PELATIHAN PENGAWAS KOPERASI SYARIAH BERSERTIFIKASI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Authors

  • Rofiul Wahyudi Universitas Ahmad Dahlan
  • Riduwan Riduwan Universitas Ahmad Dahlan
  • Akhmad Arif Rifan Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v3i3.757

Keywords:

Dewan Pengawas Syariah, Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS), Sertifikasi

Abstract

Dewan Pengawas Syariah (DPS) di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) yang bersertifikasi jabatan pengawas syariah menjadi kebutuhan yang mendesak. Hal ini disebabkan terbatasnya jumlah DPS yang bersertifikasi di lembaga keuangan mikro syariah. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan memberikan pelatihan sebagai bekal bagi Dewan Pengawas Syariah di Daerah Istimewa Yogyakarta dalam menjalankan tugas dan wewenangnya. Metode pelatihan ini menggunakan klasikal dengan menerapkan kombinasi metode: ceramah, diskusi dan role play. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa adanya peningkatan pemahaman DPS terhadap aspek kesyariahan.

 

References

Fadillah, Mursid. 2018. “Kebijakan Regulasi Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Di Indonesia.” Jurnal NURANI 18 (No. 2 Desember): 9–29.
Farid, Hidayat. 2016. “Sistem Pengawasan Pada Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah (KAPPS) Dalam Mewujudkan Shariah Compliance.” Jurnal Mahkamah 2 (No.1): 393–407.
Ismanto, Kuat. 2015. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Eksistensi BMT/BTM Di Pekalongan.” JURNAL LITBANG KOTA PEKALONGAN 9 (75–87).
Rifan, Akhmad Arif. 2018. “Analisis Profile Dan Kinerja Dewan Pengawas Syariah (DPS) Pada Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah Di Daerah Istimewa Yogyakarta.” Jurnal Syari’ah VI (No. 1): 2–16.

Downloads

Published

2019-12-07

Issue

Section

Articles