PENINGKATAN KAPASITAS PROFESIONALISME GURU MATEMATIKA SMA/SMK/MA MUHAMMADIYAH SE-KOTA YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.12928/jp.v3i3.746Keywords:
Profesionalisme Guru, Kompetensi, Sekolah MuhammadiyahAbstract
Profesionalisme dalam mendidik siswa sangat diperlukan untuk kemajuan suatu bangsa, secara khusus pada mata pelajaran matematika di tingkat SMA/SMK/MA Muhammadiyah. Guru berhak memperoleh kesempatan untuk meningkatkan kompetensi, memperoleh pelatihan, dan mengembangkan profesi dalam bidangnya. Dari sisi kewajiban, guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Salah satu upaya dalam menyetarakan dan menilai kinerja guru dalam hal keprofesionalan, pemerintah menggelar Uji Kompetensi Guru (UKG), yang bertujuan untuk pemetaan kompetensi. Untuk mencapai keprofesionalan guru dan kelulusan, diperlukan pelatihan kepada guru sebelum melakukan UKG. Pelatihan ini diselenggarakan dalam waktu 2 hari dengan materi Kalkulus dan Statistika. Peserta pada kegiatan ini berasal dari 12 Sekolah di lingkungan Muhammadiyah se-Kota Yogyakarta dan bekerjasama dengan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PDM Yogyakarta.
References
Musfah, J. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar:
Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Setyono, H.A., & Jauhar, M. (2013). Buku Pintar Soal & Pembahasan Uji Kompetensi Guru
(UKG) SMA/MA. Surabaya: Prestasi Pustaka Raya.
Yulinda, R.N. (2010). Seri Lengkap Soal dan Penyelesaian Uji Kompetensi Matematika untuk SMA/MA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.