PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGELOLAAN KELAS BERBASIS GAYA BELAJAR BAGI GURU PAUD DAN TK DI DESA MUNTUK, DLINGO, BANTUL, YOGYAKARTA

Authors

  • Ika Maryani Universitas Ahmad Dahlan
  • Putri Dwi Septiani Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v3i1.594

Keywords:

Pelatihan, Pengelolaan Kelas, Gaya Belajar, PAUD dan TK

Abstract

Program ini bertujuan untuk melatih guru tentang bagaimana proses pembelajaran dan  pengelolaan kelas berbasis gaya belajar di PAUD dan TK. Dengan adanya pelatihan ini guru dapat mengelola kelas dengan lebih baik dengan mempertimbangkan gaya belajar siswa. Guru diharapkan dapat mengelola kelas dengan baik sesuai gaya belajar masing-masing siswa, sehingga dapat memberikan pendampingan belajar yang sesuai dengan karakter belajar individu. Metode pengabdian ini yaitu pelatihan dan pendampingan. Sebanyak 25 guru PAUD dan TK dari gugus II Desa Munthuk ikut terlibat dalam pelatihan ini. Program dilaksanakan sebanyak dua kali pada tanggal 29 Januari dan 6 Februari 2019. Hasil evaluasi program terukur dengan angket kepuasan pelatihan dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif untuk memperoleh persentase kepuasan peserta terhadap pelaksanaan program. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa pelatihan dan pendampingan berjalan dengan baik, serta mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta.  Kepuasan peserta terhadap pelatihan termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata skor diatas 80,00. Harapan setelah diselenggarakan pelatihan ini guru dapat melaksanakan pengelolaan kelas berbasis gaya belajar dengan baik dan tepat untuk seluruh siswa dengan karakteristik siswa masing-masing.

References

Amalia, Husna.2019. Penerapan Manajemen Kelas Sebagai Upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). At-Tajdid : Jurnal Ilmu Tarbiyah, Vol. 8. No. 1, Januari 2019
Anggoro, S., W. Sopandi dan M. Sholehuddin. 2017. Influence of Joyful Learning on Elementary School Students’Attitudes Toward Science. Journal of Physics Conference Series, 812 (2017) 012001, pp 1-7 doi:10.1088/1742- 6596/812/1/012001
Anugrah Putri, Novi. Novianti,Ria dan Risma,Devi. 2019. Pola Interaksi Edukatif Guru Taman Kanak-Kanak Dalam Proses Belajar Mengajar Di TK Se Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Jom Fkip – Ur Volume 6 Edisi 1 Januari – Juni 2019
Corbeil, P. 1999. Learning from the Children: Practical and Theoretical Reflections on Playing and Learning. Simulation and Gaming 30(2). hlm. 163-180. [Online] tersedia di: :http://sag.sagepub.com/ content/30/2/163
Israwati. 2017. Pengelolaan Ruang Kelas Pendidikan Anak Usia Dini Pada Kelompok B di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Serambi Ilmu, Edisi September 2017 Volume 29 Nomor 2
Meier, D. 2000.The Accelerated Learning Handbook. A Creative Guide to Designing and Delivering Faster, More Effective Training Programs. New York: McGraw Hill. 145 hlm.[Online] tersedia di: http://www.psikiyatr.com/other/l earninghandbook.pdf
Nurdiana Azizah, Ika dan Estiastuti. A. 2017. Keterampilan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Rendah Pada Pembelajaran Tematik di SD. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj
Sayu, Sumantri dan Sumantri. M .2018. Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD. Journal of Education Technology. Vol. 2 (4) pp. 145-152
Sundayana, R. 2016. Kaitan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Dalam Pelajaran Matematika. Jurnal “Mosharafa”, Volume 5, Nomor 2, Mei 2016 75 ISSN 2086 4280
Wolk, S. 2008. Joy in School. Educational Leadership, 66(1).p 8-15. [Online] tersedia di: http://www.ascd.org/publications /educationalleadership/sept08/vol66/num01/J oy-in-School.aspx

Downloads

Published

2019-05-20

Issue

Section

Articles