PELATIHAN PENGOLAHAN MINYAK JELANTAH MENJADI SABUN DAN STRATEGI PEMASARAN DI DESA KEMIRI

Authors

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v3i1.585

Keywords:

minyak jelantah, sabun, strategi pemasaran.

Abstract

Limbah minyak jelantah di Desa Kemiri cukup banyak. Hal tersebut dikarenakan banyaknya warga yang berprofesi sebagai penjual kuliner (sejenis gorengan yang dibuat dari tepung pati) ditambah lagi minyak jelantah yang dihasilkan dari rumahan. Berdasarkan permasalahan tersebut tujuan pengabdian pada masyarakat ini mengolah limbah minyak jelantah untuk menjadi sabun cuci tangan dengan berbagai modivikasi. Metode yang digunakan yaitu sistem pengolahan limbah berbasis zero waste industry. Konsep zero waste industry terdiri dari reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali) dan recycle (mendaur ulang). Kegiatan tersebut terdiri dari: 1) penyuluhan limbah minyak jelantah bagi lingkungan, 2) pelatihan penjernihan minyak jelantah, 3) pelatihan pengolahan limbah minyak jelantah menjadi sabun mandi, dan 4) pelatihan strategi pemasaran. Luaran yang dihasilkan berupa teknik pengelolaan limbah minyak jelantah berbasis Zero Waste Industry, produk sabun cuci tangan, dan strategi pemasaran.

Author Biography

Vera Yuli Erviana, Universitas Ahmad Dahlan

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Aminah, Siti. 2010. Bilangan Peroksida Minyak Goreng Curah dan Sifat Organoleptik Tempe pada Pengulangan Penggorengan. Jurnal Pangan dan Gizi Vol. 01.No 01 Tahun 2010 hlm 7-10.
Putra, Alfian dkk. 2012. Recovery Minyak Jelantah Menggunakan Mengkudu Sebagai Absorben. Prosiding Seminar Nasional PERTETA 2012.
Suryandari. 2014. Pelatihan Pemurnian Minyak Jelantah Dengan Kulit Pisang Kepok (musa paradisiacal, linn) untuk Pedagang Makanan di Pujasera Ngaliyan. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan. Vol 14. NO. 1 tahun 2014.
Yusuf, Yulizar dkk. 2010. Penyuluhan dan Pelatihan Pemanfaatan Limbah Minyak Goreng (Minyak Jelantah) Sebagai Bahan Baku Pembuatan Sabun Cair. Warta Pengabdian Andalas Volume XVI Nomer 25 Desember 2010. Halaman 197.

Downloads

Published

2019-05-20

Issue

Section

Articles