PKM GEO UMKM DESA KENONGO

Authors

  • Fitri Nur Latifah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • M. Ruslianoor Maika Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Novia Ariyanti Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v3i3.756

Keywords:

pengembangan UMKM, direktori, pemasaran

Abstract

Sesuai dengan peta jalan Industri 4.0 yang telah dibuat Kementrian Perindustrian Republik Indonesia atau lebih dikenal dengan sebutan making Indonesia 4.0, yang dijadikan suatu landasan pertumbuhan ekonomi Indonesia dimasa mendatang, perananan teknologi dalam pengembangan UMKM saat ini tidak bisa dipandang hal yang remeh lagi. Permasalahan UMKM sangatlah komplek dan salah satunya adalah pemasaran (marketshare) UMKM itu sendiri, sehingga kami berupaya membuat sebuah direktori UMKM Desa Kenongo yang membantu UMKM dalam memasarkan produknya. Desa Kenongo adalah salah satu desa di kabupaten Sidoarjo dengan jumlah UMKM sekitar 80 UMKM. Metode pelaksanaan yang dipakai dalam melakukan kegiatan ini adalah melakukan survei atas beberapa UMKM, mengelompokkan UMKM berdasarkan jenis usaha mitra, membuat database mitra termasuk koordinat lokasi usaha mitra, dan membuat database/direktori online yang bisa diakses oleh pihak umum. Direktori ini nantinya sangat berdampak positif bagi pengembangan UMKM Desa Kenongo dimasa mendatang.

References

Kotler, P., & Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran, (Ed.13, Jilid.1. Terj. Bob Sabran). Jakarta: Erlangga.
Kustono (2013). Profil Desa Kenongo, https://desakenongotulangan.weebly.com/profil-umum.html, diakses 20 Januari 2019.
Latifah, F.N., Maika, M.R., & Kumalasari, H.M. (2019). Bankable Household Business Management in Kenongo Village [Manajemen Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Bankable di Desa Kenongo]. Proceeding of Community Development, 2, 139-144.
Sampurno, A., & Tukiman, K. (2016). Implementasi Geographic Information System Berbasis Web untuk Pemetaan Sentra Industri Batik Sebagai Produk Unggulan di Kota Pekalongan. IC-Tech, XI(2), 75-78.
Supuwiningsih, N.N. (2016). Implementasi Geographic Information System untuk Pemetaan Lahan Pertanian Kota Denpasar. Jurnal Sistem dan Informatika (JSI), 11(1), 29-35.

Downloads

Published

2019-12-06

Issue

Section

Articles