PENERAPAN PROGRAM RUMAH RAMAH SAMPAH PADA KOMUNITAS KALIJAWI

Authors

  • Surahma Asti Mulasari Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v2i3.534

Keywords:

Rumah, Ramah, Sampah

Abstract

Dilihat dari sumbernya, sektor rumah tangga termasuk dalam sektor yang paling besar menyumbang produksi sampah. Oleh karena itu, salah satu cara yang efektif untuk mengurangi jumlah timbulan sampah yaitu menyadarkan setiap keluarga maupun setiap individu untuk memperhatikan alat atau barang yang mereka pakai sehingga sampah yang terbentuk dapat diminimalisir. Oleh karena itu, perlu adanya edukasi lebih lanjut minimal pada tingkat keluarga mengenai bagaimana cara mengurangi produksi sampah baik melalui cara 3R (Reduce, Reuse, Recycle) maupun menggunakan cara-cara lain yang mudah diterapkan di setiap rumah untuk mengurangi sampah yang dihasilkan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberi edukasi tentang upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi produksi sampah atau memanfaatkan timbulan sampah pada setiap rumah. Metode yang digunakan adalah melalui ceramah (workshop) dan pelatihan, tanya jawab serta diskusi permasalahan tentang rumah ramah sampah.  Sasaran pengabdian yaitu Ibu-ibu Komunitas Kalijawi, yang memiliki respon baik terhadap program yang sudah dilaksanakan. Pada saat kegiatan pengabdian dilasanakan, tamu undangan hadir dan berpartisipasi aktif selama proses workshop berlangsung.

References

Asteria, D., Heruman, H.,. 2016. Bank sampah sebagai alternatif strategi pengelolaan sampah berbasis masyarakat di tasikmalaya. Jurnal Manusia dan Lingkungan. Vol: 23. No: 1. Hal: 136-141.

Budiman, 2010, Ilmu kesehatan masyarakat dalam konteks kesehatan lingkungan, Buku Kedokteran EGC, Jakarta. Hal.129.

Notoatmodjo S. 2010. Ilmu perilaku kesehatan. Jakarta:PT Rineka Cipta

Nuraeni, A., Mirwanti R., Anastasia A. 2017. Upaya penegahan dan perawatan hipertensi di rumah melalui media pembelajaran bagi masyarakat di kabupaten pangandaran. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat., 1(3), 174-178

Sudiran, 2005, Instrumen sosial masyarakat karangmumus kota samarinda dalam penanganan sampah domestik, Journal Makara, Sosial Humaniora, Vol.9, Hal. 16-17.

Sulistyorini, N. R., Rudi S. D., Arie S. G. 2015. Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah di lingkungan marguluyu kelurahan cicurug. Share Social Work Jurnal. Vol: 5. No: 1. Hal: 71-80.

Suwerda, B., 2012, Bank sampah kajian teori, Buku I, Penerbit Werda Press, Yogyakarta. Hal. 3, 5, 9-11, 24.

Downloads

Published

2019-02-01

Issue

Section

Articles