PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SERUT, KAYOMAN, DAN DAWUNG MEMAKSIMALKAN POTENSI MASYARAKAT DI BIDANG KEAGAMAAN, PENDIDIKAN, DAN EKONOMI

Authors

  • Surahma Asti Mulasari Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Muhson Syehab Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Tri Kusuma Dewi Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Awhinarto Awhinarto Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v3i2.598

Keywords:

Program Kerja, Pemberdayaan, Potensi, Masyarakat

Abstract

Pada Dusun Serut, Dusun Kayoman, dan Dusun Dawung terjadi problematika yang berkaitan dengan bidang ekonomi dan juga pendidikan, baik pendidikan formal maupun pendidikan non formal (TPA). Dalam bidang ekonomi, masyarakat sudah mampu memproduksi bahan mentah menjadi makanan, namun masyarakat mengalami kesulitan untuk memperoleh bahan baku di wilayahnya sendiri dan kendala pemasaran produk sehingga masyarakat belum mampu mengangkat dan mengembangkan produktifitas serta harga jual produk tersebut. Dalam tingkat pendidikan, jenjang pendidikan formal sebagian besar masyarakat hanya menempuh pendidikan sampai di tingkat Sekolah Menengah Pertama. Sedangkan dalam hal pendidikan non formal (TPA), di ketiga dusun tersebut TPA juga belum terlaksana secara rutin. Tujuan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) di dusun Serut, Kayoman, dan Dawung mempunyai fokus pemberdayaan di bidang ekonomi, pendidikan, dan juga keagamaan. Dimana ketiga hal tersebut, merupakan hal yang sangat mendasar untuk memberdayakan masyarakat yang nantinya baik dalam hal keduniaan maupun hal yang berkaitan dengan ke-Tuhanan. Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah penyuluhan dan pendampingan Diharapkan dengan adanya hal tersebut, bisa mengubah mindset masyarakat yang semula belum mempunyai keberanian untuk memasarkan potensi secara lebih luas. Selain itu, masyarakat bisa memajukan daerahnya sendiri, terutama untuk memajukan dalam hal ekonomi masyarakat setempat.

References

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulun, 13(1), 25–38.
Darodjat., Wahyudiana. (2014). Memfungsikan Masjid Sebagai Pusat Pendidikan Untuk Membentuk Peradaban Islam. Jurnal ISLAMADINA, XIII(2), 1–13.
Diarta, I. K., S., Lestari, P. W., DeWi, I. A. P. C. (2016). Strategi Branding dalam Promosi Penjualan Produk Pertanian Olahan PT . Hatten Bali untuk Pasar Pariwisata Indonesia. Jurnal Manajemen Agribisnis, 4(2), 170–187.
Kienan, B. (2001). Small Business Solutions E-commerce. Jakarta: Gramedia.
Komala. (2017). Stimulasi Melejitkan Potensi, Minat Dan Bakat Pada Anak Usia Dini.Jurnal Tunas SiliWangi, 3(2), 181–194.
Kurniawan, S. (2014). Masjid Dalam Lintasan Sejarah Umat Islam. Jurnal Khaltulistiwa, 4(2), 169–184.
Mardiani, I. E.,Imanuel, O. J. (2013). Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Media Online (E-Marketing). Jurnal Ekonomi, 4(2), 151–161.
Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Muntoha., Jamroni., Jabbar, A. A. (2015). Pemanduan Manajemen Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Di Masjid Arofah, Dusun Bandung Dan Dusun Songbanyu 1, Kecamatan Songbanyu, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Inovasi Dan KeWirausahaan, 4(3), 155–160.
Naafs, S., & White, B. (2012). Generasi Antara : Refleksi tentang Studi Pemuda Indonesia * Pemuda sebagai Generasi Orang muda adalah aktor kunci dalam. Jurnal Studi Pemuda, I(2), 89–106.
Sureni, S., Herlawati., Supendar, H. (2013). SIstem Pakar Minat Dan Bakat Anak Dengan Multiple Intelligences Berbasis Web. Jurnal Techno Nusa Mandiri, IX(1), 65–77.
Zulmaron, Noupal, M., Aliyah, S. (2017). Peran Sosial Keagamaan Remaja Masjid Di Kelurahan Pipa Reja Kecamatan Kemuning Palembang. JSA, 1(1), 41–54.

Downloads

Published

2019-09-30

Issue

Section

Articles