SOSIALISASI, PENYULUHAN, PENANAMAN, DAN PEMANFAATAN TANAMAN OBAT KELUARGA (TOGA)

Authors

  • Aryani Intan Endah Rahmawati Universitas Ahmad Dahlan
  • Dian Hardiyanto Universitas Ahmad Dahlan
  • Febri Azhari Universitas Ahmad Dahlan
  • Ari Suminar Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v3i3.617

Keywords:

TOGA, obat, herbal

Abstract

Tanaman Obat Keluarga (TOGA) merupakan tanaman yang dimiliki oleh keluarga dan berfungsi sebagai obat-obatan tradisional. Tanaman ini aman, murah, dan mudah didapat, khususnya di Desa Nglegi. Desa ini merupakan salah satu desa yang telah mengenal dan menghasilkan beberapa TOGA, namun pemanfaatannya belum optimal. Kegiatan sosialisasi, penyuluhan, penanaman, dan pemanfaatan TOGA dirancang untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam pemanfaatan TOGA. Masyarakat desa diberikan pengetahuan mengenai pengenalan hingga pemanfaatan TOGA untuk kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan penanaman TOGA, sehingga dapat dijadikan obat sendiri maupun dijual dalam bentuk lain sebagai sumber ekonomi keluarga.

 

References

Duaja, Made Deviani; Elis Kartika; dan Fuad Mukhlis. (2011). Peningkatan Kesehatan Masyarakat melalui Pemberdayaan Wanita dalam Pemanfaatan Pekarangan dengan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di Kecamatan Geragai. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat No. 52.

http://nglegi-patuk.desa.id/first/arsip/

http://www.kependudukan.jogjaprov.go.id/olah.php?module=statistik

Mindarti, Susi dan Bebet Nurbaeti. (2015). Buku Saku Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Barat.

Nugraha, Sumedi P dan Wanda Rusma Agustiningsih. (2015). Pelatihan Penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan No. 1.

Downloads

Published

2019-12-07

Issue

Section

Articles