informasi yang digunakan adalah sistem informasi website.

Keywords


Pendidikan non-formal, website, promosi

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2010). Konsep Pendidikan. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Sudjana, D. (2004). Pendidikan Nonformal: Wawasan, Sejarah Perkembangan, Falsafah, Teori Pendukung, dan Azas. Bandung. Falah Production.

Kartajaya, H. (2009). New Wave Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P., & Keller, K.L. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sanjaya, R., & Tarigan. (2009). Creative Digital Marketing. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sharp, V.F. (2008). Computer Education for Teachers: Integrating Tecnology Into Classroom Teaching. United Kingdom: John Wiley & Sons Ltd.




DOI: https://doi.org/10.12928/jp.v3i3.838

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Gondosuli no 1, Semaki, Yogyakarta
Telp. (0274) 563515; Fax. (0274) 564604
Email: jurnal.pemberdayaan@uad.ac.id


p-ISSN: 2580-2569 | e-ISSN: 2656-0542


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View Jurnal Pemberdayaan's Stats