PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI MELAKUKAN BIMBINGAN KELOMPOK BAGI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING SMP DI KABUPATEN SLEMAN

Caraka Putra Bhakti, Sri Hartini, Mufied Fauziah

Abstract


Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru bimbingan dan konseling sekolah menengah pertama di kabupaten Sleman dalam aspek pengetahuan, keterampilan pelaksanaan layanan dan keterampilan penyusunan administrasi bimbingan kelompok baik Rencana Pemberian Layanan (RPL) maupun laporan. Pelatihan dilaksanakan menggunakan metode ceramah, workshop, dan role play. Kegiatan pelatihan dilaksanakan di SMPN 1 Ngaglik, dengan jumlah pertemuan empat kali, dengan satu kali pelatihan dilaksanakan selama 8 jam. Peserta pelatihan terdiri dari 31 Guru Bimbingan dan konseling yang berasal dari 31 sekolah di kabupaten Sleman. Teknik bimbingan kelompok yang dilatihkan meliputi teknik diskusi, sosiodrama, psikodrama dan permainan. Setelah kegiatan pelatihan berakhir, peserta memperoleh pemahaman, keterampilan pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi, sosiodrama, psikodrama dan permainan serta mempu menyusun rencana dan laporan layanan bimbingan kelompok. Hasil pelatihan yang telah dilakukan meninjau dari dua aspek penilaian, yaitu kemampuan Guru BK dalam menyusun RPL dan kemampuan Guru BK dalam melakukan layanan bimbingan kelompok. Hasil analisis data pelatihan diperoleh bahwa dalam penyusunan RPL peserta kegiatan memperoleh skor rata-rata 35,85 dalam kategori baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa peserta pelatihan telah memiliki keterampilan yang baik dalam menyusun RPL (Rencana Pemberian Layanan) bimbingan kelompok. Selanjutnya, hasil analisis data kemampuan peserta dalam melakukan layanan bimbingan kelompok menunjukkan skor 66,96 dalam kategori baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa peserta memiliki kemampuan yang baik dalam melakukan layanan bimbingan kelompok.


Keywords


bimbingan, kelompok, pelatihan

Full Text:

PDF

References


Corey, G. (2012). Theory and Practice of Group Counseling. New York: Brooks/Cole.

Jacobs, E.E., Masson, R.L., Harvill, R.L., & Schimmel, C.J. (2016). Group Counseling: Strategies and Skills. New York: Cengage learning.

Kemendikbud. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemendikbud.

Natawidjaja, R. (2009). Konseling Kelompok: Konsep Dasar dan Pendekatan. Bandung: Rizqi.

Permendibud No. 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar dan Menengah.

Romlah, T. (2006). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: UMM Press.

Rusmana, N. (2009). Bimbingan dan Konseling Kelompok di Sekolah (Metode, Teknik dan Aplikasi). Bandung: Rizqi.

Wibowo, M.E. (2005). Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UNNES Press




DOI: https://doi.org/10.12928/jp.v3i2.638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Gondosuli no 1, Semaki, Yogyakarta
Telp. (0274) 563515; Fax. (0274) 564604
Email: jurnal.pemberdayaan@uad.ac.id


p-ISSN: 2580-2569 | e-ISSN: 2656-0542


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View Jurnal Pemberdayaan's Stats