WORKSHOP PENYUSUNAN KARYA ILMIAH BAGI GURU-GURU SMP MUHAMMADIYAH SE-KABUPATEN BANTUL
DOI:
https://doi.org/10.12928/jp.v3i2.565Keywords:
karya ilmiah, workshop, PTKAbstract
Sejumlah guru SMP Muhammadiyah Bantul memiliki kesulitan dalam membuat karya ilmiah. Di sisi lain, karya ilmiah guru merupakan salah satu item dalam penilaian akreditasi sekolah di SMP Muhammadiyah Bantul, selain juga dapat dijadikan bahan kenaikan golongan para guru. Sehingga, dibutuhkan suatu pelatihan yang dapat membantu para guru dalam penyusunan karya ilmiah. Pelatihan dan workshop ini diikuti oleh 20 guru SMP Muhammadiyah Bantul. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberi pembimbingan penyusunan pembuatan karya ilmiah kepada guru-guru SMP Muhammadiyah di Bantul. Kegiatan diawali dengan guru melakukan penelitian dalam pembelajaran. Selanjutnya dari hasil penelitian tersebut, guru menyusun karya ilmiah yang dapat dipublikasikan. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah dengan mengadakan pendampingan kepada guru-guru matematika SMP Muhammadiyah di Bantul dalam pelatihan dan workshop pembuatan penelitian dan menyusun Karya Ilmiah. Hasil angket yang diberikan kepada guru, sebelum dan sesudah mengikuti workshop, diperoleh nilai rata-rata sebelum mengikuti workshop yaitu 33,28 pada kategori cukup, dan nilai rata-rata sesudah mengikuti workshop yaitu 37,09 pada kategori baik. Hasil dari kegiatan ini adalah guru-guru SMP Muhammadiyah di Bantul dapat membuat karya ilmiah yang berkualitas sehingga dapat dijadikan bahan kenaikan golongan maupun penilaian pada akreditasi sekolah.References
Arifin, E. Z. (2003). Dasar-dasar Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Grasindo.
Brotowidjoyo, M. D. (1985). Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Akademika Pressindo.
Effendi, A. S. (1987). Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Sumardi. (2011). Meningkatkan Profesionalime Guru. Prosiding Seminar Karya Tulis Ilmiah di SD N Bantul. Bantul: SD N Bantul.
Brotowidjoyo, M. D. (1985). Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Akademika Pressindo.
Effendi, A. S. (1987). Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Sumardi. (2011). Meningkatkan Profesionalime Guru. Prosiding Seminar Karya Tulis Ilmiah di SD N Bantul. Bantul: SD N Bantul.
Downloads
Published
2019-09-30
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.