PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BAUSASRAN YOGYAKARTA DALAM PROGRAM PEDULI LINGKUNGAN, KEBERSIHAN DAN KESEHATAN

Authors

  • Iis Wahyuningsih Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Muhammad Riski Pratama Universiytas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v2i1.539

Keywords:

pemberdayaan, Lempuyangan, Bausasran, peduli lingkungan, kebersihan, kesehatan

Abstract

Beberapa permasalahan yang ditemukan di masyarakat Kelurahan Bausasran, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta yaitu kurangnya lahan hijau, kurangnya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan, dan kurangnya kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan sampah. Maka program Kuliah Kerja Nyata  (KKN) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bersama dosen pebimbing lapangan (DPL)  difokuskan kepada upaya peningkatan kepedulian terhadap lingkungan dan kesehatan. Program ini bertujuan memberdayakan masyarakat kampung Lempuyangan Bausasran dalam program peduli lingkungan, kebersihan dan kesehatan. Metode pelaksanaan program KKN UAD ini meliputi : pendidikan masyarakat, difusi teknologi dan praktek langsung. Dampak dari kegiatan KKN ini adalah : 1) peningkatan kesadaran masyarakat sasaran tentang pentingnya Pola Hidup Bersih dan Sehat, 2) peningkatan pengetahuan masyarakat dalam mengolah sampah, 3) tersedianya lahan hijau untuk produktifitas masyarakat, 4) tercipta kesadaran masyarakat tentang kebersihan dan kesehatan di lingkungan sekitar.

References

Syafrudin. 2004. Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat.Prosiding, Diskusi Interaktif Pengelolaan Sampah Terpadu, Program Magister Ilmu Lingkungan Universitas Diponegoro, Semarang.

Ni Komang Ayu Artiningsih. 2008. Peran Serta Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga, Disertasi, Program Magister Ilmu Lingkungan Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro Semarang.

Wibowo A dan Djajawinata D.T, 2004. Penanganan Sampah Perkotaan Terpadu. Diakses tanggal 17 Januari 2018, www.kkpi.go.id.

Azwar A. 2005. Pengantar Ilmu Kesehatan Lingkungan. Jakarta: Penerbit Mutiara Sumber Widya Press.
Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 5 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau
Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 6 Tahun 2010 tentang Penyediaan Ruang Terbuka Hijau Privat.

Downloads

Published

2018-01-30

Issue

Section

Articles